Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi MTK Fungsi Kuadrat Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Halo sobat Markul! Pada artikel ini kami akan memgikan rangkuman materi MTK Fungsi kuadrat kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Fungsi kuadrat adalah jenis fungsi matematika yang memiliki bentuk:

y = ax2 + bx + c

dengan a, b, dan c adalah konstanta.

Grafik dari fungsi kuadrat terdiri dari parabola yang terbuka ke atas atau ke bawah. Apabila a > 0, parabola terbuka ke atas dan apabila a < 0, parabola terbuka ke bawah. Fungsi kuadrat dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan pergerakan benda yang memantul, pertumbuhan jumlah sesuatu, dan lain-lain. Contoh dari fungsi kuadrat adalah y = x2 - 4x + 3 dan y = -x2 + 4x - 5.

Fungsi kuadrat dapat dibentuk dengan mengonstruksi parabola yang memenuhi persamaan y = ax2 + bx + c. Untuk membuat parabola tersebut, kita dapat menggunakan cara menggambar garis tengah, menggunakan persamaan lengkap, atau menggunakan persamaan reduksi. Untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan fungsi kuadrat, kita dapat menggunakan persamaan lengkap atau menggunakan teknik-teknik seperti factoring dan quadratic formula.

Rangkuman Materi MTK Fungsi Kuadrat Kelas 10 Kurikulum Merdeka


Rangkuman Materi MTK Fungsi Kuadrat

Berikut adalah rangkuman materi Fungsi Kuadrat Kelas 10 Kurikulum Merdeka:

A. Karakteristik Fungsi Kuadrat

  • Fungsi kuadrat merupakan fungsi yang memiliki bentuk y = ax2 + bx + c, dengan a, b, dan c adalah konstanta.
  • Grafik dari fungsi kuadrat terdiri dari parabola yang terbuka ke atas atau ke bawah.
  • Apabila a > 0, parabola terbuka ke atas dan apabila a < 0, parabola terbuka ke bawah.

B. Mengonstruksi Fungsi Kuadrat:

  • Fungsi kuadrat dapat dibentuk dengan mengonstruksi parabola yang memenuhi persamaan y = ax2 + bx + c.
  • Untuk membuat parabola tersebut, kita dapat menggunakan cara menggambar garis tengah, menggunakan persamaan lengkap, atau menggunakan persamaan reduksi.

C. Menyelesaikan Masalah dengan Fungsi Kuadrat:

  • Fungsi kuadrat dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan pergerakan benda yang memantul, pertumbuhan jumlah sesuatu, dan lain-lain.
  • Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kita dapat menggunakan persamaan lengkap atau menggunakan teknik-teknik seperti factoring dan quadratic formula.
  • Semoga rangkuman ini membantu! Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya kepada saya.

D. Contoh Grafik Fungsi Kuadrat

Grafik dari fungsi kuadrat terdiri dari parabola yang terbuka ke atas atau ke bawah. Apabila a > 0, parabola terbuka ke atas dan apabila a < 0, parabola terbuka ke bawah. Jika a > 0, titik puncak parabola terletak pada titik (h,k), dimana h adalah nilai dari x pada titik puncak dan k adalah nilai dari y pada titik puncak. Jika a < 0, titik palung parabola terletak pada titik (h,k), dimana h adalah nilai dari x pada titik palung dan k adalah nilai dari y pada titik palung.


Contoh grafik dari fungsi kuadrat adalah sebagai berikut:


Parabola terbuka ke atas


grafik y = x2 + 2x + 1 rangkuman materi mtk fungsi kuadrat kelas 10
Grafik y = x2 + 2x + 1

Parabola terbuka ke atas karena a > 0. Titik puncak parabola terletak pada titik (-1,0), dimana x = -1 dan y = 0. Grafik dari fungsi ini akan terlihat seperti parabola yang terbuka ke atas dan memiliki titik puncak pada titik (-1,0).


Parabola terbuka ke bawah


grafik y = -x2 - 2x - 1 rangkuman materi mtk fungsi kuadrat kelas 10

Grafik y = -x2 - 2x - 1

Parabola terbuka ke bawah karena a < 0. Titik palung parabola terletak pada titik (-1,0), dimana x = -1 dan y = 0. Grafik dari fungsi ini akan terlihat seperti parabola yang terbuka ke bawah dan memiliki titik palung pada titik (-1,0).


Download Rangkuman Materi Fungsi Kuadrat Kelas 10 Kurikulum Merdeka 2021


Nah itulah tadi adalah rangkuman materi mtk fungsi kuadrat kelas 10 SMA yang dapat marikuliah.com sampaikan. Semoga rangkuman ini dapat membantu kamu ya.