Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umur 25 Harus Punya Apa Sih? Inilah Beberapa Hal yang Harusnya Kamu Punya

Daftar Isi [Tampil]

umur-25-harus-punya-apa-inilah-hal-yang-harus-kamu-punya

Umur 25 harus punya apa?
Banyak orang mungkin akan bilang umur 25 itu harus punya mobil, rumah, pasangan, uang yang banyak atau seenggaknya pekerjaan yang layak.

Tapi apa bener harus gitu? Pertanyaannya, kamu sanggup nggak umur segitu punya itu semua? Kalo kamu sanggup itu bagus. Berarti kamu termasuk salah satu orang yang bisa disebut sebagai anak muda yang sukses.

Sukses di usia muda adalah impian dari semua orang. Siapa sih yang ngga mau karirnya cemerlang saat masih muda, dimana badan masih bertenaga untuk melakukan banyak hal dan menikmati hasil dari keringat sendiri.

Nggak banyak memang, orang yang bisa suskses diusia muda. Ini adalah sesuatu yang sangat langka.

Diera digital kayak sekarang, semakin banyak orang yang mengutuki nasib dirinya sendiri. Apa mungkin salah satu orangnya itu kamu? Kamu sekarang banyak melihat orang-orang yang pamer kekayaan (flexing) mulai dari foto IG story fine dining, foto koleksi kendaraan, dan 'tetek-bengek' lainnya. Dan 'idiotnya' kamu mulai ngebandingin semua itu ke kehidupan kamu.

Sekarang, mungkin kamu bahkan masih makan mie instan sehari tiga kali, sampe-sampe gunting kosan kamu bau bumbu minyak mie instan goreng. Atau kamu sekarang masih butuh waktu sampe tiga kali mikir untuk beli minuman di minimarket, yang ujung-ujungnya beli teh karena lagi ngirit. Gapapa itu wajar, banyak orang yang sama kayak kamu kok.

Tapi percaya deh, semua yang kamu liat di sosmed itu cuman yang bagus-bagus aja. Ga fair dong kalo kamu bandingin kehidupan orang-orang di sosmed yang dibagus-bagusin itu sama 'your whole life'. 

Mungkin diumur 25 kamu belum punya ferari, guci, dior, dan rumah mewah. Tapi ada hal lain yang harus kamu miliki ketika usiamu 25 tahun. Apa aja itu?

1. Punya Circle yang Sesuai Sama Tujuan Hidup

Temen nongkrong, nongki, ngopi atau apalah namanya itu sebenernya amat sangat mempengaruhi kehidupan terlebih lagi dimasa depan. Disini punya temen yang deket banget aja ga cukup bre! Kamu harus punya circle yang bisa saling dukung untuk mencapai tujuan yang sama.

Kalo temen yang hanya sebatas 'deket banget' itu kan biasanya cuman maen sana-sini bareng, punya kesukaan yang sama. Sampe ngelakuin hal-hal yang negatif bareng-bareng, ya karna memang tujuan circle kaya gini tuh hanya sebatas untuk seneng-seneng doang. Tapi apa salah kalo punya temen yang kaya gini? Sebenernya ga ada masalah sih ya ngumpul sama temen yang kaya gini, kamu juga butuh. 

Tapi... kadang temen-temen yang kaya gini banyak negatifnya bre, apalagi kalo temen tokrongan kamu itu punya gaya yang super hedon. Kelar dah hidup. 

Cari circle yang sesuai sama tujuan hidup itu memang ga mudah. Terus gimana caranya? Ya... kamu bisa mulai dengan tentuin dulu nih, sebenernya kamu mau apa di masa depan atleast  dua sampe tiga tahun kedepan. Atau bahkan lebih dari itu.

Misalnya nih kamu pengen jadi entertainer dimasa depan, kamu bisa mulai gabung ikut komunitas standup comedy yang ada di kota-kota kamu. Pengen jadi penulis, ya gabung sama komunitas penulis atau pengen banget jadi bisnismen ya ikut komunitas bisnis. Mungkin awal-awal agak susah untuk nyambung sama circle baru yang kaya gini. Tapi perjalanan jutaan kilo meter itu dimulai dari satu meter pertama. 

Percaya deh, gabung sama orang-orang yang punya tujuan yang sama itu feels nya beda banget ketimbang nongkrong ga jelas semaleman tanpa tujuan. Ada nilai yang dibawa pulang kalo habis ngumpul sama orang-orang yang punya tujuan yang sama. Ya walaupun nongki-nongki santuy sama temen-temen deket jangan ditinggalin, kamu juga butuh donk negelepasin hormon endorfin bareng temen-temen freak kamu. Nikamtin masa muda tapi harus stay on your track!

2. Punya Buku

Kalo kamu udah kerja terus diakhir atau diawal bulan dapet gajian, kayaknya kamu bakalan prefer untuk beli kopi mahal dibanding beli buku atau lebih milih untuk pergi nonton bareng gebetan. Ga salah sih sama konsep yang namanya self reward, tapi jangan sampe kamu biarin otak kamu 'kurang gizi' gara-gara kamu lebih mentingin nafsu perut atau nafsu-nafsu lainnya.

Cobalah untuk adil, kasihlah nutrisi yang berkualitas buat otak kamu. Jangan cuman puasin mulut dan perut doang. Coba alokasikan uang kamu yang sedikit itu untuk beli buku, terserahlah mau beli buku sebulan sekali, dua bulan sekali, atau setahun sekali asalkan banyak.

Pak Tung Desem Waringin, seorang motivator hebat asal Indonesia dan juga pengusaha sukses pernah bilang "Investasi yang paling baik itu adalah investasi leher keatas". Apa itu investasi leher keatas? Ya itu tadi, banyak-banyak keluar uang untuk membaca buku.

Jadi seseorang dengan wawasan yang luas dan keilmuan yang tinggi, tentu punya nilai tersendiri donk. Jadi lebih bijak, lebih cakep, lebih keren, dan jadi lebih tinggi derajatnya dihapan manusia serta Tuhannya 

Dengan banyak membaca, kamu akan terbiasa untuk berfikir, merenung, dan menemukan penyelesaian masalah. Rajin membaca buku itu kayaknya udah jadi elemen yang ga lepas dari orang-orang yang hebat dan sukses. Jadi beli rak buku sekarang, penuhin sama buku, dan mulai banyak membaca.

3. Punya Goals

Tujuan hidup adalah sesuatu yang penting untuk kamu punya. Kamu akan memiliki motivasi yang kuat untuk bangun di pagi hari dan bersemangat melanjutkan hidup.

Tujuan hidup dapat ngebantu kamu untuk nentuin keputusan penting dalam hidup kamu, nentuin arah hidup, dan menciptakan makna dalam dalam hidup. Bagi beberapa orang tujuan hidup berhubungan sama aspek kepuasan dalam pekerjaan, percintaan, dan kebahagiaan.

Nah disini penting banget untuk kamu catet, tujuan hidup dapat ngebantu kamu untuk jadi pribadi yang lebih baik. Pertanyaannya kamu udah punya target yang ingin kamu capai dalam hidup ini? Atau kamu masih bingung tentang hal ini?

Bahaya banget kalo kamu sekarang yang bukan apa-apa ini ditanya, "Kamu mau jadi apa nanti?" atau "Cita-cita kamu apa?" dan kamu bingung dan nggak tau mau jawab apa.

Sekarang ambil kertas terus tulis mimpi, target, dan cita-cita kamu yang pengen kamu capai dan kalo udah, tempel itu di tempat yang mana tempat itu kamu sering lihat. Contohnya dinding kamar.

Ada suatu penelitian tentang punya target dalam hidup, entah lupa judul penelitiannya. Intinya penelitian itu punya kesimpulan orang-orang yang biasa nulis mimpi-mimpinya di dinding kamar akan jauh lebih sukses ketimbang orang-orang yang nggak ngelakuin hal itu.

Jadi sang peneliti nyari dan ngumpulin banyak orang responden untuk diteliti, responden ini diabagi jadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah orang-orang yang punya tujuan hidup  dan suka nulis impiannya didinding kamar dan kelompok kedua enggak.

Jadi setelah orang-orang ini lulus kuliah mereka didata dan dilacak terus jenjang karirnya, setelah beberapa tahun kemudian di cek lagi jumlah kekayaannya. Hasilnya... booom... jauh banget. Datanya ngga disertain disini, lupa judulnya. Tapi intinya sekarang adalah kalo punya tujuan hidup, mimpi, target dan cita-cita itu penting, dan jangan lupa untuk nulis semua itu terus ditempel didinding kamar! Trust me it work!

4. Punya Kesadaran untuk Investasi

Kamu ga bisa berharap banyak sama masa depan kalo cuman ngandelin tabungan dari sisa gaji tiap bulan, apa lagi kalo gaji tiap bulan cuman numpang lewat ke tagihan, cicilan atau kartu kredit.

Tabungan mungkin dan bahkan tidak cukup untuk bisa menjamin keamanan finansial di masa depan. Uang nganggur yang kamu simpan di bank atau brankas enggak akan berkembang dengan sendirinya. Plis lah ya.

Uang itu setiap tahun mengalami yang namanya inflasi, yang mana artinya nilai tukar uang akan berkurang seiring bertambahnya tahun. Uang yang kamu simpen di celengan atau brankas itu nominalnya tetap ga akan berubah, tapi fungsinya untuk membeli suatu barang akan mengalami penurunan. Gini deh contohnya dulu kamu beli permen waktu SD berapa harganya, bandingin sama sekarang. Itu baru permen belum tanah atau bangunan yang nilai jualnya mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.

Apalagi kalo kamu naro uang kamu di bank, udah lah, kelar hidup lo. Uang kamu abis dimakan biaya admin yang jumlahnya memang ngga seberapa. Tapi kalo kamu itung-itung dengan cermat lumayan juga lho.

Investasi memastikan keamanan finansial dimasa depan. Investasi memungkinkan kamu untuk menernakkan uang kamu. Ada banyak pilihan untuk melakukan investasi mulai dari reksadana, saham, emas, perak, tanah, properti bangunan dan lain-lain.

Tapi kamu juga harus cermat dalam memilih metode untuk investasi. Karena memang semua bentuk investasi juga memiliki resiko. High risk high return. Semakin tinggi resikonya biasanya hasil yang didapatkan juga semakin besar. 

Dan juga jangan salah kaprah tentang investasi dan trading. Coba cari sendiri lah ya perbedaannya. Apa lagi kamu nyamain antara investasi, trading, dan judi (kaya kasus yang baru-baru ini, binomskuy dkk). Sekali lagi diumur 25, at least kamu udah pengetahuan tentang investasi, lebih baik lagi kalo kamu udah mulai investasi.

5. Punya Empati

Nah yang terakhir ini adalah pembahasan tingkat lanjut. Punya empati untuk tidak sombong saat kamu udah mencapai semua cita-cita kamu dan punya banyak harta dan punya kedudukan tinggi.

Inget ya bre, ngga ada yang kekal di dunia ini. Jangan sombong sama semua yang udah kamu dapetin hari ini, karena semua itu cuman titipan dari dari Yang Maha Kuasa.

Kalo kamu punya uang lebih jangan lah lupa untuk bantu orang-orang disekitar kamu ya. At least, keluarga kamu dan temen-temen kamu. 

Inget, Firaun itu hancur karena kesombongannya!