Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UNTIRTA 2024 (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UNTIRTA 2024.  Besaran biaya kuliah di UNTIRTA sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

UKT merupkan biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain.

Dengan adanya sistem UKT UNTIRTA 2024, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

Biaya Kuliah UNTIRTA 2024

Sejak TA 2013/2014 Untirta  mulai memberlakukan skema Uang Kuliah Tunggal  (UKT) yang mana UKT merupakan perhitungan seluruh biaya selama 8 semester atau sampai selesai Sarjana seperti Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik, SPP, Praktikum, Skripsi, Kuliah Kerja Mahasiswa, Jaket Almamater, biaya wisuda dan lain-lain dibagi 8 semester.

Artinya jika kamu berniat kuliah di Untirta, selama kuliah kamu tidak akan dikenakan biaya apapun selain biaya UKT tersebut. Biaya praktikum, uang pangkal, uang gedung, sumbangan, jas almamater, dan baju olahraga sudah termasuk kedalam UKT. Salah satu tujuan mekanisme UKT ini adalah untuk mencegah terjadinya pungli di ranah kampus.

Untuk penentuan nominal UKT akan didasarkan pada kemampuan penghasilan dan aset dari orang tua atau pihak yang membiayai mahasiswa yang bersangkutan. Mahasiswa jalur SNBP dan SNBT memiliki peluang untuk dikelompokkan UKT pada level I s/d VIII.

Biaya Kuliah Untirta 2024 - Jalur Reguler (SNBP dan SNBT)

Biaya kuliah UNTIRTA jalur SNBP dan SNBT hanya akan dibebankan untuk membayar UKT saja. UKT di Untirta sendiri dibagi menjadi VIII golongan. Besaran UKT bervariasi berdasarkan program studi dan golongan. Berikut ini rinciannya:

Biaya-kuliah-untirta

Nah berikut ini merupakan update SK resmi biaya kuliah UNTIRTA 2024 pada jalur reguler:

Sumber: untirta.ac.id

Biaya Kuliah Untirta 2024 - Jalur Mandiri

Berbeda dengan jalur masuk reguler yang hanya dibebankan pada biaya UKT, mahasiswa yang diterima di Untirta jalur mandiri disamping membayar UKT perbulannya juga diwajibkan membayar BPIn (Biaya Pengembangan Institusi), berikut rinciannya:
  • S1 Bidang Non Eksak (Minimal Rp. 10.000.000,-(sepuluh juta
  • rupiah)
  • S1 Bidang Eksak (Minimal Rp. 15.000.000,-(lima belas juta rupiah)
  • Diploma III Keperawatan (Minimal Rp. 10.000.000,-(lima belas juta rupiah)
  • Diploma III Ekonomi (Minimal Rp. 5.000.000,-(lima juta rupiah)
  • Alih Jenjang Diploma III ke SI (Minimal Rp. 5.000.000,-(lima jutarupiah).

Uang kuliah tunggal (UKT) jalur mandiri, pihak Untirta sudah mematok UKT minimal pada Kelompok III untuk jenjang Sarjana atau S1. Sedangkan UKT mahasiswa yang mendaftar jenjang D III terdiri dari 3 kategori dengan pengelompokan sebagai berikut:

biaya-kuliah-untirta

Berikut adalah SK Resmi tentang besaran biaya kuliah UNTIRTA 2024 jalur mandiri:

Sumber: untirta.ac.id

Biaya Kuliah Kedokteran Untirta 2024

Fakultas kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sejak 2019 secara resmi mulai menerima mahasiswa baru. Surat Keputusan Izin Pembukaan Prodi/Fakultas Kedokteran sudah terbit dari Kemeristekdikti dan diserahkan pada bulan Mei 2019.

Perkiraan UKT untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran Untirta berada pada rentang Rp15 juta sampai dengan Rp25 juta per semester tergantung golongan, sedangkan untuk BPIn atau uang pangkalnya berkisaran Rp125 juta sampai dengan Rp150 juta.