Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman Biologi Kelas 10 Lengkap (Link Download .ppt dan .pdf)

Daftar Isi [Tampil]

rangkuman-biologi-kelas-10-lengkap-ppt-pdf

Rangkuman Biologi Kelas 10 Lengkap - Pada artikel ini akan ditampilkan rangkuman biologi kelas 10 kurikulum 2013 revisi yang disertai link download. Kamu dapat mendownload file rangkuman biologi kelas 10  dalam format .pdf maupun .ppt.

BAB 1 Ruang Lingkup Biologi

[...]

Biologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang semua makhluk hidup dan kehidupan yang terjadi di dunia ini. Biologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni "bios" yang berarti kehidupan dan "logos" yang berarti ilmu.

Mengapa kita perlu mempelajari biologi? Karena kita akan selalu  menjumpai bahwa biologi akan mempengaruhi kehidupan kita baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan memahami biologi diharapkan kita selaku umat manusia akan memahami diri kita sebagai makhluk hidup, meningkatkan kualitas dan kesehatan hidup, serta lebih bijaksana lagi dalam memanfaatkan alam.

[...]

Baca selengkapnya atau download rangkuman biologi kelas 10 ruang lingkup biologi .pdf &.ppt. >>>DISINI<<<

BAB 2 Virus

Virus merupakan golongan mikroorganisme yang bersifat parasit dan dapat menginfeksi makhluk hidup lain. Virus akan merugikan organisme inan atau hostingnya jika sedang menginveksi.

Secara umum virus berukuran jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan bakteri. Tidak seperti makhluk hidup lainnya, virus tidak dapat bereproduksi di luar tubuh inangnya.

Virus tercatat memiliki reputasi sebagai penyebab penularan penyakit. Seperti pandemi Ebola pada tahun 2014 di Afrika, Pandemi Flu Babi (H1N1) pada tahun 2009 dan Pandemi Covid-19.

Virus-virus semacam ini tentu saja menjadi salah satu musuh bagi para ilmuan di dunia medis dan farmasi. Para peneliti terus mencari cara bagaimana cara membuat vaksin anti virus-virus tersebut agar bisa memotong mata rantai penularannya.

Virus pertama kali di ketahui oleh manusia lewat percobaan Dimitri Ivanovski. Pada tahun 1892 Dimitri Ivanovski pada dasarnya hanya mengulangi percobaan dari Jus Mayer, akan tetapi Dimitri menambahkan sedikit perubahan.

[...]

Baca selengkapnya atau download rangkuman biologi kelas 10 virus .pdf &.ppt. >>>DISINI<<<

Bab 3 Monera

Monera adalah organisme atu makhluk hidup yang hanya memiliki satu sel (uniseluler). Monera berasal dari bahasa Yunani yakni "moneres" yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah tunggal. Seperti namanya, struktur makhluk ini sangat sederhana yang hanya memiliki satu sel.

Monera memiliki ciri-ciri antara lain merupakan makhluk hidup bersel satu, berukuran lebih besar dari virus, dapat dilihat menggunakan mikroskop cahaya, memiliki inti sel prokariotik, tidak memiliki membran inti, memiliki dinding sel, memiliki membran sel, memiliki sitoplasma, memiliki ADN atau kromosom, dan beberapa monera memiliki ribosom.

Monera sendiri merupakan bagian dari kingdom animalia, artinya monera merupakan kelompokl hewan bukan tumbuhan. Monera dibedakan menjadi dua kelas yakni Archaeabacteria (bakteri purba) dan Eubakteria  (bakteri yang sesungguhnya). 

[...]

Baca selengkapnya atau download rangkuman biologi kelas 10 monera .pdf &.ppt. >>>DISINI<<<

Bab 4 Protista

Protista adalah organisme yang memiliki membran inti sel. Protista merupakan kingdom (klasifikasi makhluk hidup) yang mencakup organisme multiseluler dan organisme uniseluler. Perseberan hidup hidup protista ada yang hidup di air tawar, air laut, atau hidup sebagai parasit di organisme lain.

Protista dibedakan menjadi 3 kelompok yakni protista mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (alga) dan protista mirip jamur.

Protista mirip hewan atau yang biasa disebut dengan protozoa adalah protista yang dapat bergerak secara aktif layaknya hewan.

Protista mirip hewan atau protozoa memiliki ciri umum seperti berukuran mikroskopis (1 mikron), hidup berkoloni, meskipun bersel tunggal organisme ini hidup seperti layaknya hewan bersel banyak karena dalam selnya terdapat berbagai organel, berkembang biak dengan cara membelah diri, dan dapat bergerak aktif.

[...]

Baca selengkapnya atau download rangkuman biologi kelas 10 protista .pdf &.ppt. >>>DISINI<<<

Bab 5 Fungi

Fungi atau jamur adalah adalah nama kingdom (regnum) yang mencakup seluruh organisme eukariotik yang mencerna makanannya di luar tubuh lalu menyerapnya nutrisi makanan tersebut ke dalam sel-selnya. Eukariotik adalah organisme yang memiliki inti sel sejati atau mengandung organel yang terikat membran dan inti yang jelas.

Berdasarkan cara hidupnya jamur dibedakan menjadi dua macam, yakni saprofit dan parasit.

Fungi memiliki ciri-ciri antara lain; memiliki spora, mudah tumbuh di lingkungan yang sedikit asam, tidak memiliki klorofil, berkembang biak secara aseksual dan seksual, memiliki inti sel sejati, dan memiliki hifa (benang).

Jamur bereproduksi menggunakan spora. Jamur atau fungi dapat bereproduksi secara seksual dan aseksual. Siklus hidup jamur secara aseksual menghasilkan mitospora sedangkan siklus hidup jamur secara seksual menghasilkan mitospora. Meskipun kedua spora tersebut dihasilkan oleh miselium yang sama, kedua spora tersebut memiliki bentuk yang berbeda.

Fase aseksual fungi biasanya terjadi sebelum fase seksual dalam siklus hidup mereka dan mungkin sering berulang sebelum fase seksual muncul.

[...]

Baca selengkapnya atau download rangkuman biologi kelas 10 fungi .pdf &.ppt. >>>DISINI<<<

Bab 6 Keragaman Hayati

Keanekaragaman hayati adalah variasi di antara makhluk hidup dari berbagai sumber mulai dari gen, spesies, hingga ekosistem.

Secara umum tingkatan keanekaragaman hayati di bagi menjadi  3 yakni tingkat genetik, tingkat individu, dan tingkat ekosistem.

Dalam  setiap  sel  organisme atau makhluk hidup  terdapat  substansi  genetik  yang  disebut gen. Gen dapat ditemukan di dalam kromosom yang ada di inti sel.

Keanekaragaman tingkat gen terjadi akibat adanya variasi gen atau struktur urutan gen dalam suatu spesies makhluk hidup.

Gen sendiri adalah faktor pembawa sifat keturunan yang terdapat di dalam kromosom. Setiap urutan susunan gen akan memberikan ekspresi, baik anatomi atau pun fisiologi, pada setiap organisme.

Bila susunan urutan gen berbeda, maka penampakan suatu organisme juga akan berbeda.

[...]

Baca selengkapnya atau download rangkuman biologi kelas 10 keaneka ragaman hayati .pdf &.ppt. >>>DISINI<<<

Bab 7 Plantae

Plantae atau bisa juga disebut sebagai tumbuhan adalah kingdom dari organisme eukariotik multiseluler yang memiliki dinding sel dan klorofil. Klorofil adalah zat yang digunakan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.

Plantae memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki sel banyak (multiseluler)
  • Autorotof atau bisa menghasilkan makanannya sendiri
  • Memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa
  • Dapat menympan makanan
  • Dapat melakukan fotosintesis
  • Memiliki akar
  • Bereproduksi aseksual atau seksual
  • Memiliki daun
  • Memiliki klorofil
[...]

Baca selengkapnya atau download rangkuman biologi kelas 10 plantae .pdf &.ppt. >>>DISINI<<<

Bab 8 Animalia

Animalia adalah kingdom yang mencakup seluruh organisme eukariotik yang multiseluler. Animalia merupakan kelompok makhluk hidup yang sangat beragam baik dari wujud, ukuran, maupun warna.

Organisme yang masuk ke dalam kingdom animalia tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri dan pada umumnya dapat bergerak (motil).

Pada umumnya animalia memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Bersel banyak
  • Selnya bersifat eukariotik atau memiliki inti sel yang dibatasi oleh dinding sel.
  • Heterotof atau tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri.
  • Motil atau dapat bergerak secara aktif.
  • Animalia pada umumnya bereproduksi secara seksual.
  • Memiliki ragam bentuk yang sangat bervariasi.

Berdasarkan keberadaan tulang belakangnya, animalia dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yakni vertebrata (hewan bertulang belakang) dan avertebrata atau invertebrata (hewan yang tidak memiliki tulang belakang).

Kingdom animalia dibedakan menjadi beberapa filum yang meliputi Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata dan Chordata.

[...]

Baca selengkapnya atau download rangkuman biologi kelas 10 animalia .pdf &.ppt. >>>DISINI<<<

Bab 9 Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik yang tak terpisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Ekosistem merupakan suatu tatanan kesatuan yang secara utuh dan menyeluruh anatara segenap unit dan komponen penyusun unsur kehidupan yang saling mempengaruhi.

Ekosistem merupakan manifestasi dari gabungan setiap unit biosistem. Ekosistem melibatkan interaksi hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungan fisik sehingga aliran energi yang ada di dalamnya menuju pada suatu titik siklus materi antara organisme dan anorganisme.

Matahari sebagai sumber energi dari segala sumber energi, berperan sangat penting dalam perkembangan lingkungan fisik suatu ekosistem.

Di dalam kehidupan, ekosistem tidak akan terlepas dari adanya keseimbangan di dalam interaksi timbal balik yang terjadi di dalamnya.

Komponen ekositem teridiri dari komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (benda mati).

[...]

Baca selengkapnya atau download rangkuman biologi kelas 10 ekosistem .pdf &.ppt. >>>DISINI<<<

Bab 10 Pelestarian Lingkungan

Apa saja aktivitas manusia yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan? Beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan diantaranya adalah  rotasi tanaman, pemberantasan hama secara biologis, menebang hutan dengan sistem tebang pilih, memanfaatkan sistem pertanian organik, penghijauan dan reboisasi.

Reboisasi adalah upaya pelestarian alam yang dilakukan dengan cara menanam kembali atau melakukan penghijauan di hutan gundul.

Penghijauan dan reboisasi dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan dan menjaga keseimbangan alam. Dengan adanya hutan, tanaman, dan taman kota tentu akan sangat membantu pengaturan suhu udara dan kebersihan lingkungan di sekitarnya.

Apa yang dimaksud dengan rotasi tanaman? Rotasi tanaman adalah upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan dengan cara menggilir budidaya lebih dari satu jenis tanaman yang berbeda dalam waktu yang tidak bersamaan. Rotasi tanaman bertujuan untuk menjaga kesuburan tanah, memelihara keseimbangan unsur hara dan memperkecil resiko gagal panen.

Baca selengkapnya atau download rangkuman biologi kelas 10 pelestarian lingkungan .pdf &.ppt. >>>DISINI<<<