Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daya Tampung SNBP UTU dan Peminat Terbaru 2024

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Hai pejuang kampus! Pada artikel ini kami akan menyajikan informasi tentang daya tampung dan peminat SNBP UTU 2024. Informasi ini dapat membantu kamu untuk memprediksi peluang kamu kuliah di UTU lewat jalur SNBP.

SNBP (dulunya SNMPTN) merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan secara nasional berdasarkan prestasi akademik dan tanpa test.

Bisa masuk UTU jalur ini merupakan sebuah previlege yang luar biasa, karena kamu tidak perlu repot-repot untuk belajar lebih rajin untuk menghadapi jalur SNBT (seleksi nasional berdasarkan test) atau jalur mandiri yang terkadang jauh lebih mahal.

Dengan melihat data daya tampung dan peminat SNBP UTU tahun lalu, tentu ini akan membantu kamu untuk memilih jurusan dan memprediksi peluang kelulusan kamu pada jurusan tersebut.

Tentang UTU

Universitas Teuku Umar (UTU) adalah perguruan tinggi negeri di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, yang berdiri pada 10 November 2006. UTU diresmikan sebagai universitas negeri oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 1 April 2014.

Saat ini Universitas Teuku Umar (UTU) sudah terakreditasi "B" berdasarkan surat keputusan No.SK 565/SK/BAN-PT/Ak-PKP/PT/VIII/2020.  Akreditasi adalah sebuah nilai yang diberikan kepada Perguruan Tinggi, oleh lembaga yang berwenang memberikan penilaian seperti BAN PT.

Secara umum, nilai presentase passing grade sebuah PTN akan berubah-ubah setiap tahunnya, dan PTN tidak pernah mempublish passing grade mereka. Passing grade bisa mengalami kenaikan atau penurunan.

Nilai presentase passing grade bergantung pada nilai UTBK seluruh peserta pada tahun tersebut dalam tiap program studinya. Passing grade inilah yang umum dipakai sebagai tolak ukur lolos SNBT. Tapi perlu kamu garis bawahi dan diingat, passing grade bukan menjadi tolak ukur pasti, ya.

Daya Tampung dan Peminat SNBP UTU

Daya Tampung dan Peminat SNBP UTU 2024

Daya Tampung adalah jumlah maksimal mahasiswa yang dapat diterima oleh sebuah program studi pada suatu PTN. Peminat adalah jumlah calon mahasiswa yang mendaftar program studi atau universitas tersebut sebagai pilihan mereka dalam proses penerimaan. Jika jumlah peminat melebihi daya tampung, maka akan terjadi seleksi atau tes seleksi untuk menentukan siapa yang akan diterima sebagai mahasiswa.

Berikut ini adalah data daya tampung dan peminat SNBP UTU terbaru yang kami sadur dari sumber resmi LTMPT:
NAMA JENJANG DAYA TAMPUNG 2023 PEMINAT 2022 JENIS PORTOFOLIO
AGRIBISNIS S1 48 111 Tidak Ada
AGROTEKNOLOGI S1 40 58 Tidak Ada
AKUAKULTUR S1 16 28 Tidak Ada
AKUNTANSI S1 60 147 Tidak Ada
EKONOMI PEMBANGUNAN S1 32 62 Tidak Ada
GIZI S1 60 309 Tidak Ada
ILMU ADMINISTRASI NEGARA S1 96 166 Tidak Ada
ILMU HUKUM S1 60 100 Tidak Ada
ILMU KELAUTAN S1 24 32 Tidak Ada
ILMU KOMUNIKASI S1 72 113 Tidak Ada
KESEHATAN MASYARAKAT S1 60 322 Tidak Ada
MANAJEMEN S1 72 240 Tidak Ada
PERIKANAN S1 32 42 Tidak Ada
SOSIOLOGI S1 48 106 Tidak Ada
SUMBER DAYA AKUATIK S1 16 14 Tidak Ada
TEKNIK INDUSTRI S1 40 46 Tidak Ada
TEKNIK MESIN S1 56 84 Tidak Ada
TEKNIK SIPIL S1 52 89 Tidak Ada
TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN S1 36 55 Tidak Ada
TEKNOLOGI INFORMASI S1 40 173 Tidak Ada
Sumber: siltmpt.ac.id

Tips Lolos SNBP UTU 2024

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu lolos SNBP UTU :

  1. Fokus pada prestasi akademik: Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk lolos SNBP adalah dengan memperbaiki prestasi akademik kamu selama di sekolah menengah atas. Ini termasuk mendapatkan nilai yang tinggi pada setiap mata pelajaran yang dianggap penting oleh jurusan perguruan tinggi yang kamu inginkan.
  2. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati: Kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati dapat membantu meningkatkan kualifikasi kamu dan menunjukkan minat yang serius terhadap bidang tersebut.
  3. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya: Selain kegiatan yang terkait dengan bidang yang kamu minati, ikuti juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang dapat membantu meningkatkan kepribadian dan kemampuan kamu, seperti organisasi kepemudaan atau kegiatan olahraga.
  4. Mulai mempersiapkan dokumen yang diperlukan: Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan benar dan tepat waktu, seperti foto, transkrip nilai, dan surat keterangan dari sekolah.
  5. Jangan mengabaikan jalur lain: Meskipun kamu bergantung pada SNBP, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga jalur lain, seperti SNBT atau Ujian Mandiri, sebagai cadangan jika ternyata kamu tidak lolos SNBP.

Demikianlah ddaya tampung dan peminat SNBP UTU 2024yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data daya tampung dan peminat SNBP UTU terbaru ini dapat membantu kamu ya.

Baca Juga: