Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Essay “Mengapa Anda Layak Mendapatkan Beasiswa Ini?”

Daftar Isi [Tampil]

cara-menulis-essay-mengapa-anda-layak-mendapatkan-beasiswa-ini

Bagaimana menjawab “Mengapa Anda layak mendapatkan beasiswa ini?”

Saat Kamu melamar beasiswa, Kamu akan melihat banyak permintaan esai yang berbeda. Dua yang paling umum adalah "Mengapa Anda pantas mendapatkan beasiswa ini?" atau variannya “Mengapa Anda melamar beasiswa ini?” Meskipun ini mungkin tampak seperti pertanyaan yang mengintimidasi, jangan terlalu pusing untuk memikirkannya! Ini adalah pertanyaan sederhana yang dapat Kamu jawab dengan mudah. Begini caranya.

Apa yang dicari penyelenggara beasiswa?

Penyelenggara beasiswa ingin memberikan penghargaan kepada siswa yang paling layak. Jadi dengan menanyakan pertanyaan ini, pada dasarnya mereka bertanya: Mengapa harus Kamu?

  • Secara khusus, mereka ingin tahu:
  • Apa yang membuat Kamu unik? Apa minat dan motivasi Kamu?
  • Bagaimana kekuatan dan tujuan Kamu cocok dengan beasiswa khusus ini? Misalnya, mengapa Kamu pantas mendapatkan beasiswa atletik mungkin berbeda dengan mengapa Kamu pantas mendapatkan beasiswa kebutuhan finansial.
  • Bagaimana Kamu akan menggunakan dana beasiswa? Penyedia beasiswa ingin tahu bahwa penghargaan mereka akan membuat perbedaan. Tunjukkan pada mereka bagaimana uang ini akan sangat membantu memajukan tujuan Kamu.

Tips untuk Dipertimbangkan

Tautkan hasrat Kamu ke beasiswa!

Salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah mengungkapkan siapa diri Kamu dalam tulisan Kamu. Tunjukkan kepada penyedia beasiswa mengapa Kamu pantas mendapatkan beasiswa ini dengan memberikan mereka gambaran tentang siapa Kamu dan apa motivasi Kamu. Tapi ingat untuk tetap berhubungan dengan beasiswa. Sebagai contoh:

  • Jika Kamu melamar beasiswa terkait jurnalisme, jelaskan bagaimana Kamu tertarik pada jurnalisme, dan jenis jurnalisme apa yang ingin Kamu kejar.
  • Jika Kamu melamar beasiswa layanan masyarakat, jelaskan jenis layanan masyarakat apa yang Kamu lakukan dan mengapa Kamu berkomitmen untuk itu.

Tunjukkan Keberanianmu

Di sinilah esai beasiswa Kamu mungkin menjadi unik. Kamu mungkin pantas mendapatkan beasiswa ini karena Kamu telah bertahan melalui beberapa perjuangan yang mungkin tidak dilakukan orang lain. Perjuangan tersebut mungkin lebih serius – misalnya, terkait dengan pendapatan keluarga (tumbuh miskin) atau hambatan fisik (cacat atau cedera). Atau mungkin keadaan pribadi yang lebih singkat (seperti tidak mendapatkan posisi organisasi siswa yang Kamu perjuangkan).

Bagaimanapun, fokuslah pada bagaimana Kamu mengatasi kesulitan-kesulitan ini – dan bagaimana pengalaman telah membentuk siapa Kamu hari ini. Juga ingat untuk memfokuskannya kembali pada topik beasiswa yang ada.

Misalnya, jika Kamu melamar beasiswa seni fotografi, Kamu dapat mengatakan:

Meskipun saya memiliki ketertarikan dibidang seni Fotografi, tumbuh miskin di daerah pedesaan membuat saya sulit untuk memiliki akses ke museum seni rupa (jauh) atau bahan (terlalu mahal). Jadi saya lakukan dengan cara lain. Saya meminjam buku seni dari perpustakaan dan melakukan tur virtual (YouTube) dari komputer di rumah saya. Dan karena saya tidak mampu membeli kamera DSLR yang mewah, saya mempelajari semua trik fotografi Android yang saya bisa, dan menggunakan perangkat lunak sumber terbuka (gratis) untuk melakukan pasca produksi pada foto saya.

Pernyataan semacam ini menunjukkan seberapa besar kecintaan siswa terhadap seni dan sejauh mana mereka telah menjelajahi mediumnya, meskipun ada hambatan. Sebuah penyelenggara beasiswa mungkin membaca ini dan berpikir: “Siswa ini sangat pantas mendapatkan beasiswa kami.”

Bagikan Apa yang Kamu Rencanakan bila Memperoleh Beasiswa

Mengapa Kamu layak, tidak hanya berkaitan dengan pencapaian masa lalu Kamu; tetapi juga berkaitan dengan rencana dan tujuan masa depan Kamu. Penyedia beasiswa ingin mendanai siswa yang akan terus mencapai hal-hal hebat atau yang ingin memberi timbal balik kepada komunitas penyedia beasiswa.

Misalnya, dalam esai pemenang beasiswa Luar Negeri Ternama, penulis esai menjelaskan bagaimana uang beasiswa akan digunakan dengan baik:

Harapan saya adalah untuk membantu membimbing orang-orang yang tidak berdokumen untuk mendapatkan pekerjaan di negara asing, dan berjuang agar mereka tetap tinggal di negara tersebut. […] Setelah saya menjadi pengacara, saya akan mencari peluang baru untuk memperluas bantuan yang diberikan kepada para imigran. Saya akan membuat program yang secara khusus menargetkan orang-orang yang tidak berdokumen untuk mengetahui suara mereka sendiri dan untuk mendidik diri mereka sendiri tentang hukum.[…] Saya tahu perjalanan panjang yang terbentang di depan mereka dan tahu betapa sulitnya proses transfer ke warga negara yang tidak berdokumen, tetapi saya ingin berada di sana sehingga mereka tahu bahwa mereka masih punya pilihan.

Contoh esai beasiswa “Mengapa Saya Layak”

Secara umum ada 3 cara kita menulis esai ini dengan baik:

1.Buat essay sebagai resume, dalam bentuk paragraf.

Karena penyelenggara meminta Kamu untuk membual tentang kekuatan Kamu, beberapa jawaban esai hanya menggambarkan beberapa pencapaian pelamar (baik dalam urutan kronologis, atau dikelompokkan berdasarkan minat/kategori – seperti akademisi, olahraga, penelitian, klub mahasiswa). Ini adalah strategi yang sangat baik jika aplikasi beasiswa tidak meminta resume atau daftar kegiatan ekstrakurikuler. Dalam hal ini, esai ini adalah kesempatan Kamu untuk membahasnya.

Contoh versi ini mungkin berbunyi seperti ini:

“Saya [telah berkomitmen] untuk program-program yang akan mengembangkan lebih jauh pengetahuan saya tentang dunia. Saya pernah terlibat dalam Paduan Suara dan Klub Musik. Saya juga telah menjadi anggota klub Bulan Sabit Merah selama 3 tahun, yang telah memperluas eksposur saya ke budaya lain dengan mempelajari bahasa lain dan mempelajari berbagai adat istiadat. Saya telah menjadi kapten tim golf dan softball universitas selama dua tahun, mengembangkan keterampilan kepemimpinan saya. Keterlibatan saya di sekolah dan komunitas membuktikan bahwa saya adalah siswa yang berkomitmen untuk mengembangkan masa depan yang menjanjikan.”

2. Buat essay seperti pernyataan pribadi.

Mungkin Kamu pantas mendapatkan beasiswa karena kamu adalah tipe orang: seseorang yang telah mengatasi kesulitan, berpikir mendalam, bersemangat tentang subjek tertentu, atau ingin berkontribusi pada komunitas mereka. Dalam hal ini, Kamu mungkin hanya dapat menggunakan kembali pernyataan pribadi Kamu, sedikit mengubahnya untuk dapat menjelaskan bagaimana karakteristik atau narasi pribadi Kamu membuat Kamu menjadi penerima beasiswa yang layak.

Salah satu contohnya adalah lanjutan dari esai diatas yang membahas bagaimana penulis mengatasi hambatan status imigrasinya. Dia menulis:

“Saya dibawa secara ilegal ke negara ini ketika saya baru berusia enam tahun. Pada saat itu saya tidak tahu bahwa saya melanggar hukum apa pun, dan saya tidak menyadari fakta bahwa hidup saya akan berubah selamanya. Tumbuh dengan situasi kewarganegaraan yang berbeda dari rekan-rekan saya dan masih merupakan tantangan terbesar yang harus saya hadapi dalam hidup saya.

Melihat ke belakang, tidak ada satu hal pun yang akan saya ubah. Mengetahui bahwa saya harus bekerja lebih keras daripada orang lain membuat saya menjadi orang seperti sekarang ini. Saya mengambil api semangat itu dalam diri saya, mendorong diri saya sendiri, kelulusa pertama di kelas saya dengan IPK 4.0, menjadi Sarjana, dan lulus SMA dengan kelas akselerasi. Pada November 2016, semuanya mulai mencari saya. Saya menerima izin kerja dan kartu jaminan sosial semua berkat program DACA. Saya akhirnya bisa mendapatkan lisensi saya, mendapatkan pekerjaan, dan yang paling penting kuliah.”

Saya berencana untuk melanjutkan kesuksesan saya di kelas dan melakukan segalanya dengan kemampuan terbaik saya karena saya tahu bahwa dalam keadaan saya saat ini, semuanya dapat direnggut dari saya kapan saja. Tumbuh dengan situasi saya telah mengajari saya untuk tidak mengambil keuntungan dari satu kesempatan.”

3. Perlakukan itu seperti esai karir dan/atau tujuan akademis.

Kamu mungkin menggunakan uang beasiswa Kamu untuk kuliah atau sekolah pascasarjana, sehingga Kamu dapat mengejar minat akademik atau karir tertentu. Kamu dapat mendiskusikannya, dan kemudian menjelaskan bagaimana pendanaan beasiswa akan memungkinkan Kamu untuk melanjutkan ke jalur yang dimaksud, seperti yang dilakukan esai singkat ini:

“Penghargaan beasiswa hanya akan mendorong saya lebih jauh menuju gelar Akuntansi saya dan impian saya suatu hari nanti memiliki karir yang sukses sebagai Akuntan. […] Lima tahun dari sekarang saya melihat diri saya bekerja di sebuah perusahaan lokal yang besar, menghitung angka, mengevaluasi, dan memecahkan masalah keuangan tertentu. Saya hanya merasa diberkati bahwa saya diberi kesempatan untuk diberikan beasiswa untuk membantu memenuhi impian saya dan saya akan membuktikan bahwa saya memiliki apa yang diperlukan untuk tidak hanya menjadi siswa yang sukses, tetapi seorang akuntan yang luar biasa.

Varian: “Mengapa Anda melamar beasiswa ini?”

Apakah ini pertanyaan yang sama dengan “Mengapa Anda layak mendapatkan beasiswa ini?” Jawabannya adalah iya dan tidak. Kedua pertanyaan memiliki ide inti yang sama (mengapa Anda relevan dan pantas mendapatkan uang beasiswa), jadi untuk kedua pertanyaan esai, esai Kamu harus menggambarkan kekuatan dan rencana masa depan kamu.

Namun, untuk menjawab pertanyaan “mengapa Anda melamar” ini dengan benar, Kamu harus secara lebih eksplisit menjawab minat Kamu pada topik beasiswa (misalnya jika itu adalah beasiswa untuk keperawatan, mengapa Kamu tertarik dengan keperawatan), serta informasi tentang situasi keuangan Kamu (Kamu mungkin melamar karena Kamu membutuhkan uang, untuk membayar kuliah pascasarjana).

Varian: “Mengapa Anda membutuhkan beasiswa ini?”

Bagaimana dengan yang ini? Apakah ini pertanyaan yang sama?

Tidak! Ini adalah pertanyaan tentang kebutuhan finansial. Meskipun mungkin tidak nyaman untuk mendiskusikannya, pertanyaan ini menanyakan secara langsung tentang situasi keuangan Kamu dan mengapa dana tambahan diperlukan bagi Kamu untuk mengejar rencana akademik atau karir Kamu.