Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rata Rata Nilai Raport UNG (Universitas Negeri Gorontalo) SNBP 2023

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Halo pejuang kampus, pada artikel ini kami akan memberikan data rata-rata nilai raport UNG (Universitas Negeri Gorontalo) SNBP 2023.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah sebuah jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia yang didasarkan pada prestasi akademik siswa selama di sekolah menengah atas. Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi untuk memasuki perguruan tinggi negeri di Indonesia tanpa harus mengikuti ujian masuk. SNBP biasanya dilakukan setiap tahun sekali dan menawarkan kuota khusus bagi siswa yang memenuhi syarat.

Tentang  UNG (Universitas Negeri Gorontalo)

Universitas Negeri Gorontalo atau yang biasa dikenal sebagai UNG merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di kota Gorontalo, Sulawesi Utara.

Sejarah berdirinya UNG berawal dari Junior Collage yang merupakan bagian dari FKIP UNSELTENG. Beberapa tahun kemudian kampus ini menjadi bagian dari FKIP Unsrat. Setelah melewati beberapa perubahan status dan nama, pada akhirnya kampus ini resmi bertransformasi menjadi Universitas Negeri Gorontalo pada tahun 2004.

Sejak diresmikan sebagai perguruan tinggi negeri, UNG terus berkembang dengan pesat dan melakukan segala yang terbaik untuk menciptakan kampus dengan kualitas pendidikan yang terjamin.

UNG menawarkan beberapa keunggulan yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih kampus untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Di UNG tersedia banyak pilihan jurusan yang bisa kamu pilih sesuai dengan minatmu. Jika kamu ingin kuliah di jurusan kedokteran, UNG sudah membuka jurusan tersebut.

Fasilitas yang terdapat di UNG juga tergolong lengkap seperti terdapat tempat ibadah, pelatihan bahasa, berbagai macam laboratorium, tempat olah raga hingga poliklinik sebagai pusat kesehatan kampus.

UNG tercatat masuk dalam jejeran peringkat 10 besar universitas terbaik di wilayah Indonesia bagian timur. Hal tersebut wajar bila disematkan kepada UNG, karena sekarang UNG sudah menyandang akreditasi A dari BAN PT. Dengan status negeri dan terakreditasi A, UNG menjadi sangat layak untuk kamu perjuangkan di SNBT dan SNBP.

Selain itu, biaya kuliah di UNG juga relatif terjangkau. Biaya UKT paling mahal di UNG berada dikisaran angka 5 juta rupiah per semester.

Baca Juga:

Tips Lolos SNBP UNG 2023

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu lolos SNBP UNG:

  1. Fokus pada prestasi akademik: Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk lolos SNBP adalah dengan memperbaiki prestasi akademik kamu selama di sekolah menengah atas. Ini termasuk mendapatkan nilai yang tinggi pada setiap mata pelajaran yang dianggap penting oleh jurusan perguruan tinggi yang kamu inginkan.
  2. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati: Kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati dapat membantu meningkatkan kualifikasi kamu dan menunjukkan minat yang serius terhadap bidang tersebut.
  3. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya: Selain kegiatan yang terkait dengan bidang yang kamu minati, ikuti juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang dapat membantu meningkatkan kepribadian dan kemampuan kamu, seperti organisasi kepemudaan atau kegiatan olahraga.
  4. Mulai mempersiapkan dokumen yang diperlukan: Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan benar dan tepat waktu, seperti foto, transkrip nilai, dan surat keterangan dari sekolah.
  5. Jangan mengabaikan jalur lain: Meskipun kamu bergantung pada SNBP, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga jalur lain, seperti SNBT atau Ujian Mandiri, sebagai cadangan jika ternyata kamu tidak lolos SNBP.
rata-rata-nilai-raport-ung-universitas-negeri-gorontalo

Nilai Raport Untuk Masuk UNG

Berikut ini adalah daftar rata-rata nilai raport UNG SNBP. Data ini diambil dari perhitungan statistik berdasarkan daya tampung, peminat, dan survei nilai raport mahasiswa yang diterima pada tahun sebelumnya.

Data ini bisa kamu jadikan sebagai patokan nilai minimum atau passing grade untuk memprediksi peluang kelulusan kamu pada jurusan tertentu.

Namun perlu kamu catat, SNBP bukan hanya mengandalkan nilai raport saja sebagai indikator untuk meloloskan siswa ke perguruan tinggi negeri. Ada sejumlah faktor lain yang mempengaruhi kelulusan kamu di SNBP seperti: indeks prestasi sekolah, persebaran alumni, ranking nasional sekolah dan prestasi lomba yang dibuktikan dengan sertifikat.

Rata Rata Nilai Raport UNG SNBP Saintek

Prodi/Jurusan Nilai Raport
Agribisnis 77,71
Agroteknologi 75,98
Budidaya Perairan 75,45
Farmasi 82,65
Keperawatan 82,32
Kesehatan Masyarakat 82,55
Manajemen Sumber Daya Perairan 75,21
Pendidikan Biologi 79,04
Pendidikan Fisika 77,35
Pendidikan Geografi 81,21
Pendidikan Kimia 76,77
Pendidikan Matematika 79,43
Pendidikan Teknik Kriya 74,86
Peternakan 76,71
Sistem Informasi 82,20
Teknik Arsitektur 78,65
Teknik Elektro 78,28
Teknik Sipil 77,51
Teknologi Hasil Perikanan 76,99

Rata Rata Nilai Raport UNG SNBP SOSHUM

Prodi/Jurusan Nilai Raport
Akuntansi 82,73
Bimbingan dan Konseling (BK) 74,63
Ilmu Hukum 80,21
Manajemen 82,52
Manajemen Pendidikan 77,86
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 81,94
Pendidikan Bahasa Inggris 82,98
Pendidikan Ekonomi 77,95
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) 74,27
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 81,79
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) 76,33
Pendidikan Kepelatihan 74,28
Pendidikan Luar Sekolah 74,07
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) 75,76
Pendidikan Sejarah 76,67
Pendidikan Sendratasik 74,42
Sosiologi 80,05

Baca Juga:

Demikianlah data rata rata nilai raport UNG yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data rata-rata nilai raport UNG ini dapat membantu kamu ya.

Disclaimer:

Perlu kamu catat bahwa PTN tidak pernah mempublish rata-rata nilai raport dari para mahasiswa yang diterima lewat jalur SNBP. Data rata-rata nilai raport UNG ini hanya berupa prediksi dari perhitungan statiska yang dapat kamu gunakan sebagai gambaran peluang di SNBP.