Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daya Tampung dan Peminat SNBP ITK 2023 Terbaru

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Hai pejuang kampus! Pada artikel ini kami akan menyajikan informasi tentang daya tampung dan peminat SNBP ITK 2023. Informasi ini dapat membantu kamu untuk memprediksi peluang kamu kuliah di ITK lewat jalur SNBP.

SNBP (dulunya SNMPTN) merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan secara nasional berdasarkan prestasi akademik dan tanpa test.

Bisa masuk ITK jalur ini merupakan sebuah previlege yang luar biasa, karena kamu tidak perlu repot-repot untuk belajar lebih rajin untuk menghadapi jalur SNBT (seleksi nasional berdasarkan test) atau jalur mandiri yang terkadang jauh lebih mahal.

Dengan melihat data daya tampung dan peminat SNBP ITK tahun lalu, tentu ini akan membantu kamu untuk memilih jurusan dan memprediksi peluang kelulusan kamu pada jurusan tersebut.

Tentang ITK

Institut Teknologi Kalimantan atau yang biasa disingkat dengan ITK adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berorientasi pada teknologi dan berlokasikan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

ITK merupakan perguruan tinggi negeri yang tergolong baru, didirikan pada 6 Oktober 2014 secara langsung oleh Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden Indonesia saat itu. 

Meski demikian, saat ini ITK secara institusional suda terakreditasi "B" berdasarkan SK No. 385/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 yang diterbitkan oleh BAN PT.

Saat ini ITK sedang berbenah dan terus melakukan pengembangan hingga ekspansi secara keseluruhan. hal ini dibuktikan dengan terjalinnya kerja sama antara Institut Teknologi Kalimantan dengan kampus lainnya, industri, instansi dan pemerintahan. Ekspansi ini bertujuan untuk memajukan mutu Pendidikan bagi mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan.

Daya Tampung dan Peminat SNBP ITK

Daya Tampung dan Peminat SNBP ITK 2023

Daya Tampung adalah jumlah maksimal mahasiswa yang dapat diterima oleh sebuah program studi pada suatu PTN. Peminat adalah jumlah calon mahasiswa yang mendaftar program studi atau universitas tersebut sebagai pilihan mereka dalam proses penerimaan. Jika jumlah peminat melebihi daya tampung, maka akan terjadi seleksi atau tes seleksi untuk menentukan siapa yang akan diterima sebagai mahasiswa.

Berikut ini adalah data daya tampung dan peminat SNBP ITK terbaru yang kami sadur dari sumber resmi LTMPT:

JURUSAN JENJANG DAYA TAMPUNG 2023 PEMINAT 2022 JENIS PORTOFOLIO
ARSITEKTUR S1 25 114 -
BISNIS DIGITAL S1 20 151 -
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL S1 24 0 Seni Rupa, Desain, dan Kriya
FISIKA S1 16 14 -
ILMU AKTUARIA S1 24 46 -
INFORMATIKA S1 35 203 -
MATEMATIKA S1 22 29 -
PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA S1 35 192 -
REKAYASA KESELAMATAN S1 21 131 -
SISTEM INFORMASI S1 35 206 -
STATISTIKA S1 34 64 -
TEKNIK ELEKTRO S1 40 131 -
TEKNIK INDUSTRI S1 49 157 -
TEKNIK KELAUTAN S1 27 17 -
TEKNIK KIMIA S1 50 102 -
TEKNIK LINGKUNGAN S1 50 70 -
TEKNIK LOGISTIK S1 25 23 -
TEKNIK MATERIAL DAN METALURGI S1 45 96 -
TEKNIK MESIN S1 25 187 -
TEKNIK PERKAPALAN S1 50 65 -
TEKNIK SIPIL S1 20 152 -
TEKNOLOGI PANGAN S1 40 24 -

Tips Lolos SNBP ITK 2023

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu lolos SNBP ITK:

  1. Fokus pada prestasi akademik: Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk lolos SNBP adalah dengan memperbaiki prestasi akademik kamu selama di sekolah menengah atas. Ini termasuk mendapatkan nilai yang tinggi pada setiap mata pelajaran yang dianggap penting oleh jurusan perguruan tinggi yang kamu inginkan.
  2. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati: Kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati dapat membantu meningkatkan kualifikasi kamu dan menunjukkan minat yang serius terhadap bidang tersebut.
  3. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya: Selain kegiatan yang terkait dengan bidang yang kamu minati, ikuti juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang dapat membantu meningkatkan kepribadian dan kemampuan kamu, seperti organisasi kepemudaan atau kegiatan olahraga.
  4. Mulai mempersiapkan dokumen yang diperlukan: Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan benar dan tepat waktu, seperti foto, transkrip nilai, dan surat keterangan dari sekolah.
  5. Jangan mengabaikan jalur lain: Meskipun kamu bergantung pada SNBP, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga jalur lain, seperti SNBT atau Ujian Mandiri, sebagai cadangan jika ternyata kamu tidak lolos SNBP.

Demikianlah daya tampung dan peminat SNBP ITK 2023 yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data daya tampung dan peminat SNBP ITK terbaru ini dapat membantu kamu ya.

Baca Juga: