Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rata Rata Nilai Raport UNCEN (Universitas Cendrawasih) SNBP 2023

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Halo pejuang kampus, pada artikel ini kami akan memberikan data rata-rata nilai raport UNCEN (Universitas Cendrawasih) SNBP 2023.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah sebuah jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia yang didasarkan pada prestasi akademik siswa selama di sekolah menengah atas. Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi untuk memasuki perguruan tinggi negeri di Indonesia tanpa harus mengikuti ujian masuk. SNBP biasanya dilakukan setiap tahun sekali dan menawarkan kuota khusus bagi siswa yang memenuhi syarat.

Tentang UNCEN

Universitas Cendrawasih atau yang biasa dikenal sebagai Uncen merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Papua, tepatnya di Kota Jaya Pura. Uncen didirikan pada tanggal 10 November 1962, yang membuat Uncen menjadi Kampus Negeri tertua di tanah Papua.

Baca Juga:

Pada awal berdirinya Uncen memiliki 3 fakultas masing-masing FIK, FHHK, dan FPPK. Berdirinya Uncen merupakan perwujudan dari keinginan masyarakat Papua yang bekerja sama dengan Pemerintah RI sebagai upaya membangun SDM yang akan berperan aktif dalam pembangunan tanah Papua.

Saat ini Uncen telah memiliki 79 Prodi, 23 Jurusan, 9 Fakultas, dan 79 jenjang (D3 ,S1, S2, S3) dengan 90% prodi sudah terakreditasi sisanya merupakan prodi yang baru diusulkan. Disamping itu Uncen memiliki tenaga pengajar yang profesional dan didukung oleh sarana belajar yang layak sehingga menghasilkan suasana belajar yang nyaman.

Uncen juga memiliki unit penjamin mutu yang telah dilembagakan secara profesional dan struktural serta dengan prosedur yang telah disahkan. Uncen terus meningkatkan kualitas pendidikan baik di bidang akademik maupun non akademik.

Memilih Uncen sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan tinggi bukan suatu pilihan yang salah. Selain memiliki kualitas pendidikan yang mumpuni, kearifan lokal masyarakat yang unik dijamin akan mengundang jejak kagum bagi kamu yang berasal dari luar tanah papua. 

Keberadaan masyarakat yang masih menjunjung tinggi adat budaya setempat menjadi identitas masyarakat yang unik dan khas. 

Tips Lolos SNBP UNCEN 2023

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu lolos SNBP UNCEN:

  1. Fokus pada prestasi akademik: Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk lolos SNBP adalah dengan memperbaiki prestasi akademik kamu selama di sekolah menengah atas. Ini termasuk mendapatkan nilai yang tinggi pada setiap mata pelajaran yang dianggap penting oleh jurusan perguruan tinggi yang kamu inginkan.
  2. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati: Kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati dapat membantu meningkatkan kualifikasi kamu dan menunjukkan minat yang serius terhadap bidang tersebut.
  3. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya: Selain kegiatan yang terkait dengan bidang yang kamu minati, ikuti juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang dapat membantu meningkatkan kepribadian dan kemampuan kamu, seperti organisasi kepemudaan atau kegiatan olahraga.
  4. Mulai mempersiapkan dokumen yang diperlukan: Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan benar dan tepat waktu, seperti foto, transkrip nilai, dan surat keterangan dari sekolah.
  5. Jangan mengabaikan jalur lain: Meskipun kamu bergantung pada SNBP, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga jalur lain, seperti SNBT atau Ujian Mandiri, sebagai cadangan jika ternyata kamu tidak lolos SNBP.
rata-rata-nilai-raport-uncen

Nilai Raport Untuk Masuk UNCEN

Berikut ini adalah daftar rata-rata nilai raport UNCEN SNBP. Data ini diambil dari perhitungan statistik berdasarkan daya tampung, peminat, dan survei nilai raport mahasiswa yang diterima pada tahun sebelumnya.

Data ini bisa kamu jadikan sebagai patokan nilai minimum atau passing grade untuk memprediksi peluang kelulusan kamu pada jurusan tertentu.

Namun perlu kamu catat, SNBP bukan hanya mengandalkan nilai raport saja sebagai indikator untuk meloloskan siswa ke perguruan tinggi negeri. Ada sejumlah faktor lain yang mempengaruhi kelulusan kamu di SNBP seperti: indeks prestasi sekolah, persebaran alumni, ranking nasional sekolah dan prestasi lomba yang dibuktikan dengan sertifikat.

Rata Rata Nilai Raport UNCEN SNBP Saintek

Prodi/Jurusan Nilai Raport
Biologi 78,64
Fisika 75,63
Ilmu Keperawatan 88,76
Ilmu Kesehatan Masyarakat 80,72
Kimia 76,03
Matematika 76,20
Pendidikan Biologi 81,52
Pendidikan Dokter 89,31
Pendidikan Fisika 76,50
Pendidikan Kimia 74,52
Pendidikan Matematika 80,13
Teknik Elektro 88,18
Teknik Mesin 84,08
Teknik Pertambangan 89,08
Teknik Sipil 86,13
Rata Rata Nilai Raport UNCEN SNBP SOSHUM
Prodi/Jurusan Nilai Raport
Akuntansi 80,32
Antropologi Sosial 75,97
Bimbingan Konseling 76,49
Hubungan Internasional 82,53
Ilmu Administrasi Negara 81,08
Ilmu Ekonomi 77,07
Ilmu Hukum 77,79
Ilmu Kesejahteraan Sosial 75,94
Ilmu Pemerintahan 82,98
Manajemen 76,17
Pendidikan Bahasa Inggris 81,73
Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah 80,06
Pendidikan Geografi 77,85
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) 76,71
Pendidikan Sejarah 77,75

Baca Juga:

Demikianlah data rata rata nilai raport UNCEN yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data rata-rata nilai raport UNCEN ini dapat membantu kamu ya.

Disclaimer:

Perlu kamu catat bahwa PTN tidak pernah mempublish rata-rata nilai raport dari para mahasiswa yang diterima lewat jalur SNBP. Data rata-rata nilai raport UNCEN ini hanya berupa prediksi dari perhitungan statiska yang dapat kamu gunakan sebagai gambaran peluang di SNBP.