Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UNSRAT 2023 Lengkap: Golongan UKT dan Uang Pangkal

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UNSRAT 2023. Besaran biaya kuliah di UNSRAT sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

UKT adalah biaya kuliah UNSRAT yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT UNSRAT, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

Biaya Kuliah UNSRAT 2023

Biaya kuliah UNSRAT sejak tahun 2013 sudah menggunakan sistem UKT. UKT adalah biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT UNSRAT, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

UKT juga bisa didefinisikan sebagai sistem pembayaran subsidi silang. Artinya, pembayaran biaya kuliah UNSRAT didasarkan pada taraf ekonomi dan jumlah aset yang dimiliki oleh orang tua atau wali yang menanggung mahasiswa yang bersangkutan.

Dengan adanya sistem UKT UNSRAT diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam pelaksanaannya UKT UNSRAT memberikan peluang kepada setiap mahasiswa baru untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang relatif terjangkau.

biaya kuliah unsrat 2023

UKT UNSRAT JALUR SNBT dan SNBP

Biaya kuliah UNSRAT jalur SNBT dan SNBP hanya akan dikenakan UKT murni. UKT di UNSRAT digolongkan menjadi V golongan.

Artinya kamu akan membayar UKT pada golongan yang sama setiap 6 bulan sekali sampai lulus. Nah untuk mahasiswa jalur SNBT dan SNBP, UNSRAT hanya membebankan mahasiswa untuk membayar UKT tanpa uang pangkal. Berbeda jika kamu kuliah di UNSRAT lewat jalur mandiri, kamu juga diwajibkan membayar uang pangkal atau IPI (Iuran Pengembangan Institusi).

Setiap golongan UKT UNSRAT didasarkan pada taraf kemampuan ekonomi mahasiswa yang bersangkutan.

Pihak UNSRAT akan mensurvei aset dan penghasilan keluarga dengan mempertimbangkan dokumen-dokumen dibawah ini:

  • Foto Rumah tampak depan dan belakang
  • Bukti penghasilan orang tua
  • Slip pembayaran PLN
  • Slip Total pajak Bumi dan Bangunan
  • STNK motor yang dimiliki

Penentuan UKT UNSRAT merupakan hasil dari verifikasi atas data yang harus diisi calon mahasiwa. Prosedur ini dapat dilakukan pada saat pendaftaran setelah hasil seleksi diketahui.

Berikut ini rincian biaya kuliah UNSRAT jalur SNBT dan SNBP:

golongan-ukt-unsrat
Sumber: biayakuliah.net

Uang Pangkal UNSRAT

Biaya kuliah UNSRAT jalur mandiri juga mengikuti skema UKT dan tidak memungut uang pangkal. 

Baca Juga:

Disclaimer:

  • Info Biaya Kuliah UNSRAT ini hanya untuk keperluan penyebaran informasi pendidikan serta membantu pembaca untuk memperoleh informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan oleh keterlambatan update. Kami menyarankan pembaca/pengunjung untuk tidak sepenuhnya begantung pada informasi dari website ini saja. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.unsrat.ac.id!