Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UNIB 2024 (Universitas Bengkulu)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UNIB 2024.  Besaran biaya kuliah di UNIB sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

UKT merupkan biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT UNIB 2024, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

Biaya Kuliah UNIB 2024

Biaya kuliah UNIB sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) sejak tahun 2013. Sistem UKT mengharuskan mahasiswa membayar biya kuliah dengan besaran yang sudah ditentukan sebelumnya setiap 6 bulan sekali (per semester) tanpa harus mengeluarkan lagi biaya praktek, lab, uang gedung/pangkal dll.

Biaya kuliah UNIB 2024 dikelompokkan berdasarkan penghasilan orang tua dari setiap mahasiswa. Jadi ada semacam subsidi silang antar mahasiswa. 

UKT UNIB 2024 - Jalur SNBP dan SNBT

Biaya kuliah UNIB jalur SNBP dan SNBT menggunakan sistem UKT. Besaran biaya kuliah Unib 2024 dikategorikan menjadi 8 golongan UKT.

Penetapan golongan UKT Unib didasarkan pada taraf ekonomi dan aset orang tua atau wali yang membiayai kuliah mahasiswa yang bersangkutan.

UKT UNIB mulai dari 500.000 hingga Rp 12 jutaan untuk prodi Kedokteran, tarif biaya kuliah UNIB berbeda sesuai dengan jurusan dan golongannya.

Nah untuk lebih rincinya silahkan simak tabel UKT UNIB 2024 berikut ini:

tabel UKT UNIB 2023 - Jalur SNBP dan SNBT
Sumber: biayakuliah.net

Biaya Kuliah Unib 2024 - Jalur Mandiri

Seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Unib diselenggarakan oleh UNIB dan bersama-sama wilayah BKS Barat. Jalur seleksi ini didasarkan pada ujian tulis dengan dipungut biaya pendaftaran dan diperuntukkan bagi lulusan SLTA fresh graduate, lulusan satu tahun yang lalu, dan lulusan dua tahun yang lalu.untuk mendaftar jalur Mandiri di https://pendaftaran.smmptnbarat.id/.

Biaya kuliah UNIB jalur mandiri berbeda dengan jalur reguler (SNBP dan SNBT). Selain dikenakan UKT per semesester, mahasiswa yang diterima di Unib jalur mandiri diharuskan membayar Biaya Pengembangan Institusi (BPI) dengan besaran yang bervariasi berdasarkan program studi yang diambil. Tentunya prodi kedokteran masih memegang nominal terbesar dengan BPI mencapai Rp 125.000.000.

biaya-kuliah-unib-bengkulu

Nah demikianlah pembahasan dari marikuliah.com tentang besaran biaya kuliah UNIB 2024 yang terdiri dari UKT UNIB dan biaya jalur mandirinya. Semoga artikel ini membantu kamu ya.

Disclaimer:

  • Informasi ini hanya dijadikan sebagai referensi, bukan untuk dijadikan landasan yang sah. Informasi biaya kuliah UNIB bisa berubah kapan saja. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi laman remi unib.ac.id.
Baca Juga: