Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UNJA 2024 (Universitas Jambi)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UNJA 2024.  Besaran biaya kuliah di USU sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

UKT merupkan biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT USU 2024, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

Biaya Kuliah UNJA 2024

Semenjak tahun ajaran 2013/2014 unja sudah menerapkan sistem UKT. Besaran biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa Unja bergantung pada taraf ekonomi dan aset orangtua atau wali yang membiayai mahasiswa yang bersangkutan.

UKT  merupkan biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

UKT UNJA 2024 - Jalur SNBP dan SNBT

Biaya kuliah UNJA 2024 pada jalur SNBP dan SNBT hanya dibebankan UKT. UKT terendah mulai ada pada golongan I yakni Rp0 s/d Rp500.000. Sedangkan UKT tertinggi ada pada golongan VIII yang berkisar antara Rp3.500.000 s/d Rp6.000.000.

Nah untuk lebih jelasnya, silahkan simak besaran biaya kuliah UKT UNJA 2024 jalur reguler pada masing-masing jurusan berikut:

Tabel UKT UNJA 2023 - Jalur SNBP dan SNBT
Tabel UKT UNJA 2023 - Jalur SNBP dan SNBT 2

Biaya Kuliah Kedokteran Unja

Skema biaya kuliah khusus jurusan Pendidikan Dokter UNJA sedikit berbeda dari jurusan yang lain yang ada di Unja. Perbedaan ini terletak pada terdapat besaran uang pangkal yang harus dibayarkan.

Perlu kamu ketahui besaran uang pangkal yang dikenakan kepada mahasiswa baru sebesar Rp. 100.000.000,- khusus  untuk mahasiswa yang diterima di Unja lewat Jalur Mandiri.

Sedangkan, dari 149 mahasiswa baru yang diterima pada jurusan Pendidikan Dokter Universitas Jambi lewat Jalur SNMPTN & SBMPTN dibebankan UKT sebesar Rp 12.000.000 (kel. V). Kuota peserta bidik misi (yang dibebaskan dari biaya) hanya 1 orang. Jumlah mahasiswa dan Perincian biaya yang dibayarkan dapat dilihat tabel dibawah ini:

biaya kuliah kedokteran unja

Biaya Kuliah Unja 2024 - Jalur Mandiri

Biaya kuliah Unja 2024 pada jalur mandiri membebankan komponen besaran biaya lain diluar UKT berupa uang pangkal. Artinya jika kamu hendak melanjutkan kuliah di Unja lewat jalur mandiri kamu diwajibkan membayar uang pangkal (di awal) dan UKT (persemester).

Tentu saja jurusan Kedokteran memegang jumlah tertinggi dengan uang pangkal yang mencapai nilai cukup fantastis hingga 100 Juta. Sedangkan prodi lainnya berada pada range 2 Juta hingga 10 Juta, berikut daftarnya:
uang-pangkal-UNIVERSITAS-JAMBI-jalur-mandiri

Disclaimer:

Sekian informasi tentang biaya kuliah Unja 2024, informasi hanya digunakan sebagai preferensi bukan untuk dijadikan sebagai landasan yang sah. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan dari perubahan update informasi. Informasi tentang biaya kuliah Unja bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk update info lebih lanjut silahkan kunjungi situs resmi www.unja.ac.id.