Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UBT 2023 (Universitas Borneo Tarakan)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UBT 2023. Besaran biaya kuliah di UBT sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

UKT adalah biaya kuliah UBT yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT UBT, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

Biaya Kuliah UBT 2023

Sejak diresmikan pada tahun 2014, biaya kuliah UBT sudah menggunakan sistem pembayaran UKT. UKT adalah biaya kuliah UBT yang sudah mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT UBT, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

UKT juga bisa didefinisikan sebagai sistem pembayaran subsidi silang. Artinya, pembayaran uang kuliah didasarkan pada taraf ekonomi dan jumlah aset yang dimiliki oleh orang tua atau wali yang menanggung mahasiswa yang bersangkutan.

Dengan adanya sistem UKT diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam pelaksanaannya UKT memberikan peluang kepada setiap mahasiswa baru untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi dengan biaya kuliah UBT yang relatif terjangkau.

Biaya Kuliah UBT 2023

Golongan UKT UBT Jalur SNBP dan SNBT

Golongan UKT UBT dibedakan menjadi delapan golongan. Setiap mahasiswa akan membayar UKT disetiap awal semester yang telah ditentukan sebelumnya dan tidak akan berubah selama masa perkuliahan berlangsung.

Artinya kamu akan membayar UKT pada golongan yang sama setiap 6 bulan sekali sampai lulus. Nah untuk mahasiswa jalur SNBP dan SNBT, UBT hanya membebankan mahasiswa untuk membayar UKT tanpa uang pangkal. Berbeda jika kamu kuliah di UBT lewat jalur mandiri, kamu juga diwajibkan membayar uang pangkal atau SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi).

Penentuan golongan UKT di UBT dibedakan berdasarkan indeks kekayaan atau taraf ekonomi dari keluarga yang menangung mahasiswa.

Nantinya calon mahasiswa akan diwajibkan untuk menunjukkan beberapa dokumen yang merepresentasikan aset, jumlah pengeluaran, rekening listrik, dan jumlah gaji orang tua atau wali.

Lewat dokumen tersebut pihak surveyor UBT akan menetapkan golongan UKT calon mahassiswa. Berikut rincian golongan UKT UBT 2023 jalur reguler:

golongan ukt ubt 2023
Sumber: biayakuliah.net

Biaya Kuliah di UBT Jalur Mandiri

Kabar gembira untuk kamu yang ingin kuliah di UBT jalur mandiri, karena UBT tidak membebankan uang pangkal pada mahasiswa jalur mandiri. Penentuan UKT di UBT jalur mandiripun sama seperti penentuan UKT pada jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Demikianlah pembahasan dari marikuliah.com tentang besaran biaya kuliah UBT 2023. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kamu ya.

Disclaimer data biaya kuliah

  • Info Biaya Kuliah UBT ini hanya untuk keperluan penyebaran informasi pendidikan serta membantu pembaca untuk memperoleh informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan oleh keterlambatan update. Kami menyarankan pembaca/pengunjung untuk tidak sepenuhnya begantung pada informasi dari website ini saja. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.ubt.ac.id!
Baca Juga: