Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi Biologi Kelas 10 BAB 4 (Protista) Kurikulum 2013 Revisi 2020

Daftar Isi [Tampil]

rangkuman-materi-biologi-kelas-10-bab-4-protista-kurikulum-2013-revisi-terbaru

Rangkuman Materi Biologi Kelas 10 Bab 4 (Protista) - Siswa kelas 10 pada mata pelajaran biologi bab 4 akan mempelajari tentang protista.

Apa itu protista?

Protista adalah organisme yang memiliki membran inti sel. Protista merupakan kingdom (klasifikasi makhluk hidup) yang mencakup organisme multiseluler dan organisme uniseluler. Perseberan hidup hidup protista ada yang hidup di air tawar, air laut, atau hidup sebagai parasit di organisme lain.

Protista dibedakan menjadi 3 kelompok yakni protista mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (alga) dan protista mirip jamur.

Protista Mirip Hewan

protista-mirip-hewan-rangkuman-materi-biologi-kelas-10

Protista mirip hewan atau yang biasa disebut dengan protozoa adalah protista yang dapat bergerak secara aktif layaknya hewan.

Apa saja ciri-ciri protista mirip hewan?

Protista mirip hewan atau protozoa memiliki ciri umum seperti berukuran mikroskopis (1 mikron), hidup berkoloni, meskipun bersel tunggal organisme ini hidup seperti layaknya hewan bersel banyak karena dalam selnya terdapat berbagai organel, berkembang biak dengan cara membelah diri, dan dapat bergerak aktif. 

Apa saja klasifikasi protozoa?

Berdasarkan cara bergeraknya Protozoa dapat dibedakan menjadi empat kelas yaitu Rhizopoda, Flagellata, Ciliata, dan Sporozoa.

Apa itu Rhizopoda?

Rhizopoda adalah protozoa yang bergerak menggunakan kaki semu yang merupakan protoplasma sel. Selain digunakan untuk bergerak kaki semu yang dimiliki oleh rhizopoda digunakan untuk menangkap makanan. Contohnya: Amoeba.

Apa itu Flagellata?

Flagellata adalah protozoa yang bergerak menggunakan cambuk gerak. Flagellata dibedakan menjadi dua jenis yakni fitoflagellata (dapat berfotosintesis) dan zooflagellata (tidak dapat menciptakan makanannya sendiri). Contohnya: Euglena viridis.

Apa itu Ciliata?

Ciliata/Ciliophora/Infusiora adalah jenis protozoa yang bergerak menggunakan silia atau bulu getar. Contohnya Paramaecium.

Apa itu Sporozoa?

Sporozoa adalah protista yang tidak memiliki alat gerak dan hidupnya sebagai parasit yang. Disebut sebagai sporozoa karena organisme ini dapat berkembang biak menggunakan spora. Contohnya: Plasmodium vivax.

Protista Mirip Tumbuhan

Protista mirip tumbuhan atau alga adalah protista yang mampu melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan secara mandiri karena memiliki klorofil. Alg merupakan orgnisme berupa talus uniseluler maupun multiseluler, berfilamen dan atau seperti pita.

Bagaimana cara reproduksi Alga?

Alga dapat berkembang biak secara vegetatif dan generatif.

Alga dapat berkembang biak secara vegetatif dengan cara sebagai berikut:

  • Fragmentasi adalah terputusnya talus yang berbentuk benang menjadi bagian baru. Bagian tersebut kemudian berkembang menjadi individu yang baru.
  • Pembentukan spora, ada tiga macam bentuk spora alga; Zoospora, Aplanospora, dan Auxospora.
Alga juga dapat berkembang secara generatif dengan cara sebagai berikut:
  • Isogami adalah bersatunya dua gamet yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama.
  • Anisogami adalah bersatunya dua gamet yang memiliki bentuk berbeda.
  • Oogami adalah bersatunya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.

Protista Mirip Jamur

Protista mirip jamur adalah protista yang hidup menumpang pada organisme lain dan memperoleh makanan dengan menguraikan atau menelan makanannya. Protista mirip jamur tidak dikatakan sebagai jamur yang sejati karena organisme ini memiliki sel, cara reproduksi, dan siklus hidup yang berbeda dengan jamur.

Download Rangkuman Materi Biologi - Protista.pdf

Download Rangkuman Materi Biologi - Protista.ppt