Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UNILA 2024 (Universitas Lampung)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UNILA 2024.  Besaran biaya kuliah di UNILA sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

UKT merupkan biaya kuliah UNILA yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT UNILA 2024, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

Biaya Kuliah UNILA 2024

Biaya kuliah di Unila sudah mengikuti skema uang kuliah tunggal (UKT) sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013.

Pengaplikasian UKT sama untuk mahasiswa yang diterima di Unila lewat jalur SNBP dan SNBT, yang membedakan adalah pada kelompok atau golongan UKT UNILA.

Sedangkan biaya kuliah UNILA 2024 jalur mandiri ada tambahan uang pangkal atau SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi).

UKT UNILA 2024 - Jalur SNBP dan SNBT

Besaran biaya kuliah UNILA pada jalur reguler (SNBP dan SNBT) hanya dibebankan pada UKT. Besaran UKT UNILA 2024 jalur reguler dibedakan menjadi 8 golongan:
  • UKT UNILA Kelompok I Rp 0 (Semua Jurusan)
  • UKT UNILA Kelompok II Rp 1.000.000 (Semua Jurusan)
  • Hingga UKT Unila Kelompok VIII: Hingga Rp17.500.000 (Jurusan Kedokteran)
  • Jurusan D3 Perkebunan hanya untuk kelas kerja sama dengan UKT Rp 3.500.000

Penentuan golongan UKT UNILA 2024 dilakukan sepenuhnya oleh pihak Unila berdasarkan taraf ekonomi dan aset orang tua atau wali yang akan membiayai mahasiswa yang bersangkutan. Taraf ekonomi dan aset dapat diketahui oleh pihak Unila dengan data yang diisi oleh calon mahasiswa secara online.

Dalam penentuan golongan UKT UNILA 2024, calon mahasiswa diwajibkan untuk memberikan data yang sebenar-benarnya. Unila berhak mencari informasi atau memvalidasi data yang dikirimkan oleh calon mahasiswa dari pihak ketiga dalam menentukan besaran penetapan UKT. Sanksi akan diberikan bagi mahasiswa yang terbukti memberikan keterangan yang salah dikemudian hari berupa pembayaran UKT tertinggi,dan sanksi-sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Ada dua pilihan yang dapat dipilih oleh mahasiswa dalam penentuan besaran UKT, pertama jika calon mahasiwa setuju dengan penetapan UKT tertinggi pada program studinya maka yang bersangkutan tidak perlu mengisi data selanjutnya.

Kedua jika calon mahasiswa memilih UKT berdasarkan kemampuan taraf ekonominya (artinya ada kemungkinan mendapat level UKT golongan I s/d VIII) maka calon mahasiswa harus mengisi kelengkapan data yang akan menjadi dasar dalam penetapan UKT.

Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel biaya kuliah UNILA 2024 jalur reguler berikut ini:

UKT UNILA 2023 - Jalur SNBP dan SNBT

Biaya Kuliah Unila 2024 - Jalur Mandiri

Untuk jalur mandiri, Unila menetapkan dua komponen biaya kuliah yakni:
  • UKT
  • SPI (Sumbangan Pembiayaan Institusi)
UKT jalur mandiri yang ditetapkan berada diantara kelompok V s/d VIII, sedangkan SPI (Sumbangan Pembiayaan Institusi) ditetapkan batas minimal yang harus dibayar calon mahasiswa.

Jurusan Kedokteran tetap menjadi prodi yang dibebankan SPI paling besar yakni Rp 200.000.000 berikut tabel daftar biaya kuliah UNILA 2024 jalur mandiri:

Biaya Kuliah Unila 2023 - Jalur Mandiri

Demikianlah pembahasan dari marikuliah.com tentang besaran biaya kuliah UNILA 2024. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya.

Disclaimer:

  • Informasi ini hanya dijadikan sebagai referensi, bukan untuk dijadikan landasan yang sah. Kami tidak bertanggungjawab atas segala kerugian yang ditimbulkan akibat keterlambatan update informasi. Informasi biaya kuliah Unila bisa berubah kapan saja. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi laman resmi unila.ac.id
Baca Juga: