Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UPR Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri 2024

Daftar Isi [Tampil]

Biaya Kuliah di UPR 2024 - Hai pejuang kampus! Pada artikel ini akan dibahas mengenai biaya kuliah yang harus ditanggung mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) pada tahun 2024.

Sejak tahun ajaran 2013/2014, UPR sudah menggunakan sistem pembayaran UKT. UKT adalah biaya kuliah UPR yang sudah mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

UKT juga bisa didefinisikan sebagai sistem pembayaran subsidi silang. Artinya, pembayaran uang kuliah didasarkan pada taraf ekonomi dan jumlah aset yang dimiliki oleh orang tua atau wali yang menanggung mahasiswa yang bersangkutan.

Dengan adanya sistem UKT diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam pelaksanaannya UKT memberikan peluang kepada setiap mahasiswa baru untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi dengan biaya kuliah UPR yang relatif terjangkau.

biaya-kuliah-di-universitas-palangka-raya

Biaya Kuliah UPR 2024

Universitas Palangka Raya merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Kalimantan Tengah. UPR berada dilokasi yang strategis ditengah kota Palangka Raya, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin kuliah di Kalimantan.

Awal berdirinya pada tanggal 20 Oktober 1962 UPR hanya memiliki 3 (tiga) fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kehutanan. 

Namun kini UPR telah bertransformasi menjadi Universitas Negeri besar dengan 8 (delapan) fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran serta Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam. 

Saat ini UPR secara institusional telah terakreditasi "B" berdasarkan SK No. 1032/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2016 yang diterbitkan oleh BAN PT.

Jika kamu tertarik kuliah di UPR itu merupakan pilihan yang tepat, karena UPR memiliki banyak keunggulan.

Salah satu keunggulan dari UPR adalah program pertukaran mahasiswa internasional, UPR telah banyak melakukan hubungan baik dari berbagai kampus mancanegara.

Selain itu UPR merupakan kampus terbesar di tanah Borneo yang terletak di Kalimantan Tengah yang modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas.

Golongan UKT UPR Jalur SNBP dan SNBT

UKT di UPR dibedakan menjadi tujuh golongan. Setiap mahasiswa akan membayar UKT disetiap awal semester yang telah ditentukan sebelumnya dan tidak akan berubah selama masa perkuliahan berlangsung.

Artinya kamu akan membayar UKT pada golongan yang sama setiap 6 bulan sekali sampai lulus. Nah untuk mahasiswa jalur SNBP dan SNBT, UPR hanya membebankan mahasiswa untuk membayar UKT tanpa uang pangkal. Berbeda jika kamu kuliah di UPR lewat jalur mandiri, kamu juga diwajibkan membayar uang pangkal atau SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi).

Penentuan golongan UKT di UPR dibedakan berdasarkan indeks kekayaan atau taraf ekonomi dari keluarga yang menangung mahasiswa.

Nantinya calon mahasiswa akan diwajibkan untuk menunjukkan beberapa dokumen yang merepresentasikan aset, jumlah pengeluaran, rekening listrik, dan jumlah gaji orang tua atau wali.

Lewat dokumen tersebut pihak surveyor UPR akan menetapkan golongan UKT calon mahassiswa.

Nah berikut ini adalah golongan UKT UPR 2024:

ukt-universitas-palangka-raya

Uang Pangkal UPR


uang-pankal-universitas-palangka-raya

Demikianlah pembahasan dari marikuliah.com tentang besaran biaya kuliah UPR 2024. Semoga artikel ini membantu kamu ya.

Disclaimer:

Info Biaya Kuliah UPR ini hanya untuk keperluan penyebaran informasi pendidikan serta membantu pembaca untuk memperoleh informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan oleh keterlambatan update. Kami menyarankan pembaca/pengunjung untuk tidak sepenuhnya begantung pada informasi dari website ini saja. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.upr.ac.id!
Baca Juga: