Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Beasiswa Unggulan (BU) Kemdikbud 2022

Daftar Isi [Tampil]

cara-daftar-beasiswa-unggulan-bu-kemdikbud

Beasiswa Unggulan (BU) Kemdikbud -
Hello Beasiswa Hunters! Pada artikel ini kita akan membahas cara daftar beasiswa yang sangat menarik nih, yakni Beasiswa Unggulan. 

Apasih Beasiswa Unggulan itu?

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan Beasiswa yang di keluarkan oleh Kemendikbud dan ditujukan untuk masyarakat dalam jenjang Sarjana, Magister dan Doktoral. Calon peserta merupakan mahasiswa tingkat awal yang sudah menerima surat penerimaan di perguruan tinggi atau mahasiswa aktif maksimal semester 3. Program ini ditujukan pada mahasiswa yang berprestasi secara nasional maupun internasional dan berkontribusi kepada daya saing segala bidang. 

Waah menarik kan? Di Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2022 kamu akan mendapatkan fasilitas yang sangat menarik.

Fasilitas yang Kamu Terima

1. Biaya pengadaan Buku.

2. Biaya SPP/UKT GRATIS selama delapan  semester.

3. Biaya Hidup hingga 1,4 juta per bulan.

Naah sekarang kamu tau kan apa itu beasiswa unggulan? Bagaimana ? Mohon dicatat Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022 akan dibuka pada antara Juli hingga  Agustus (cmiiw) 2022. Jika kamu tertarik yuk simak “Prasyarat Untuk Mendaftar Beasiswa Unggulan” dibawah ini.

Prasyarat Beasiswa Unggulan

1. Prasyarat Umum:

  • Di utamakan mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik ditingkat nasional atau tinkat internasional.
  • Tidak menerima beasiswa dalam sejenis dari sumber lain.
  • Diterima atau sedang berkuliah di universitas yang terakreditasi minimal B (Sangat Baik).

2. Prasyarat Khusus:

  • Usia maksimal 22 tahun bagi mahasiswa baru sedangkan mahasiswa yang sedang kuliah(on-going) usia maksimal 23 tahun.
  • Dibuka bagi mahasiswa yang baru diterima di perguruan tinggi yang sudah memiliki surat tanda diterima di perguruan tinggi atau mahasiswa yang baru menjalani semester 1 namun belum mendapatkan KHS dan mahasiswa yang sedang  memulai perkuliahan di semester 3 atau masuk kuliah di tahun 2021.
  • Bagi siswa lulusan dalam negeri diwajibkan untuk mengisi nilai UN dan USBN.
  • IPK minimal 3.25 (skala 4.0) untuk mahasiswa S1 on-going (yang sedang berkuliah ) di semester 3.
  • Membuat karya tulis berupa karangan/essay dalam bahasa indonesia dengan judul/tema “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” dan ditulis pada form Berkas Persyaratan minimal 1500 kata.

Note: Untuk mahasiswa baru ataupun yang sedang menjalankan kuliah Program D4 juga bisa mendaftar beasiswa ini.

Bagaimana? Apakah kamu memenuhi prasyarat kriteria di atas jika kamu memenuhi nya maka kamu layak untuk mendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022. Bagaimana sih cara mendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022? Yuk simak selengkapnya di bawah ini ya.

Cara Mendaftar Beasiswa Unggulan 2022.

  1. Sebelum mendaftar Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, peserta wajib membaca seluruh informasi dan Frequently Asked Question (FAQ) pada laman berikut: https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/#/faq.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui link berikut: https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/#/login. Apabila belum mempunyai akun, buat akun terlebih dulu dengan klik tulisan “Daftar Sebagai Peserta”.
  3. Buka email yang didaftarkan pada saat registrasi untuk melakukan konfirmasi pendaftaran.
  4. Selanjutnya login pada website di atas menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  5. Lengkapi form pendaftaran, isi sesuai dengan data yang valid. Pastikan sudah klik tombol “simpan” pada setiap tab. Setelah menyimpan data pada setiap tab/bagian, silahkan klik tombol “submit” apabila sudah yakin. Data yang sudah ter-”submit” tidak dapat dilakukan perubahan/edit sampai pembukaan batch selanjutnya.
  6. Perhatikan batas waktu pendaftaran jangan sampai kelewatan.

Kemudian aja sih Berkas dan Dokumen yang harus kamu persiapkan? Berikut adalah Berkas dan Dokumen yang harus kamu persiapkan untuk mendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2021.

Berkas dan Dokumen Beasiswa Unggulan Kemendikbud

  1. Kartu Tanda Mahasiswa(Khusus mahasiswa yang sedang berjalan(on-going).
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Surat Tanda telah diterima di Peguruan Tinggi dan bagi mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan(on-going) wajib melampirkan Surat Tanda Aktif Kuliah.
  4. Ijazah Transkrip Nilai Akhir.
  5. Kartu Hasil Studi terakhir bagi mahasiswa yang sedang menjalani kuliah(on-going).
  6. Proposal Rencana Studi (berisi rencana perkuliahan dan SKS per-semester yang akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yang akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, jelaskan kegiatan di luar perkuliahan yang akan dilakukan selama masa studi dan bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat).
  7. Surat Rekomendasi dari kepala sekolah atau guru SMA/Sederajat.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih tentang “Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa Unggulan 2022” yang belum dijelaskan disini, maka kamu dapat menghubungi kontak resmi yang telah disediakan di bawah ini atau berikan pertanyaan dikolom komentar:

Email: [email protected]

Sumber Informasi Resmi: https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/#/persyaratan

Sekian informasi yang MariKuliah.com dapat sampaikan semoga bermanfaat dan semoga kamu cepat mendapatkan beasiswa yang kamu idam-idamkan ya! Sampai jumpa lagi di artikel yang lain. Jika kamu mendapati bahwa artikel ini bermanfaat jangan sungkan untuk di share ke teman-teman, adik, dan kerabat kamu yang sedang mencari beasiswa ya. Terimakasih! Ciao!