Biaya Kuliah Untan Jalur Mandiri, SNBP dan SNBT 2024 Lengkap

Biaya Kuliah Untan 2024 - Hai pejuang kampus! Pada artikel ini akan dibahas mengenai biaya kuliah yang harus ditanggung mahasiswa Untan (Universitas Tanjung Pura) pada tahun 2024.

Sejak bertransformasi menjadi perguruan tini negeri, Untan kini sudah menggunakan sistem pembayaran UKT.

UKT adalah biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

UKT juga bisa didefinisikan sebagai sistem pembayaran subsidi silang. Artinya, pembayaran uang kuliah didasarkan pada taraf ekonomi dan jumlah aset yang dimiliki oleh orang tua atau wali yang menanggung mahasiswa yang bersangkutan.

Dengan adanya sistem UKT diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam pelaksanaannya UKT memberikan peluang kepada setiap mahasiswa baru untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang relatif terjangkau.

biaya-kuliah-di-untan-terbaru

Biaya Kuliah UNTAN 2024

Universitas Tanjung pura atau biasa disingkat dengan Untan merupakan sebuah perguruan tingi negeri yang berada di kota Kota Pontianak.

Kampus Untan terletak di tengah kota, jadi cocok kamu yang ingin kuliah di pulau Kalimantan namun di perkotaan dan dapat dengan mudah diakses.

Sebelum bertransormasi menjadi Untan pada tahun 1967, dulunya perguruan tinggi ini bernama Universitas Dwikora.

Saat ini Untan secara institusional sudah terakreditasi "A" berdasarkan SK No. 165/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 yang diterbitkan oleh BAN PT.

Untan memiliki fasilitas yang memadai didukung dengan tenaga pengajar yang profesional dan saat ini Untan memiliki 9 fakultas yang terdiri dari 96 program studi (prodi) dengan rincian:

  • 63 program studisarjana
  • 6 program studi diploma
  • 22 program studi magister
  • 2 program studi doktoral, dan
  • 3 program studi profesi. 

Golongan UKT Untan Jalur SNBP dan SNBT

UKT di Untan dibedakan menjadi tujuh golongan. Setiap mahasiswa akan membayar UKT disetiap awal semester yang telah ditentukan sebelumnya dan tidak akan berubah selama masa perkuliahan berlangsung.

Artinya kamu akan membayar UKT pada golongan yang sama setiap 6 bulan sekali sampai lulus. Nah untuk mahasiswa jalur SNBP dan SNBT, Untan hanya membebankan mahasiswa untuk membayar UKT tanpa uang pangkal. Berbeda jika kamu kuliah di Untan lewat jalur mandiri, kamu juga diwajibkan membayar uang pangkal atau SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi).

Penentuan golongan UKT di Untan dibedakan berdasarkan indeks kekayaan atau taraf ekonomi dari keluarga yang menangung mahasiswa.

Nantinya calon mahasiswa akan diwajibkan untuk menunjukkan beberapa dokumen yang merepresentasikan aset, jumlah pengeluaran, rekening listrik, dan jumlah gaji orang tua atau wali.

Lewat dokumen tersebut pihak surveyor Untan akan menetapkan golongan UKT calon mahassiswa.

Tarif-UKT-Universitas-Tanjung-Pura Biaya Kuliah UNTAN SNBP dan SNBT

Uang Pangkal UNTAN

Sumbangan Pengembangan Institusi Kelas Reguler (Pagi), sebagai berikut:

1. Kelompok 1 : Rp. 500.000

2. Kelompok 2 : Rp. 1.000.000

3. Kelompok 3 : Rp. 2.000.000

4. Kelompok 4 : Rp. 3.000.000

5. Kelompok 5 : Rp. 4.000.000

Biaya tersebut dapat diangsur 4 kali dalam 4 Semester dan pembayarannya dilakukan bersamaan dengan pembayaran UKT.

Disclaimer data biaya kuliah:

  • Info Biaya Kuliah UNTAN ini hanya untuk keperluan penyebaran informasi pendidikan serta membantu pembaca untuk memperoleh informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan oleh keterlambatan update. Kami menyarankan pembaca/pengunjung untuk tidak sepenuhnya begantung pada informasi dari website ini saja. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.untan.ac.id!