Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Impian Agar Cepat Terwujud

Daftar Isi [Tampil]

cara-menentukan-impian-agar-cepat-terwujud

Cara Menentukan Tujuan Hidup -
Jika kamu mendengar impian dan tujuan hidup, mungkin kamu akan bertanya-tanya, "sebenernya apa sih tujuan hidup aku?" "apa ya impian gue?"

"Emangnya harus ya, punya tujuan hidup?" "Ah... aku mah orangnya apa adanya, hidup mah ngalir aja!"

Sebenarnya salah ngga salah juga sih kalo seseorang ngga punya tujuan hidup. Tapi alangkah baiknya kalo hidup itu punya tujuan dan target yang jelas supaya kamu ngga salah arah, apalagi sampe ga bisa memaknai dan kehilangan makna dalam hidup.

Temen-temen yang rupawan dan baik hati, tujuan hidup sebenarnya adalah suatu hal yang harus kita miliki, karena dengan tujuan hidup, kita akan lebih mudah dalam mencapai sesuatu yang kita idam-idamkan. Tujuan hidup dapat berupa karir yang sukses, kesehatan yang terjamin, pendidikan tinggi, maupun hal-hal yang mungkin kamu anggap penting dalam hidup.

Pentingnya Punya Impian yang Jelas

Ketika orang-orang ditanya "Mau jadi apa?", maka sebagian orang akan menjawab dengan jawaban-jawaban yang klise seperti "Aku mau jadi orang yang sukses" "Jadi kaya". Apa kamu salah satu diantaranya?

Bukan, itu bukan jawaban. Mimpi, cita-cita, target, dan tujuan hidup itu harus dicatat serinci mungkin. Target dan mimpi yang tidak jelas akan membuat tangga menuju kesana juga semakin abstrak. Ketika seseorang mempunyai mimpi yang jelas rinci dan terukur, maka mimpi akan semakin mudah untuk dicapai.

Impian itu harus direncankan dengan menentukan target yang ingin kamu capai. Target tahunan dipecah menjadi target bulanan, target mingguan, dan target harian. Dalam menuliskan target-target impianmu, rasakanlah seakan-seakan kamu sudah mencapainya, dengan kata lain tuangkanlah emosi kebahagiaan dalam tulisan tersebut. Karena ingatan yang dipengaruhi oleh emosi akan mudah untuk di rekam oleh otak bawah sadar.

Dengan adanya target-target tersebut maka, kamu akan bersemangat bangun di pagi hari untuk mencapai target harian kamu. Sehingga tubuh tidak bingung harus bergerak dan melakukan tindakan apa setiap harinya. Itulah pentingnya mencatat mimpi, target, tujuan, cita-cita.

Tempelkan target-target impian itu didinding kamar, yang ketika akan terus terbaca dan menjadi, memori bawah sadar.

cara-menentukan-impian-agar-cepat-terwujud

Bagaimana cara yang efektif dalam menentukan impian agar cepat terwujud?

Apakah kamu sekarang sedang membaca tulisan ini di awal tahun baru? Dan kamu sekarang sedang menentukan resolusi yang baru. Atau apakah sekarang kamu sedang meratapi betapa banyak impian, target hidup atau impian kamu yang belum terwujud dan kamu ingin tahu bagaimana caranya agar impian kamu itu cepat terwujud.

Sebelumnya tenangin dulu diri kamu ya. Karena ngga cuma kamu aja kok yang goalsnya banyak belum tercapai. Banyak orang yang mengalami hal yang sama tersebut. Nah berikut ini adalah cara menentukan impian yang mudah tercapai dengan metode SPTM (Spesifik, Positif, Tertulis, dan Menarik) ala Tung Desem Waringin (Pelatih Sukses No. 1 Di Indonesia).

1. Spesifik

Impian yang kamu targetkan harus spesifik. Impian itu harus dirinci dengan sejelas mungkin. Contoh impian yang tidak spesifik 'aku mau kaya atau aku mau punya banyak uang'.

Kaya yang dimaksud itu seperti apa? Seberapa banyak uang yang ingin kamu punya? Semuanya harus jelas dan terukur. Goals yang tidak spesifik sulit untuk dicapai karena kita tidak tahu langkah demi langkah apa yang harus diambil untuk mencapai target tersebut.

Contoh goals yang spesifik adalah seperti berikut:

'Aku mau gaji 10 juta per bulan dengan menjadi Akuntan di perusahaan Maju Jaya pada Juli 2025'.

Impian yang ditargetkan secara spesifik dan rinci dengan tanggalnya mudah untuk dipecah atau diturunkan lagi menjafi target-target bulanan hingga harian.

2. Positif

Impian itu harus dalam kalimat yang positif  tidak boleh negatif. Kalo kamu punya target 'aku tidak ingin miskin' kamu jadi miskin. Mengapa demikian? Karena otak bawah sadar kita 60-80% mengontrol tindakan kita ketimbang otak sadar kita.

Contoh kasus, pernah ga kamu pengen diet 'aku ga mau makan' tapi nyatanya secara sadar atau tidak kita malah makan pada saat itu. Atau coba sekarang kamu pejamkan mata dan jangan fikirkan tentang gajah. Ulangi kalimat itu "jangan pikirin gajah... jangan pikirin gajah... jangan pikirin gajah..." terus menerus. Ajaib, sekarang gajah itu malah tergambar jelas di pikiranmu.

Jadi dalam menentukan impian dan target hidup itu dalam kalimat yang positif.

3. Tertulis

Pak TDW pernah berkata mimpi yang tertulis itu punya kekuatan yang luar biasa. Ucap beliau berdasarkan pada penelitian orang yang menuliskan mimpinya akan jauh lebih sukses dari orang yang tidak menuliskan impiannya.

Menulis mimpi atau goals yang dicapai, usahakan dengan menambahkan alasan alasan yang kuat dan sertakan emosi kebahagiaan jika mimpi itu tercapai. Dan yang paling penting adalah untuk menyertakan emosi kesengsaraan jika mimpi itu gagal dicapai.

4. Menarik

Goals harus punya gairah. Gairah inilah yang akan terus memompa semangat kita saat kita lelah melalui proses-proses harian-bulanan untuk mencapai goal-goal yang telah kita tulis sebelumnya.

Hal inilah juga yang mengharuskan kita untuk menuliskan alasan dibalik impian yang kita idamkan. Dengan membayangkan kebahagiaan jika impian kita dapat tercapai akan memunculkan semangat disaat kita lelah dan bosan.

Nah itu tadi adalah  tips untuk kamu menentukan impian agar cepat terwujud dengan metode SPTM (Spesifik Positif Tertulis dan Menarik).

Gapapa kalo kamu punya mimpi atau goals atau resolusi yang setinggi-tingginya, karena gaada mimpi yang ketinggian kalo mau berusaha dan berdoa.