Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UNDIP 2024 Jalur Mandiri, SNBP dan SNBT

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UNDIP 2024. Besaran biaya kuliah di UNDIP sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

Biaya Kuliah UNDIP 2024

Sejak tahun 2013 biaya kuliah Undip sudah menerapkan sistem UKT untuk yang harus dibayarkan oleh mahasiswa.

Golongan UKT Undip dibedakan menjadi 8 golongan, dengan golongan terendah berada di level Rp. 500.000.

Jadi mahasiswa akan mendapatkan besaran UKT UNDIP yang berbeda-beda, penentuannya didasarkan pada taraf ekonomi masing-masing keluarga mahasiswa yang bersangkutan.

Sederhananya, jika pendapatan orang tua kamu besar maka kamu akan membayar UKT UNDIP dengan golongan yang tinggi. Begitu juga sebaliknya, jika orang tua kamu memiliki pendapatan yang kecil maka kamu akan membayar UKT UNDIP pada golongan yang rendah.

Dengan adanya sistem UKT UNDIP, diharapkan seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati duduk dibangku perguruan tinggi.

biaya kuliah undip terbaru

Golongan UKT UNDIP 2024 - Jalur SNBP dan SNBT

Biaya kuliah UNDIP jalur SNBP dan SNBT akan dikenakan UKT murni tanpa harus membayar uang pangkal. Nah untuk itu kamu perlu berjuan lebih keras agar bisa menikmati UKT sistem ini.

Golongan UKT Undip pada jalur ini dibedakan menjadi 8 golongan. Besaran UKT UNDIP ini mulai dari Rp500.000 s.d. Rp22.000.000. 

Nah untuk lebih jelasnya berikut tabel rincian dari golongan UKT UNDIP jalur SNBP dan SNBT:

Golongan UKT UNDIP 2023 - Jalur SNBP dan SNBT
Tabel Golongan UKT UNDIP 2023 - Jalur SNBP dan SNBT
Tabel Golongan UKT UNDIP 2023 - Jalur SNBP dan SNBT

Biaya Kuliah Undip Jalur Mandiri

Nah jika kamu masuk Undip lewat jalur mandiri kamu, selain kamu harus membayar UKT kamu juga diwajibkan membayar uang kuliah tunggal atau SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi).

UKT UNDIP jalur mandiri besarannya tidak berbeda dengan jalur SNBP atau SNBT, namun biasanya akan ditetapkan pada golongan yang tinggi. Disamping itu, uang pangkal UNDIP atau SPI dibagi menjadi 2 golongan mulai dari Rp10.000.000 s.d. Rp.200.000.000.

UKT dan uang pangkal UNDIP berbeda tiap jurusannya. Nah untuk lebihh jelasnya silahkan simak tabel biaya kuliah UNDIP jalur mandiri berikut ini:

Tabel Biaya Kuliah UNDIP Jalur Mandiri 1
Tabel Biaya Kuliah UNDIP Jalur Mandiri 2
Tabel Biaya Kuliah UNDIP Jalur Mandiri 3

Tabel Biaya Kuliah UNDIP Jalur Mandiri 4


Sumber: pmb.undip.ac.id

Biaya Kuliah Kedokteran UNDIP

Biaya kuliah kedokteran UNDIP jalur SNBP dan SNBT hanya akan dikenakan UKT murni. Besaran UKT untuk jurusan kedokteran UNDIP berkisar antara Rp500.000 s.d. Rp22.000.000.

Sedangkan biaya kuliah kedokteran UNDIP jalur mandiri akan dikenakan UKT dan uang pangkal. UKT untuk jurusan kedokteran UNDIP jalur mandiri berkisar antara Rp5.000.000 s.d. Rp22.000.000. Dan uang pangkal kedokteran UNDIP mulai dari Rp200.000.000 atau Rp250.000.000.

Sekian pembahasan dari marikuliah.com tentang besaran biaya kuliah UNDIP jalur mandiri, SNBP dan SNBT. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman terdekat kamu ya.

Disclaimer data biaya kuliah:

  • Info biaya kuliah UNDIP ini hanya untuk keperluan penyebaran informasi pendidikan serta membantu pembaca untuk memperoleh informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan oleh keterlambatan update. Kami menyarankan pembaca/pengunjung untuk tidak sepenuhnya begantung pada informasi dari website ini saja. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.undip.ac.id!