Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Biologi Kelas 10 Pelestarian Lingkungan Bab 10 Kurikulum 2013 Revisi

Daftar Isi [Tampil]

rangkuman-biologi-kelas-10-pelestarian-lingkungan-kurikulum-2013-revisi

Rangkuman Biologi Kelas 10 Pelestarian Lingkungan - 
Artikel ini akan manampilkan rangkuman atau ringkasan dari materi Biologi kelas 10 bab 9 tentang Pelestarian Lingkungan.

Apa saja aktivitas manusia yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan? Beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan diantaranya adalah  rotasi tanaman, pemberantasan hama secara biologis, menebang hutan dengan sistem tebang pilih, memanfaatkan sistem pertanian organik, penghijauan dan reboisasi.

Penghijauan dan Reboisasi

Reboisasi adalah upaya pelestarian alam yang dilakukan dengan cara menanam kembali atau melakukan penghijauan di hutan gundul.

Penghijauan dan reboisasi dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan dan menjaga keseimbangan alam. Dengan adanya hutan, tanaman, dan taman kota tentu akan sangat membantu pengaturan suhu udara dan kebersihan lingkungan di sekitarnya.

Rotasi Tanaman

Apa yang dimaksud dengan rotasi tanaman? Rotasi tanaman adalah upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan dengan cara menggilir budidaya lebih dari satu jenis tanaman yang berbeda dalam waktu yang tidak bersamaan. Rotasi tanaman bertujuan untuk menjaga kesuburan tanah, memelihara keseimbangan unsur hara dan memperkecil resiko gagal panen.

Pemberantasan Hama secara Biologis 

Pemberantasan hama sering dilakukan dengan menggunakan pestisida atau zat-zat kimia berbahaya. Hal ini tentu akan merusak keseimbangan ekosistem lingkungan. Pemberantasan hama secara biologis dapat membantu menjaga keseimbangan populasi dalam ekosistem. Contoh pemberantasan hama secara biologis adalah penggunaan sistem jantan mandul.

Menebang Hutan dengan Sistem Tebang Pilih

Penebangan dengan memilih pohon yang sudah matang dan layak untuk ditebang, sistem ini akan lebih efektif jika disertai dengan penanaman bibit kembali untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Pemanfaatan Sistem Pertanian Organik

Sistem pertanian organik dilakukan dengan cara penggunaan bahan-bahan organik, tanpa bahan kimiawi buatan sama sekali. Dengan cara ini sistem pertanian akan jauh lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia dan tidak mencemari lingkungan.

Kerusakan Lingkungan

Apa saja kegiatan manusia yang dapat merusak lingkungan? Ada banyak sekali kegiatan manusia yang dapat merusak ekosistem dan keseimbangan alam diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pembalakan Liar akan menurunkan fungsi hutan seperti mencegah erosi, memengaruhi kesuburan tanah, memengaruhi persediaan air tanah dan oksigen, serta menjaga suhu bumi.
  • Intensifikasi Pertanian, pembukaan lahan baru untuk meningkatkan laju prduksi pertanian modern  dapat merusak alam jika tidak dilakukan dengan bijaksana.
  • Pembangunan Pemukiman di Lahan Pertanian, pembangunan pemukiman yang cenderung menutup sebagian besar lapisan tanah dengan lapisan beton akan menghalangi proses peresapan air yang kemungkinan besar dapat menyebabkan bencana banjir.
  • Pembuangan limbah, pabrik yang membuang limbah sembarangan tentu akan mengganggu ekosistem dan menyebabkan pencemaran.

Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan merupakan faktor utama penyebab terjadinya kerusakan keseimbangan lingkungan, Zat yang dapat mencemarkan lingkungan disebut dengan polutan. Suatu zat dapat dikatakan polutan apabila jumlahnya melebihi jumlah normal sehingga dapat mengganggu keberlangsungan hidup organisme pada suatu ekosistem.

Berdasarkan bahan pencemarnya, pencemaran dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Pencemaran kimiawi, yaitu pencemaran yang disebabkan oleh zat-zat kimia seperti detergen, pupuk, dan berbagai zat radioaktif contohnya Pb, Ni, As, dan Cd.
  • Pencemaran fisik, yaitu pencemaan yang disebabkan oleh zat padat seperti botol dan plastik.
  • Pencemaran biologi, yaitu pencemaran yang disebabkan oleh keberadaan mikroorganisme yang merugikan.

Berdasarkan tempat terjadinya, pencemaran dapat dibedakan menjadi 3 jenis diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pencemaran udara, yaitu pencemaran di udara biasanya disebabkan oleh keberadaan berlebih zat-zat seperti gas CO, gas CO2, NO2, SO2, CFC, dan asap.
  • Pencemaran air, biasanya disebakan oleh pembuangan limbah industri, limbah rumah tangga, limbah pertanian dan minyak.
  • Pencemaran tanah, biasanya diakibatkan oleh pembuangan pestisida secara sembarang yang menyebabkan terganggunya kehidupan mikroorganisme pengurai.

Daur Ulang Limbah

Limbah sebenarnya dapat di manfaatkan kembali agar tidak merusak lingkungan. Daur ulang limbah dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Pengolahan limbah anorganik dapat diolah menjadi produk setengah jadi maupun produk jadi. Contohnya sampah plastik dapat didaur ulang menjadi ember, baskom, dan tempat pensil. Sedangkan sampah atau limbah kertas dapat didaur ulang menjadi kertas daur ulang.
  • Limbah organik dapat diolah menjadi kompos maupun bahan bakar biogas. Selain untuk mengatasi masalah sampah, daur ulang limbah organik menghasilkan pupuk organik yang aman bagi lingkungan dan dapat meningkatkan produksi pertanian.
  • Limbah organik, seperti batok kelapa dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tangan yang bernilai ekonomis tinggi.