Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UNESA 2024 Jalur Mandiri, SNBP dan SNBT

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UNESA 2024. Besaran biaya kuliah di UNESA (Universitas Negeri Surabaya) sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

Biaya Kuliah UNESA 2024

Sejak tahun ajaran 2013/2014, biaya kuliah Unesa sudah menggunakan sistem pembayaran UKT.

UKT adalah biaya kuliah UNESA yang sudah mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT UNESA, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

UKT juga bisa didefinisikan sebagai sistem pembayaran subsidi silang. Artinya, pembayaran biaya kuliah UNESA didasarkan pada taraf ekonomi dan jumlah aset yang dimiliki oleh orang tua atau wali yang menanggung mahasiswa yang bersangkutan.

Dengan adanya sistem UKT UNESA diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam pelaksanaannya UKT memberikan peluang kepada setiap mahasiswa baru untuk mendapatkan pendidikan tinggi dengan biaya kuliah UNESA yang relatif terjangkau.

Biaya Kuliah UNESA

Golongan UKT UNESA Jalur SNBP dan SNBT

Besaran UKT UNESA berada pada kisaran Rp3.840.000 s.d. Rp11.100.000. UKT Unesa dibedakan menjadi 8 golongan.

Setiap mahasiswa akan membayar UKT per semester yang telah ditentukan sebelumnya dan tidak akan berubah selama masa perkuliahan berlangsung.

Artinya kamu akan membayar UKT pada golongan yang sama setiap 6 bulan sekali sampai lulus. Nah untuk biaya kuliah UNESA jalur reguler, pihak kampus hanya membebankan mahasiswa untuk membayar UKT tanpa uang pangkal. Berbeda dengan biaya kuliah Unesa jalur mandiri yang juga diwajibkan membayar uang pangkal atau SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi).

Penentuan golongan UKT Unesa dibedakan berdasarkan indeks kekayaan atau taraf ekonomi dari keluarga yang menangung mahasiswa.

Nantinya calon mahasiswa akan diwajibkan untuk menunjukkan beberapa dokumen yang merepresentasikan aset, jumlah pengeluaran, rekening listrik, dan jumlah gaji orang tua atau wali.

Lewat dokumen tersebut pihak surveyor Unesa akan menetapkan golongan UKT calon mahassiswa. 

Berikut ini adalah daftar lengkap golongan UKT UNESA pada setiap jurusan:

biaya kuliah unesa sarjana - SNBP dan SNBT



Sumber: admisi.unesa.ac.id

Biaya Kuliah Unesa Jalur Mandiri

Jalur Mandiri Kelompok Prestasi:

  • Prestasi Gemilang: Bebas SPI dan UKT selama 8 semester
  • Prestasi Baik: Bebas SPI dan UKT selama 2 semester
  • Prestasi Cukup: Bebas SPI, tapi bayar UKT penuh
  • Tanpa Prestasi: Bayar UKT dan SPI

Jalur Mandiri Kelompok Non Prestasi:

  • UKT ditentukan berdasarkan data pengisian daftar ulang.

Disamping membayar UKT mahasiswa jalur mandiri Unesa Surabaya juga diwajibkan membayar uang pangkal. Uang pangkal di Unesa dinamai SPI atau Sumbangan Pengembangan Insitusi dengan besaran bervariasi tergantung pada jurusan dan fakultas. SPI terendah berada pada kisaran Rp 10 Juta, sedangkan tertinggi mencapai level Rp 35 Juta untuk prodi Akuntansi dan Manajemen.

Uang Pangkal UNESA (SPI)

Uang pangkal UNESA berada pada kisaran Rp10.000.000 hingga >Rp50.000.000. Uang pangkal UNESA akan dipilih oleh pihak calon mahasiswa sesuai dengan kesanggupannya.

Bahkan biaya kuliah SPI untuk prodi Kedokteran UNESA bisa mencapai Rp. 400.000.000.

Berikut rincian uang pangkal UNESA S1 semua jurusan:

spi unesa


Sumber: admisi.unesa.ac.id

Demikianlah pembahasan dari marikuliah.com tentang besaran biaya kuliah UNESA 2024 jalur mandiri SNBP dan juga SNBT. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Disclaimer:

  • Info Biaya Kuliah UNESA ini hanya untuk keperluan penyebaran informasi pendidikan serta membantu pembaca untuk memperoleh informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan oleh keterlambatan update. Kami menyarankan pembaca/pengunjung untuk tidak sepenuhnya begantung pada informasi dari website ini saja. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.unesa.ac.id!
Baca Juga: