Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Beasiswa Teladan Tanoto Foundation 2022

Daftar Isi [Tampil]

cara-daftar-beasiswa-teladan-tanoto-foundation

Beasiswa Teladan Tanoto -
Beasiswa Teladan Tanoto Foundation merupakan beasiswa yang di biayai dan di selenggarakan oleh Tanoto Foundation untuk mahasiswa yang baru menempuh semester 1 pada program sarjana (S1).

Program Beasiswa ini di beri nama dengan Program TELADAN yang di artikan sebagai Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan yang merupakan inisiasi dari Tanoto Foundation untuk melahirkan pemimpin masa depan dan generasi yang unggul dan dapat berkontribusi positif terhadap Bangsa Indonesia.

Melalui Program Beasiswa Teladan Tanoto Foundation para mahasiswa yang tergabung didalamnya akan dibantu mulai dari Beasiswa Kuliah, Tunjangan Bantuan Hidup, Dukungan Pengembangan Kepemimpinan yang Berjenjang dan Terstruktur, Kesempatan Pengembangan Diri hingga Tingkat Global, Pengabdian Masyarakat serta Sarana Kolaborasi dan Jejaring.

Daftar Perguruan Tinggi

Program Beasiswa Teladan Tanoto Foundation telah ada di 9 perguruan tinggi di antara lain sebagai berikut:

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB);
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB);
  3. Universitas Andalas (UNAND);
  4. Universitas Brawijaya (UB);
  5. Universitas Gadjah Mada (UGM);
  6. Universitas Indonesia (UI);
  7. Universitas Diponegoro (UNDIP);
  8. Universitas Riau (UR);
  9. Universitas Sumatera Utara (USU).

Benefit Beasiswa Teladan Tanoto Foundation

  1. Berikut merupakan Cakupan Beasiswa Teladan Tanoto Foundation:
  2. Tanoto Foundation akan menanggung seluruh biaya kuliah hingga maksimal semester VIII (delapan).
  3. Tunjangan per bulan.
  4. Dukungan Pengembangan Kepemimpinan

Para penerima beasiswa (disebut juga Tanoto Scholars) akan bersama-sama mengembangkan pengetahuan dan kemampuan kepemimpinan yang dirancang secara terstruktur dan berkelanjutan dalam 3 tahapan kurikulum program TELADAN, meliputi Lead Self, Lead Others, Professional Preparation dan dilanjutkan dengan Alumni Engagement & Development.

Dukungan Lingkaran Pengembangan TELADAN

Tanoto Scholars juga akan mendapatkan dukungan untuk mengikuti kegiatan pengayaan yang disebut sebagai Lingkaran Pengembangan TELADAN, meliputi:

  1. Tanoto Scholars Association (TSA) : hadir di setiap PTN mitra Tanoto Foundation sebagai wadah/komunitas untuk para penerima beasiswa Program TELADAN bertemu dan berinteraksi sebagai 1 keluarga baru.
  2. Tanoto Scholars Gathering (TSG) : kegiatan yang mempertemukan seluruh Tanoto Scholars untuk melakukan kegiatan bersama.
  3. Tanoto Student Research Award (TSRA) : hibah tahunan berupa dukungan dana program penelitian/riset di mitra perguruan tinggi Tanoto Foundation dan terbuka untuk setiap mahasiswa di perguruan tinggi mitra tersebut
  4. Pay it Forward Initiative: kegiatan yang dilakukan oleh TSA untuk memberikan dampak positif secara terus menerus kepada komunitas/masyarakat di sekitar tempat mereka tinggal.
  5. Internship : kesempatan bagi Tanoto Scholars untuk mendapatkan pengalaman magang di Tanoto Foundation, kelompok perusahaan Royal Golden Eagle (RGE), ataupun mitra industri lainnya.
  6. Sponsorship : kesempatan bagi para Tanoto Scholars untuk mendapatkan dukungan finansial tambahan guna mengikuti kompetisi, konferensi, serta aktivitas pengembangan diri lainnya.
  7. Global Experiences Program : kesempatan bagi para Tanoto Scholar berprestasi untuk mendapatkan pengalaman global dan membangun jejaring internasional melalui program jangka pendek di luar negeri, seperti summer course, exchange program, atau lainnya.

Beasiswa Teladan Tanoto Foundation ini dibuka mulai antara bulan Agustus hingga September. Nah, menarik kan? Tunggu apa lagi? Yukk selanjutnya kita simak “Kriteria dan Prasyarat Pendaftaran Beasiswa Teladan Tanoto Foundation dibawah ini.

Kriteria dan Prasyarat Beasiswa Teladan Tanoto Foundation

Kamu baru dapat mendaftar Beasiswa Teladan Tanoto Foundation jika perguruan tinggi kamu termasuk dalam daftar Mitra Tanoto Foundation seperti yang tertera di atas ya. Jika perguruan tinggi kamu termasuk dalam daftar Mitra Tanoto Foundation selanjutnya yuk kita bahas apa saja sih yang menjadi Kriteria dan Prasyarat Beasiswa Teladan Tanoto Foundation. Berikut merupakan Kriteria dan Prasyarat Beasiswa Teladan Tanoto Foundation:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa/i aktif semester I untuk program Sarjana (S1) reguler di perguruan tinggi mitra;
  3. Memiliki prestasi akademik yang baik di tingkat SMA dan sederajat dengan nilai rata-rata rapor kelas 12 (semester 1 & 2) adalah 8,00 (skala 10);
  4. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pengembangan bangsa;
  5. Dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik. Kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya akan menjadi nilai tambah;
  6. Mendaftarkan diri secara daring di laman Tanoto Foundation.

Jika kamu termasuk dalam Kriteria dan Prasyarat Beasiswa Tanoto Foundation maka kamu layak untuk mendaftar menjadi bagian dari Beasiswa Teladan Tanoto Foundation. Selanjutnya yuk simak Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Teladan Tanoto Foundation.  Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa Tanoto Foundation 2022?

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Teladan Tanoto Foundation

Berikut merupakan Tata Cara Mendaftar Program Beasiswa Teladan Tanoto Foundation:

  1. Untuk mendaftar Beasiswa Tanoto Program TELADAN, peserta dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: https://form.jotform.com/212081245305444.
  2. Isi formulir online dengan data-data yang diminta.
  3. Apabila ada pertanyaan terkait pengisian formulir pendaftaran bisa dibaca terlebih dulu pada link berikut: https://www.tanotofoundation.org/id/news/pertanyaan-yang-sering-muncul-seputar-program-teladan.
  4. Batas waktu pendaftaran DIPERPANJANG sampai dengan OKTOBER 2022.
  5. Berkas dan Dokumen serta Tahapan dalam Pendaftaran Beasiswa Teladan Tanoto Foundation.

Tahapan Seleksi

Tahapan Seleksi Beasiswa Teladan Tanoto Foundation akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran secara Daring(Online). Dengan Menyiapkan Dokumen antara lain:
    • Data diri & orangtua/wali;
    • Riwayat Pendidikan, Prestasi, Kegiatan, dan Bahasa;
    • Kartu Tanda Mahasiswa resmi atau sementara, atau surat keterangan sebagai mahasiswa aktif yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.
  2. Tes Daring Potensi Kepemimpinan. Pendaftar yang lolos dari Tahap Pertama menyiapkan berkas sebagai berikut:
    • Sesi 1, 3-5 : Komputer atau laptop yang memiliki kamera audio dan koneksi internet yang baik.
    • Sesi 2 : Perangkat dengan Sistem Operasi Android dan koneksi internet yang baik.
  3.  Wawancara Daring. Pendaftar yang lolos dari tahap kedua selanjutnya mempersiapkan hal dibawah ini:
    • Komputer atau laptop yang memiliki kamera & audio.
    • Koneksi internet yang baik.
    • Ruangan yang tenang.

Demikianlah Informasi tentang Beasiswa Tanoto Foundation 2022. Artikel ini bersumber dari https://www.tanotofoundation.org/id/news/program-beasiswa-dan-kepemimpinan-teladan-2021/ yang dapat kamu akses langsung melalui link website resmi nya www.tanotofoundation.org. Jika kamu menemukan artikel ini bermanfaat yuk share ke teman-teman, adik-adik serta kerabat kamu. Sampai jumpa lagi di arikel menarik lainnya hanya di Marikuliah.com ya guys! Ciaoo.

Lebih lanjut hubungi di Kontak Sebagai Berikut:

Tanoto Foundation JI. M.H. Thamrin No. 31 Jakarta 10230

Telp. 021-3923189

Email: [email protected]

Instagram: @tanotoeducation

Sumber Informasi Resmi: https://www.tanotofoundation.org/id/teladan2022