Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rata Rata Nilai Raport ITS Surabaya SNBP 2023

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Halo pejuang kampus, pada artikel ini kami akan memberikan data rata-rata nilai raport ITS Surabaya SNBP 2023.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah sebuah jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia yang didasarkan pada prestasi akademik siswa selama di sekolah menengah atas. Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi untuk memasuki perguruan tinggi negeri di Indonesia tanpa harus mengikuti ujian masuk. SNBP biasanya dilakukan setiap tahun sekali dan menawarkan kuota khusus bagi siswa yang memenuhi syarat.

Tentang ITS

Kalau kita bicara soal kampus teknik, ITS adalah yang paling keren di Jawa Timur. Siapa yang mau kuliah di sini?

Baca Juga: Passing Grade ITS

Oh ya, sebelum masuk ke bahasan, udah tau nggak perbedaan antara universitas sama institut? Singkatnya, universitas itu jenjang pendidikan tinggi yang punya berbagai jurusan yang bisa dipilih sesuai minat. Sedangkan institut itu jenjang pendidikan tinggi yang isinya jurusan-jurusan yang sama rumpunnya. ITS contohnya, yang fokusnya di bidang teknik, serba teknik gitu. Selain itu, diakui sebagai saingan terberat ITB. Inilah beberapa alasan kenapa kuliah di ITS wajib banget dicoba:

ITS masuk dalam 10 besar universitas terbaik di Indonesia, menurut QS World Ranking 2023 ITS ada di peringkat 6 setelah IPB. Sementara itu menurut pemeringkatan oleh Webometric 2023 ITS masuk di peringkat 7.  Kerenkan?

Baca JugaBiaya Kuliah di ITS

Akreditasi institusi ITS A dan hampir semua prodi juga A. ITS diakui sebagai salah satu institut terbaik di Indonesia, sama dengan IPB dan ITB. Prestasi yang diraih ITS tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga sudah meraih kemenangan dalam berbagai kompetisi internasional. ITS dianggap sebagai saingan terberat bagi ITB, jika dilihat dari inovasi teknologi yang sudah dihasilkan ITS sangatlah banyak.

Baca Juga: Akreditasi ITS

Tips Lolos SNBP ITS 2023

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu lolos SNBP ITS:

  1. Fokus pada prestasi akademik: Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk lolos SNBP adalah dengan memperbaiki prestasi akademik kamu selama di sekolah menengah atas. Ini termasuk mendapatkan nilai yang tinggi pada setiap mata pelajaran yang dianggap penting oleh jurusan perguruan tinggi yang kamu inginkan.
  2. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati: Kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati dapat membantu meningkatkan kualifikasi kamu dan menunjukkan minat yang serius terhadap bidang tersebut.
  3. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya: Selain kegiatan yang terkait dengan bidang yang kamu minati, ikuti juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang dapat membantu meningkatkan kepribadian dan kemampuan kamu, seperti organisasi kepemudaan atau kegiatan olahraga.
  4. Mulai mempersiapkan dokumen yang diperlukan: Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan benar dan tepat waktu, seperti foto, transkrip nilai, dan surat keterangan dari sekolah.
  5. Jangan mengabaikan jalur lain: Meskipun kamu bergantung pada SNBP, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga jalur lain, seperti SNBT atau Ujian Mandiri, sebagai cadangan jika ternyata kamu tidak lolos SNBP.
Rata Rata Nilai Raport ITS 2023

Nilai Raport Untuk Masuk ITS

Berikut ini adalah daftar rata-rata nilai raport ITS SNBP. Data ini diambil dari perhitungan statistik berdasarkan daya tampung, peminat, dan survei nilai raport mahasiswa yang diterima pada tahun sebelumnya.

Data ini bisa kamu jadikan sebagai patokan nilai minimum atau passing grade untuk memprediksi peluang kelulusan kamu pada jurusan tertentu.

Namun perlu kamu catat, SNBP bukan hanya mengandalkan nilai raport saja sebagai indikator untuk meloloskan siswa ke perguruan tinggi negeri. Ada sejumlah faktor lain yang mempengaruhi kelulusan kamu di SNBP seperti: indeks prestasi sekolah, persebaran alumni, ranking nasional sekolah dan prestasi lomba yang dibuktikan dengan sertifikat.

Rata Rata Nilai Raport ITS SNBP Saintek

Prodi Nilai Raport
Teknik Informatika 92.04
Sistem Informasi 91.80
Teknik Elektro 91.78
Teknik Industri 91.62
Teknik Mesin 91.08
Teknik Sipil 91.02
Statistika 90.83
Arsitektur 90.57
Teknik Kimia 89.32
Perencanaan Wilayah Dan Kota 88.85
Desain Komunikasi Visual 88.67
Teknik Lingkungan 87.80
Sains Aktuaria 86.78
Matematika 85.99
Teknik Material 85.88
Teknik Komputer 85.66
Teknik Geomatika 85.62
Teknik Biomedik 85.14
Kimia 85.11
Teknologi Informasi 84.43
Desain Interior 84.17
Teknik Fisika 84.15
Teknik Sistem Perkapalan 83.58
Teknik Geofisika 83.27
Biologi 83.17
Teknik Perkapalan 83.11
Fisika 81.83
Desain Produk Industri 81.54
Teknik Kelautan 81.13
Teknik Transportasi Laut 80.74
Tek. Sist Perkapalan (Glr Ganda Its-Jerman) 80.66
Teknik Lepas Pantai 80.60
Teknik Pangan 80.15

Rata Rata Nilai Raport ITS SNBP Soshum

Prodi Nilai Raport
Manajemen Bisnis 87.75
Studi Pembangunan 89.87

Baca Juga:

Demikianlah data rata rata nilai raport ITS yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data rata-rata nilai raport ITS ini dapat membantu kamu ya.

Disclaimer:

Perlu kamu catat bahwa PTN tidak pernah mempublish rata-rata nilai raport dari para mahasiswa yang diterima lewat jalur SNBP. Data rata-rata nilai raport ITS ini hanya berupa prediksi dari perhitungan statiska yang dapat kamu gunakan sebagai gambaran peluang di SNBP.