Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah di UPN Veteran Yogyakarta 2024

Daftar Isi [Tampil]

UKT UPN Veteran Yogyakarta 2024 - Sejak resmi menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 2014, UPN Veteran Yogyakarta mulai menggunakan sistem UKT untuk mekanisme biaya kuliah.

UKT adalah biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

UKT juga bisa didefinisikan sebagai sistem pembayaran subsidi silang. Artinya, pembayaran uang kuliah didasarkan pada taraf ekonomi dan jumlah aset yang dimiliki oleh orang tua atau wali yang menanggung mahasiswa yang bersangkutan.

Dengan adanya sistem UKT diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam pelaksanaannya UKT memberikan peluang kepada setiap mahasiswa baru untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang relatif terjangkau.

biaya kuliah upn veteran jogja

Biaya Kuliah UPN Veteran Jogja 2024

UPN Veteran Yogyakarta merupakan perguruan tinggi negeri yang dibina langsung oleh Kementrian Pertahanan Republik Indonesia.

Kampus UPN Yogyakarta memiliki dua kampus yang terletak di Condong Catur dan Babarsari, tepatnya di Ring Road Utara Yogyakarta.

Kampus ini juga dikenal dengan julukan kampus bela negara, karena UPN Veteran Yogyakarta dibina langsung oleh kementrian pertahanan.

UPN Veteran Yogyakarta resmi menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 2014. Meski demikian, UPN Veteran sekarang sudah menyandang akreditasi "B" berdasarkan SK No. 3614/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 yang diterbitkan oleh BAN-PT.

UPN Jogja kini memiliki 5 fakultas dengan 19 program studi dan program pasca sarjana.

UKT UPN Veteran Yogyakarta 2024

Bagi kamu yang berhasil lolos jalur SNMPTN dan SBMPTN, kamu akan hanya dikenakan UKT Murni atau uang pangkal.

UKT di UPN Veteran Yogyakarta dibedakan menjadi 7 golongan, dengan penentuan golongan dibedakan berdasarkan taraf ekonomi dari keluarga mahasiswa yang bersangkutan.

Dalam penentuan golongan UKT, pihak UPN Veteran Yogyakarta akan mengecek dokumen pendukung berkaitan dengan aset, jumlah pendapatan, dan surat berharga lainnya. 

Artinya jika kamu berasal dari keluarga dengan pendapatann tinggi kamu akan dikenakan UKT golongan yang tinggi, begitu juga sebaliknya. Dan dalam mengirimkan dokumen yang diperlukan kamu dilarang memalsukan atau memanipulasi data yang dikirim. Jika kamu terbukti melakukan hal-hal yang dilarang pihak UPN Veteran Yogyakarta dapat memberikan sanksi sesuai hukum yang berlaku.

Berikut rinciannya golongan UKT UPN Veteran Yogyakarta 2024:

biaya-kuliah-di-upn-veteran-yogyakarta
biaya-kuliah-di-upn-veteran-yogyakarta

Uang Pangkal UPN Veteran Yogyakarta 2024

Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, bagi kamu yang lulus jalur mandiri di UPN Veteran Yogyakarta 2024, selain membayar UKT kamu juga akan dibebankan dengan uang pangkal atau SPI (Sumbangan Penegembangan Institusi).

Sesuai dengan Keputusan Rektor UPN Veteran Yogyakarta Nomor 2829/UN62/2018 Calon Mahasiswa Baru jalur Seleksi Mandiri Program Sarjana dan Program Diploma Tiga yang diterima wajib mengisi pilihan dan membayar uang Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Para calon pendaftar akan diberi beberapa pilihan yang sesuai kemampuan ekonomi orang tua calon mahasiswa ayang bersangkutan, dengan rincian sebagai berikut:

  • Level I Rp 5.000.000;
  • Level II Rp.10.000.000;
  • Level III Rp.20.000.000;
  • Level IV Rp.40.000.000;
  • Level V Rp.60.000.000;
  • Level VI Rp.80.000.000;
  • Level VII Rp.100.000.000;
  • Level VIII Rp.125.000.000;

Surat Pernyataan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) diisi oleh Mahasiswa pada saat pendaftaran dan ditandatangani diatas materai.

Disclaimer data biaya kuliah

  • Info Biaya Kuliah ini hanya untuk keperluan penyebaran informasi pendidikan serta membantu pembaca untuk memperoleh informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan oleh keterlambatan update. Kami menyarankan pembaca/pengunjung untuk tidak sepenuhnya begantung pada informasi dari website ini saja. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.upnyk.ac.id!
Baca Juga: