Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UNSRI 2024 (Universitas Srwijaya Palembang)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UNSRI 2024.  Besaran biaya kuliah di Unsri sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

UKT merupkan biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT UNSRI 2024, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

Biaya Kuliah Unsri 2024

Biaya kuliah Unsri sudah menerapkan sistem UKT sejak TA 2013/2014. Biaya kuliah di Unsri dibedakan menjadi 2 berdasarkan jalur masuknya, jalur reguler (SNBT dan SNBP) dan jalur mandiri atau USMB (Jalur Ujian Saringan Masuk Bersama).

USMB merupakan skema khusus penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri yang diselenggarakan oleh Unsri berbasis ujian tulis.

Bagi kamu yang berhasil lulus di Unsri lewat jalur SNBT dan SNBP berpeluang mendapatkan UKT golongan I s.d VIII. Sedangkan bagi kamu yang diterima di Unsri jalur mandiri atau USMB biaya kuliah ditetapkan melebihi UKT kelompok tertinggi dan tidak diperkenankan mengajukan permohononan penurunan biaya kuliah. Khusus jurusan Kedokteran jalur mandiri ditambahkan dana BOP yang mencapai Rp 200 Juta.

biaya kuliah unsri 2023

UKT UNSRI 2024 - Jalur Reguler

Beban biaya kuliah Unsri 2024 jalur reguler mengikuti sistem uang kuliah tunggal (UKT). UKT di Unsri digolongkan menjadi VIII golongan dan penetapan golongan UKT Unsri didasarkan pada taraf ekonomi dan aset orang tua atau wali yang akan membiayai mahasiswa yang bersangkutan.

UKT Unsri golongan I berada pada kisaran Rp0 s/d Rp500.000, sedangkan untuk golongan tertinggi ada pada golongan VIII yang ada pada kisaran Rp2.400.000 s/d Rp20.000.000.

Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak biaya kuliah Unsri 2024 masing-masing jurusan pada tabel di bawah ini:

tabel UKT UNSRI 2023 - Jalur Reguler
tabel UKT UNSRI 2023 - Jalur Reguler 2

Biaya Kuliah Unsri 2024 - Jalur Mandiri

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa pendaftaran jalur mandiri Unsri diselenggrakan melalui skema USMB (Ujian Saringan Masuk Bersama) yang didasarkan pada tes tertulis.

Biaya kuliah di Unsri jalur mandiri membebankan nominal yang lebih besar dibandingkan jalur reguler (SNBT dan SNBP). UKT yang ditetapkan pada jalur mandiri dibayarkan setiap semester tanpa dibebankan uang pangkal (BOP) kecuali untuk jurusan Pendidikan Dokter.

Program studi Pendidikan Dokter mengenakan biaya di luar UKT dengan membebankan uang pangkal (BOP) yang bisa mencapai Rp 200.000.000 yang dibayarkan sekali pada saat masuk (registrasi). UKT prodi Pendidikan Dokter dibedakan antara Preklinik sebesar Rp 30.000.000/semester dan Klinik: Rp 45.000.000.
biaya-kuliah-unsri-universitas-sriwijaya
Biaya Kuliah Unsri 2023 - Jalur Mandiri 2

Disclaimer:

  • Informasi ini hanya dijadikan sebagai referensi, bukan untuk dijadikan landasan yang sah. Informasi biaya kuliah UNSRI bisa berubah kapan saja. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi laman remi https://www.unsri.ac.id/.
Baca Juga: