Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UBB 2024 (Universitas Bangka Belitung)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UBB 2024.  Besaran biaya kuliah di UBB sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

UKT merupkan biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT UBB 2024, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

Biaya Kuliah UBB 2024

Saat ini biaya kuliah UBB 2024 menerapkan sistem UKT untuk jalur reguler dan untuk jalur mandiri UBB menambahkan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi).

Jika kamu diterima di UBB melalui jalur SNBT atau SNBP kamu hanya dibebankan UKT dan jika kamu diterima di UBB melalui jalur mandiri kamu akan membayar UKT ditambah SPI (dibayar diawal perkuliahan).

UKT UBB 2024 - Jalur SNBT dan SNBP

Biaya kuliah UBB 2024 pada jalur SNBT dan SNBP menggunakan mekanisme uang kuliah tunggal (UKT) dengan mempertimbangkan taraf ekonomi dan aset dari orang tua atau wali dari mahasiswa yang bersangkutan. UKT ditetapkan setelah dilakukan serangkaian tahap verifikasi data penunjang pada calon mahasiswa yang telah melakukan upload dokumen secara online.

Jika sudah ditetapkan golongannya, UKT dibayarkan setiap semester dengan jumlah yang sama. Jika  kamu merasa berkeberatan dengan golongan UKT yang ditetapkan oleh pihak UBB, kamu bisa mengajukan penurunan UKT berdasarkan SK ari Rektor UBB. Proses keringanan UKT ini dilakukan pada semester-semester berikutnya. Berikut daftar UKT Universitas bangka Belitung (UBB) TA 2022.

UKT UBB golongan terendah berada pada kisaran Rp 500.000, sedangkan untuk golongan UKT UBB tertinggi berda pada kisaran Rp 4 jutaan.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel biaya kuliah UBB pada jalur SNBT dan SNBP berikut ini:

Biaya Kuliah UBB 2023 - Jalur SNBT dan SNBP

Biaya Kuliah UBB 2024 - Jalur Mandiri

Berbeda dengan jalur reguler, selain UKT mahasiswa UBB jalur mandiri juga dibebankan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Besaran SPI pada biaya kuliah UBB jalur mandiri berada pada rentang Rp750.000 s/d Rp2.000.000.

Calon mahasiswa jalur mandiri diharuskan mengunggah dokumen pendukung secara online pada laman yang sudah ditentukan. Selanjutnya tinggal menunggu penetapan UKT dan SPI berdasarkan keputusan rektor, berikut besaran SPI jalur mandiri UBB.

SPI Jalur Mandiri
tabel biaya kuliah ubb jalur mandiri

UKT UBB 2024 - Jalur Mandiri

UKT UBB pada jalur mandiri berkisar antara Rp 2.160.000 s/d Rp Rp3.500.000. Penentuan besaran biaya kuliah UKT UBB jalur mandiri ini didasarkan pada pendapatan orang tua atau wali mahasiswa.

Penetapan UKT UBB jalur mandiri tidak jauh berbeda dengan jalur reguler, yakni didasarkan pada latar belakang ekonomi dan aset orang tua atau wali yang membiayai mahasiswa yang bersangkutan. Tapi besaran UKT jalur reguler dan jalur mandiri tentu berbeda.

Untuk lebih rinci, silahkan simak UKT UBB 2024 jalur mandiri pada tabel di bawah ini:

tabel UKT UBB 2023 - Jalur Mandiri

Demikianlah pembahasan dari marikuliah.com tentang biaya kuliah UBB 2024 yang terdiri dari UKT dan SPI untuk jalur mandiri. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya.

Disclaimer:

  • Informasi ini hanya dijadikan sebagai referensi, bukan untuk dijadikan landasan yang sah. Informasi biaya kuliah UBB bisa berubah kapan saja. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi laman remi ubb.ac.id.
Baca Juga: