Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Meminum Kopi Sebelum Ujian dapat Meningkatkan Kinerja Otak? Apa Kata Sains!

Daftar Isi [Tampil]

apakah-meminum-kopi-sebelum-ujian-dapat-meningkatkan-kinerja-otak

Haruskah Kita Minum Kopi Sesaat Sebelum Ujian?
Dalam artikel ini, kita akan membahas apakah kopi dapat membantu kamu dalam mengerjakan soal ujian dan apa kerugiannya jika meminumnya sesaat sebelum ujian dilaksanakan.

Jawaban cepat

Kopi kemungkinan besar memang dapat meningkatkan kinerja otak kamu saat mengerjakan soal ujian, sehingga kamu harus meminumnya sebelum mengerjakan ujian. Namun, tidak ada penelitian ilmiah yang secara langsung membahas pengaruh anatara hasil nilai ujian dengan mengkonsumsi kafein.

Haruskah Kamu Minum Kopi Sebelum Ujian?

Mungkin beberapa orang harus meminum kopi sebelum melaksanakan ujian, karena dengan meminum kopi dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berpikir, mengetahui, mengingat, menilai, dan memecahkan masalah serta dapat meningkatkan  kewaspadaan.

Penelitian yang dilakukan oleh Martin J. Jarvis pada tahun 1993 telah menguji lebih dari 9000 orang responden. Pada penelitian ini para responden harus menyelesaikan tes sederhana, mengingat memori verbal insidental, dan memahami penalaran visuospasial.

Penelitian ini menunjukkan sesuatu yang telah ditunjukkan sains sejak lama; kopi tidak diragukan lagi dapat meningkatkan kinerja seseorang dalam mengerjakan tugas-tugas sederhana. Namun, tugas yang lebih kompleks dan sulit seperti menjawab soal dalam ujian tetap tidak pasti.

Meskipun demikian, jurnal terbitan 2016 yang dipublikasikan oleh McLellan TM dkk. ini menyatakan bahwa kopi dengan kadar kafein hingga 300mg dapat meningkatkan kinerja otak sambil meminimalkan efek penurunan kewaspadaan dan perhatian. Ini berarti bahwa meskipun tidak ada studi ilmiah tentang konsumsi kopi sebelum ujian, hampir pasti tidak ada efek kognitif negatif yang terkait dengannya.

Jurnal yang sama juga membahas bagaimana kafein dapat sangat membantu kamu ketika sedang merasa bosan. Jadi jika kamu akan berjuang untuk menyelesaikan tugas kuliah atau mengerjakan soal ujian, dan kamu merasa itu sangat membosankan, minumlah kopi untuk membuat pikiran kamu menjadi lebih fokus.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah kamu harus minum kopi sebelum ujian karena kemungkinan akan ada peningkatan perhatian dan kewaspadaan sementara efek sampingnya kecil untuk otak kamu.