Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Asli UTBK 2021 dan Kunci Jawaban

Daftar Isi [Tampil]

soal-asli-utbk-2021-dan-kunci-jawabannya

Soal Asli UTBK dan Kunci Jawaban - Hallo pejuang kampus! Pada artikel ini kita akan membagikan soal-soal UTBK asli diserai dengan kunci jawabannya.

UTBK 2022 sebentar lagi lho, pendaftaran akan dibuka pada tanggal 23 Maret hingga 15 April 2022. Dan pelaksanaan ujian UTBK akan diadakan pada 17-23 Mei 2022 setelah perayaan idul fitri. Apa kamu sudah mempersiapkan diri kamu untuk menghadapi UTBK yang sudah didepan mata ini?

Sebelum terlambat persiapkanlah diri kamu mulai dari sekarang, dengan mengerjakan soal-soal asli UTBK tahun-tahun sebelumnya. Dengan berlatih soal-soal asli UTBK dari tahun ke tahun, kamu berpeluang mengerti tipe-tipe soal seperti apa yang akan keluar nanti pada saat pelaksanaan ujian.

Sebelum kita membahas soal-soal asli UTBK 2021, kamu harus tahu dulu mekanisme pelaksaan ujian UTBK itu seperti apa. 

Pengertian UTBK

Pengertian UTBK itu sendiri adalah ujian tertulis yang dilakukan secara serentak se-nasional untuk masuk perguruan tinggi. Kepanjangan UTBK itu sendiri adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer. Artinya, kamu akan menggunakan komputer dalam menjawab soal-soal, bukan seperti jaman dulu yang menggunakan kertas dan pensil untuk menjawab soal.

Nah untuk kamu yang bingung perbedaan antara UTBK dan SBMPTN, singkatnya gini deh, UTBK itu ujiannya sedangkan SBMPTN adalah jalur masuk PTN. Kalo SNMPTN pake nilai raport sedangkan SBMPTN pake skor UTBK.

Kelompok Ujian UTBK

Nah kamu pasti udah tau donk kalo UTBK dibagi menjadi 3 kelompok ujian. Kalo belum kita jelasin lagi dibawah ini:

1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi:

  • TPS (Tes Potensi Skolastik)
  • TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi)
2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi:

  • TPS (Tes Potensi Skolastik)
  • TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi)
3. Kelompok Ujian Campuran (Soshum dan Saintek) dengan materi:
  • TPS (Tes Potensi Skolastik)
  • TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi)
  • TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi)

Soal Asli UTBK 2021 dan Kunci Jawaban

Nah setelah kamu tahu apa aja yang akan diujikan pada UTBK 2022, kamu sekarang harus menguasai bentuk-bentuk dan jenis soal yang akan keluar di UTBK berikut ini adalah soal asli UTBK 2021 disertai dengan kunci jawabannya bisa kamu download via google drive:
Terimakasih sudah berkunjung, semoga soal asli utbk 2021 dan kunci jawabannya ini dapat membantu kamu untuk meraih skor UTBK yang tinggi ya.

Baca Juga: