Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UNEJ 2023 Lengkap: Golongan UKT dan Uang Pangkal

Daftar Isi [Tampil]

Biaya Kuliah di UNEJ 2022 - Biaya kuliah di UNEJ sejak tahun 2013 sudah menggunakan sistem UKT.

UKT adalah biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

Biaya Kuliah UNEJ 2023

UKT UNEJ juga bisa didefinisikan sebagai sistem pembayaran subsidi silang. Artinya, pembayaran uang kuliah didasarkan pada taraf ekonomi dan jumlah aset yang dimiliki oleh orang tua atau wali yang menanggung mahasiswa yang bersangkutan.

Dengan adanya sistem UKT UNEJ diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam pelaksanaannya UKT memberikan peluang kepada setiap mahasiswa baru untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang relatif terjangkau.

biaya kuliah UNEJ 2023

Golongan UKT UNEJ - Jalur SNBP dan SNBT

Biaya kuliah UNEJ jalur SNBP dan SNBT hanya akan dikenakan UKT murni, tanpa uang pangkal. Golongan UKT UNEJ digolongkan menjadi VI golongan.

Setiap golongan UKT Unej didasarkan pada taraf kemampuan ekonomi mahasiswa yang bersangkutan.

Pihak Unej akan mensurvei aset dan penghasilan keluarga dengan mempertimbangkan dokumen-dokumen dibawah ini:

  • Foto Rumah tampak depan dan belakang
  • Bukti penghasilan orang tua
  • Slip pembayaran PLN
  • Slip Total pajak Bumi dan Bangunan
  • STNK motor yang dimiliki

Besaran UKT UNEJ berkisar mulai dari Rp 500.000 s.d. Rp20.000.000, tergantung pada program studi dan golongannya. Nah berikut adalah rincian tabel golongan UKT UNEJ pada jalur SNBP dan SNBT:

golongan ukt unej 2023golongan ukt unej 2023 (2)

Sumber: unej.ac.id

Biaya Kuliah Jalur Mandiri UNEJ

Selain dibebankan UKT, biaya kuliah UNEJ jalur mandiri juga dibebankan uang pangkal atau SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). 

Untuk UKT jalur mandiri di UNEJ, golongan  I dan II dihilangkan. Artinya UKT UNEJ jalur mandiri berada pada level golongan III hingga VI.

Uang pangkal UNEJ

Uang pangkal UNEJ dibedakan menjadi 3 golongan mulai dari Rp 10 juta. Uang pangkal UNEJ nantinya harus disetujui untuk dibayar 1 kali pada saat penerimaan mahasiswa baru.

Berikut rincian uang pangkal UNEJ jalur mandiri:

uang pangkal unej jalur mandiriuang pangkal unej jalur mandiri

Biaya Kedokteran UNEJ

Biaya kedokteran UNEJ jalur reguler (SNBP dan SNBT) hanya dibebankan UKT. Besaran UKT UNEJ untuk kedokteran UNEJ jalur reguler mulai dari Rp 7,5 juta hingga Rp 20 juta.

Sedangkan untuk biaya kuliah kedokteran UNEJ jalur mandiri terdiri dari UKT dan uang pangkal. Uang pangkal kedokteran UNEJ jalur mandiri mulai dari Rp. 100 juta s.d. Rp. 150 juta.

Sumber: unej.ac.id

Demikianlah pembahasan dari marikuliah.com tentang besaran biaya kuliah UNEJ 2023 semua jalur. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Disclaimer:

Info Biaya Kuliah UNEJ ini hanya untuk keperluan penyebaran informasi pendidikan serta membantu pembaca untuk memperoleh informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan oleh keterlambatan update. Kami menyarankan pembaca/pengunjung untuk tidak sepenuhnya begantung pada informasi dari website ini saja. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.unej.ac.id!