Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

True Story! Kisah Perjuangan Anak Daerah Untuk Bisa Kuliah

Daftar Isi [Tampil]

cerpen-kisah-nyata-perjuangan-anak-daerah-untuk-bisa-kuliah

Hay... kenalin nama Aku Jo. Aku adalah salah satu lulusan mahasiswa di kampus negeri yang berada di pulau sumatera. Disini Aku mau bagiin pengalaman Aku hidup merantau ke luar kota untuk kuliah.

Sebagai seorang yang boleh dikatain introvert, ga mudah buat Aku untuk memulai kehidupan baru di tanah orang. Apalagi harus mulai kenalan sama orang baru, tetangga kamar kostan.

Aku sih beruntung, karena Aku kuliah tanpa harus ikut test SBMPTN atau UTBK. Ya, Aku lolos SNMPTN. Udah gitu, karena Aku berasal dari keluarga yang ‘kurang mampu’ Aku dikasih kesempatan sama pemerintah untuk kuliah gratis. Dulu sih disebutnya Bidikmisi, kalo sekarang udah diganti namanya ya jadi KIP Kuliah.

Ada satu momen yang akan aku kenang terus, dimana saat pengumuman hasil SNMPTN aku ga langsung buka website resmi ltmpt.ac.id. Butuh 3 hari untuk aku berani buka web pengumuman. Kebetulan pada saat itu pengumuman SNMPTN tepat saat dimana lagi berlangsung momen pesta kelulusan. Temen-temen heboh teriak ada yang lulus ada yang enggak. Tapi aku masih ga berani buka, temen-temenku jelas maksa buat buka donk. Tapi aku tetep kekeh untuk belum berani buka.

Singkat cerita setelah 3 hari dari hari itu, temen tongkrongan disekolah ngeledek pake kata-kata "...cie-cie yang keterima SNMPTN...", bingung donk aku tau dari mana nih orang. Apa dia tahu NIS sama tanggal lahir aku. Ternyata eh ternyata kabar aku keterima itu dateng dari guru BP sekolah, kata si kawan aku tadi. Cepet-cepet donk aku cabut ke warnet buat buka website pengumuman, eh ternyata Alhamdulillah beneran lolos donk.

Selayaknya anak-anak SMA yang baru lulus seneng banget donk aku, bakal kuliah di kampus negeri. Apalagi diketerangan ditulis kalo aku bakal nerima beasiswa, kuliah gratis dapet uang makan lagi hehehe.

Waktu aku pulang, exited lah aku umumin ke mamak aku kalo aku keterima di kampus negeri yang ada di luar kota. Kalian tau apa ekspresi mamak aku? Salah... kalian kalo bilang bakal seneng, tegang donk mukanya. "Duit dari mana nak mau kuliah?" , kata mamak dengan wajah cemasnya.

Terus aku langsung jawab, "Gratis mak, dapet beasiswa!". Harusnya seneng donk kalo aku bilang gratis. Tapi apa respon mamakku selanjutnya? Masih tegang tapi mulai santai, "Tapi kamu ngekost, makan duit dari mana?". Aku jawab "Aku kuliah gratis, dapet gaji juga mak. Eh bukan gaji, tapi dapet uang saku tiap bulannya."

Nah disitulah bapakku tiba-tiba muncul dari kamar dengan semangat, "Kapan berangkat?"

Sebenernya aku aga kecewa sih sama respon mamak aku yang kayak gitu, tapi aku tetep sayang kok sama mamak aku. Aku juga ngerti pada saat itu ekonomi keluarga lagi ngga baik-baik aja.

Tapi beberapa hari berlalu, mamak semakin nunjukkin kalo dia bakal dukung penuh aku untuk kuliah, sebisa dan sejauh mana ekonomi keluarga mampu. Aku seneng banget waktu saat mamak ajak aku ke pasar buat milih-milih sepatu untuk dipake kuliah, rasa seneng yang udah belasan tahun ngga aku rasain. Terakhir kayaknya waktu aku mau masuk TK. Ya intinya rasa kecewaku tadi udah berubah jadi rasa bahagia yang luar biasa.

Di pasar, pas kami lagi milih-milih sepatu sampailah kami di suatu toko sepatu yang ternyata penjaga tokonya adalah temen aku waktu SMP dulu. Aku ga tau sih sebenernya ini pantes diceritain apa ngga, tapi mungkin kamu bisa ambil hikmahnya aja ya.

Temen aku ini dulunya kawan kelas aku, yang mana pada saat itu dia salah seorang yang getol untuk nge-bully aku. Akward banget waktu aku milih-milh sepatu, aku ga berani negor atau nanya "Kamu si anu kan...?"  Aku juga ga berani ngajak mamak pindah toko.

Karena memang rasa kesel itu dulu masih ada, tapi yaudahlah ya. Dia juga keliatan malu gitu sama kerjaannya. Ya walau pun saat itu aku belum bisa dikatain sukses, karna memang hanya baru keterima di kampus negeri. Tapi dalem hati tetep aja ngerasa ada 'something feels', apa lagi pas dia nanya "Cari sepatu untuk apa?" Mamak jawab, "Sepatu untuk Kuliah". 

Satu hal yang aku mau sampein kekamu, khususnya kamu korban bullying atau apalah itu. Mereka yang ngehina kita, mencaci kita, jadiin kita bahan olok-olokan, ngata-ngatain sama bentuk fisik kita, belum tentu mereka lebih baik dari kita. Tugas kita bukan untuk melawan atau membalas tapi teruslah untuk jadi jauh lebih baik lagi, tunjukkin sama mereka semua kalo kita itu adalah champion, yang suatu saat nanti akan berdiri di "Hall of Fame!".

Pada saat banjir semut akan jadi makanan ikan, pada saat surut ikan akan jadi makanan semut. Tapi pada akhirnya ikan dan semut semuanya tetap akan mati. Korban bully kamu harus tetep semangat, pelaku bully semoga cepet tobat.

Tips Lolos SNMPTN


Merantau

Nah Aku mau lanjutin cerita Aku waktu jadi maba di tahun pertama kuliah, rasanya exited banget woy! “Aku akhirnya bisa jadi anak kuliahan juga nih...!”.

Aku berangkat merantau ke kota menuju kampus idaman Aku sendirian, secara Aku laki. Harus kuat apa-apa sendirian. Berangkat pergi naik bus kaleng, tau lah ya diatas udah Aku ceritain kalo Aku ini berasal dari keluarga yang keterbatasan secara ekonomi.

Naik bus kaleng rasanya eh mantep betul. Perjalanan yang seharusnya cuman 8 jam jadi 16 jam, kebayang kan kamu gimana mengenaskannya aku di jaman itu yang jadi semacam ikan kaleng yang direbus lama. Panas, capek, laper, semua jadi satu didalem diri Aku. Tapi Aku masih bisa nikamtin perjalanan itu karena masih kebayang bentar lagi Aku akan jadi seorang mahasiswa, heu heu heu heu...

Aku harap kamu ngga bosen baca ini. Jadi lanjut guys... 
Singkat cerita setelah Aku sampe di tujuan, Aku turun dengan keadaan bingung. Bingung sebingungnya, kenapa? Karena Aku belum tau mau tidur dimana malem itu, kebetulan nyampenya malem guys yang harusnya sore juga udah sampe.

Pada saat itu Aku cuman di bekalin uang 500 ribu rupiah doank, udah gitu kepotong buat ongkos bus 120 ribu. Mantep kan? heu heu heu... Udah gitu waktu itu Aku cuman megang hape mitho, belum megang blackberry apalagi android, mahal guys... Mana pulsa cuman ada 7000an doank... Sumpah ini Aku ga ngarang supaya ceritanya jadi dramatis, sedih atau apalah itu... yang Aku mau cuman berbagi energi “Sesulit apa pun keadaan kamu, kamu bisa jadi apa yang kamu mau. Asalkan kamu mau berjuang!!!”

Sebenernya dulu juga aku punya pemikiran kalo pun aku ga dikasih uang sangu buat berangkat merantau aku bakalan tetep berangkat kuliah. Entah dapet pinjeman dari mana, tetep aku cari toh nanti aku juga bisa bayar uang itu lewat uang beasiswa, gitusih pemikiran aku dulu. Intinya harus tetep berangkat

Lanjut, mikir lah gua itu ditempat pemberhentian itu gimana caranya nyari masjid untuk bisa jadi tempat tidur sementara, karena memang udah malem banget. Tujuan Aku itu adalah mess mahasiswa, semacam rumah susun yang dikhususin untuk maba gitu, dari info yang Aku baca itu murah dan bisa dibayar kalo duit beasiswa udah cair.

Tapi saat itu Aku sendirian, mana udah malem, ditambah cuman megang hape kentang yang gabisa buat WA atau Line. Nah beruntungnya Aku malem itu bisa ngehubungin kating Aku dari sekolah yang sama lewat Facebook gratisan. Nah dia suruhlah anak-anak organisasi kedaerahan buat ngurusin Aku. Dan singkat cerita sampe akhirnya bisa lah Aku tidur numpang dikamar orang yang aku belum kenal di mess mahasiswa.

Nah intinya aku mau ngingetin, kalo kita sering berbuat baik insya Allah kita akan ditemukan dengan orang-orang baik juga. Kerasa banget kebesaran Tuhan malam itu, dimana Aku dipertemukan sama orang-orang baik yang mau nokamung Aku, mulai dari kakak kedaerahan yang mau nganter Aku ke mess mahasiswa, sampe orang asing yang ngebolehin Aku buat tidur dikamarnya.

Semester Awal

Semester awal memang rasanya tuh kayak masih enak-enak aja. Tapi menurut Aku ini sih part paling terbadabestnya... 

Waktu mulai kuliah Aku itu termasuk mahasiswa yang selalu kurang update, padahal yang mana pada awal perkuliahan itu sering banget ganti-ganti jadwal. Ya kamu tau sendiri lah ya... Aku cuman megang hape mito! Aku ga bisa ikut gabung grub-grub kelas.

Sebenernya Aku waktu itu sedikit kecewa sih sama orang tua Aku karena Aku ga dikasih uang untuk beli android, mana diawal-awal gua kaget eh malah adek Aku yang dibeliin hape duluan.

Aku nyoba nenangin diri Aku, Aku mencoba untuk tegar menjalani perkuliahan dan fokus. Karena Aku tau ini ini hidup Aku, Aku udah ‘aqil baligh’, Aku udah dewasa, orang tua udah ga wajib membiayai Aku, dan Aku bertanggung jawab penuh atas hidup dan pilihan Aku. Dan beberapa saat setelah itu Aku ikhlas, mungkin sehari dua hari setelah Aku dapet kabar kalo adek Aku dibeliin hape android aku udah ikhlas tentang itu. Dan mencoba untuk berpikir positif, karena menurut beberapa sumber info bentar lagi uang beasiswa akan cair.

Dengan uang Aku yang tersisa dari 500 ribu itu, Aku mencoba untuk irit seiritnya untuk makan. Aku menerapkan uang makan sehari ga boleh lebih dari 10 ribu. Iya 10 ribu, mungkin kebanyakan dari temen-temen Aku uang segitu buat sekali makan. Tapi untuk Aku uang 10 ribu itu udah paling maksimal untuk 3 kali makan sehari.

Jadi Aku menghemat uang Aku dengan nerapin masak nasi sendiri dan beli lauk pauk aja di kantin, karena pada saat itu sayang uangnya kalo untuk dibeliin kompor, rice cooker aja Aku masih patungan sama temen Aku ‘itu pun Aku bilang bayarnya nanti ya, kalo duit BM udah cair!’.
Suplai makanan ke tubuh mulai terbatas selama beberapa bulan, sampe badan ini jadi kurus banget. Konsentrasi dikelas pun sulit kalo kurang makan lah ya, tapi Aku tetep berusaha sama kelas Aku. Terbukti dengan IPK Aku yang masih diangka 3,61. Ga sia-sia bre... perjuangan selama semester awal kuliah. Dan bokap nyokap Aku kaget banget waktu Aku mudik di akhir semester. Karena Aku kurus banget turun 10 kg bre... heu heu heu!

Segitu dulu ya nanti Aku lanjutin, masih banyak part-part selanjutnya. Itu pun kalo kamu sudi untuk bacanya... Kalo mau cepet update, komen donk biar Aku semangat nulisnya... Heu heu heu heu! Tetep semangat ya pejuang kampus!


Salam hangat dari kakak onlinemu,
Jo Si Tampan dari Utara