Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap dan Mudah!

Daftar Isi [Tampil]

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap dan Mudah!

Halo sobat apa kabarnya? Pada artikel ini marikuliah.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar.

Apakah seorang pelajar atau mahasiswa yang sering mendapatkan tugas makalah dari sekolah atau kampus?

Kamu mungkin sudah mengumpulkan tugas makalah, tapi masih bingung bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar.

Ya begitulah di era digital seperti sekarang ini, banyak pelajar atau mahasiswa yang masih saja belum mengerti cara membuat makalah karena mengumpulkan tugas hanya sebatas copy paste saja.

Tapi tenang, kamu sekarang sedang membaca artikel yang tepat. Tapi sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat makalah, kita bahas terlebih dahulu apa itu makalah agar kamu dapat dengan mudah meengerjakan makalah pada tugas-tugas berikutnya.

Yuk simak pemabahasannya sampai akhir agar kamu dapat mengerti bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar!

Apa itu makalah?

Makalah adalah uraian tertulis atau sebuah karya ilmiah yang mengemukakan sebuah pembahasan untuk mendapatkan pembahasan yang lebih lanjut.

Makalah juga dapat di definisikan sebagai sebuah tulisan resmi yang membahas suatu pembahasan pokok yang dimaksudkan untuk dipaparkan di muka umum.

Jika dalam lingkungan sekolah, makalah juga dapat juga diartikan sebagai tulisan ilmiah yang sering di buat oleh siswa.

Biasanya makalah ditujukan untuk keperluan tugas sekolah atau kuliah. Makalah itu harus di tulis berdasarkan kajian teoritis dan data yang empiris. Makalah yang kamu tulis haruslah bersifat ilmiah, artinya kamu tidak boleh menulis makalah hanya dengan menurut pendapat pribadi kamu.

Jenis-jenis Makalah

Berikut ini adalah pengertian dari berbagai macam makalah:

1. Makalah Ilmiah

Makalah ilmiah adalah sebuah karya tulis imliah yang membahas suatu pokok permasalahan dari hasil studi atau riset ilmiah. Isi dari makalah jenis ini harus murni bedasarkan dari hasil olah data, sehingga kamu tidak boleh menulisnya berdasarkan pendapat pribadi kamu.

2. Makalah Kerja

Makalah kerja adalah makalah yang di tulis dari hasil sebuah penelitian pekerjaan. Berbeda dengan makalah ilmiah, pada jenis makalah ini masih memungkinkan penulis untuk memberikan opininya yang bersifat subjektif dari pokok permasalahan yang di bahas.

3. Makalah Analisis

Makalah Analisis adalah sebuah makalah yang ditulis berdasarkan sebuah analisis yang sifatnya objektif.

4. Makalah Tanggapan

Makalah tanggapan adalah jenis makalah yang paling sering di dapatkan oleh para pelajar atau mahasiswa sebagai tugas. Makalah jenis ini berisi tanggapan atau reaksi dari penulis terhadap suatu permasalahan atau tema yang diberikan oleh guru atau pun dosen.

Struktur Makalah

Setelah kamu mengetahui apa itu makalah dan pengertian berbagai jenis makalah, kini saatnya kamu mengetahui tentang tahapan dalam cara membuat makalah yang baik dan benar.

Nah tahapan awal dalam membuat makalah yang baik dan benar adalah mengetahui seperti apa struktur makalah.

Apa aja sih struktur makalah?

1. Cover

Cover makalah adalah sampul atau halaman muka yang memuat judul, logo sekolah atau kampus, identitas penulis, serta tempat dan tahun terbitnya makalah tersebut.

Biasanya aturan dalam membuat cover makalah yang baik dan benar adalah dengan menggunakan full rata tengah. Tapi ini bergantung dari kebijakan masing-masing sekolah atau kampus kamu ya!

Nah berikut ini adalah contoh cover makalah yang baik dan benar:

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

2. Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan bagian penting yang harus ada dalam sebuah makalah. Kata pengantar adalah sebuah halaman yang berfungsi sebagai pengantar agar pembaca memiliki pandangan umum terhadap makalah yang kamu tulis.

Sebenarnya ada banyak sekali cara dalam menulis kata pengantar makalah, dalam bagian ini yang penting adalah bagaimana kamu memberikan gambaran umum terhadap pembaca tentang karya tulis yang kamu buat.

3. Daftar Isi

Pada sebuah makalah daftar isi adalah sebuah halaman yang memuat informasi halaman dari konten yang tersaji pada makalah yang kamu tulis.

Fungsi dari daftar isi adalah untuk memudahkan pembaca dalam menemukan konten tertentu, maka dari itu kamu perlu memberikan keterangan halaman pada setiap bab maupun sub-bab yang ada pada makalah kamu.

Nah berikut ini adalah contoh daftar isi makalah yang baik dan benar:

Contoh Daftar Isi - Cara Membuat Makalah yang Baik dan Bena

Nah bagaimana sobat, apakah sampai saat ini kamu mulai memahami cara membuat makalah yang baik dan benar? Coba sseruput dulu kopinya jika sudah mulai ngantuk, hehehe...

4. Pendahuluan

Struktur makalah yang selanjutnya adalah pendahuluan, pendahuluan biasanya terdiri dari 3 sub-bab yakni latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.

a. Latar Belakang

Latar belakang adalah sebuah bagian dari makalah yang berisi tentang masalah yang melatar belakangi mengapa makalah ini kamu tulis. Beberpa pertanyaan umum yang biasa terdapat dalam sebuah makalah adalah sebagai berikut:

  • Mengapa kamu membahas topik tersebut?
  • Untuk apa kamu membahas topik tersebut?
  • Apakah topik ini penting untuk dibahas?
Pertanyaan ini bukan serta merta dalam bentuk kalimat tanya ya. Kamu harus bisa menjabarkan kalimat diatad dalam bentuk paragraf yang menarik untuk di baca.

Latar belakang yang kamu buat haruslah jelas dan mudah untuk di mengerti. Yang penting dalam latar belakang ini adalah alasan mengapa kamu membahas suatu topik tertentu, bisa juga kamu tambahkan data pendukung untuk memperkuat argumen pertanyaan kamu.

Contoh Latar Belakang:

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar - contoh latar belakang

b. Rumusan Masalah

Nah rumusan masalah ini adalah beberapa pertanyaan yang nantinya akan kamu jelaskan pada bagian pembahasan.

Rumusan masalah dapat digunakan agar kamu tidak terlalu melebar dalam membahas suatu topik.

Begini contohnya:

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap dan Mudah!
Baca Juga: Cara Membuat Rumusan Masalah


c. Tujuan Kepenulisan

Ya sebagaimana namanya, tujuan makalah adalah bagian dari makalah yang memuat tujuan dibuatnya kalah tersebut.

Tujuan ini bisa kamu tulis secara singkat padat dan jelas. Atau kamu juga bisa mengubah kalimat tanya dari rumusan masalah menjadi kalimat jawaban dari pertanyaan tersebut.

Begini contohnya:

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap dan Mudah!
5. Pembahasan

Pembahasan makalah adalah bagian terpenting dari sebuah makalah. Bagian ini memuat konten uraian pokok dari permasalahan yang akan kamu bahas pada makalah yang kamu tulis.

Kamu harus menyesuaikan bagian ini dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan yang telah kamu buat sebelumnya.

Isi dari dari bab ini biasanya mencakup landasan teori, uraian materi, serta solusi dari penyelesaian dari suatu masalah.

6. Penutup

Bagian penutup makalah bisanya terdiri dari dua konten yakni:

a. Kesimpulan

Kesimpulan adalah bab yang memuat konten ringkasan dari hasil pembahasan yang telah kamu tulis.

Untuk menulis bagian ini kamu bisa mengalisis poin penting pada bagian-bagian isi makalah yang telah kamu tulis atau bahas.

b. Saran

Saran merupakan bagian makalah yang ditujukan kepada pembaca. Saran dapat berisi harapan kamu agar makalah yang kamu buat dapat bermanfaat bagi orang lain atau pembaca.

7. Daftar Pustaka

Daftar Pustaka adalah bagian makalah yang berisi referensi yang kamu gunakan dalam menulis sebuah makalah.

Daftar rujukan ini dapat berupa jurnal ilmiah, buku, atau informasi yang kamu dapatkan dari internet. Sebagai catatan, kamu harus mengambil inforamsi yang valid jika kamu mengambil referensi dari internet. Kamu bisa mengambil topik dari Scribd.com atau Academia.edu.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Setelah kamu mengetahui pengertian dan struktur makalah kini saatnya kita masuk ke pembahasan inti yakni cara membuat makalah yang baik dan benar.

1. Menentukan Tema Pembahasan

Dalam membuat makalah yang baik dan benar pertama-tama kamu harus menentukan terlebih dahulu topik apa yang akan kamu bahas. Biasanya kamu sudah di mudahkan oleh dosen atau guru kamu dalam memilih suatu topik pembahasan.

Nah sebisa mungkin, kamu tentukan tema yang sudah kamu kuasai agar kamu bisa menghemat waktu dalam mengerjakan makalah ini.

2. Menentukan Judul Makalah

Setelah menemukann topik atau tema yang ingin kamu bahas dalam makalah kamu, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan judul makalah.

Buatlah judul dengan singkat, padat dan jelas. Jangan luap untuk menuliskan judul makalah dengan semenarik mungkin, apa lagi jika makalah yang kamu buat di tujukan untuk suatu perlombaan.

Selain itu buatlah judul makalah yang sesuai dengan tema yang kamu akan bahas.

3. Kumpulkan Bahan Rujukan

Setelah selesai dengan tema dan judul, langkah cara menulis makalah yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan mengumpulkan bahan-bahan referensi.

Seperti sudah di jelaskan di atas, referensi ini bisa kamu dapatkan dari jurnal ilmiah, buku, dan informasi valid yang tersedia di internet.

Sekalii lagi kamu harus memilih sumber yang jelas dan dapat dipertaanggung jawabkan jika kamu mengambil bahan dari internet.

4. Tulis Makalah yang Baik dan Benar

Cara menulis makalah yang baik dan benar adalah dengan menuliskannya dengan sistematis, artinya kamu menulis makalahs sesuai dengan struktur makalah yang sudah dijelaskan di atas.

Tulis makalah mulai dari pendahuluan, tidak melebar dan fokus pada permasalahan atau topik yang sedang kamu bahas, dan terakhir tulis kesimpulan yang jelas.

Dalam menulis makalah yang baik dan benar kamu harus berdasarkan data dan fakta yang akurat. Sehingga makalah yang kamu tulis dapat dipertanggung jawabkan keakuratannya.

5. Sunting atau Review

Setelah selesai menuliskannya, jangan lupa untuk menyunting makalah kamu. Jangan terburu-buru untuk mempublish atay mengumpulkannya.

Cobalah untuk mengeceknya kembali, biasanya ada saja salah kepenulisan atau typo. Kamu harus teliti dalam mengecek kesalahan dalam ejaann, bahasa dan format makalah yang telah ditentukan oleh guru atau dosen kamu seperti font dan margin.

Setelah yakin semuanya telah beres, kamu boleh mengumpulkannya.

KESIMPULAN

Cara menulis makalah yang dan benar ini dapat kamu jadikan referensi jika kamu bingung dalam menulis makalah.

Hal terpenting dari pembahasan kali ini adalah kamu harus memperhatikan bebebrapa hal penting dan struktur makalah untuk mempermudah penyusunannya serta memperjelas isi konten dari makalah kamu.

Selain struktur makalah, kamu juga harus memperhatikan tata bahasa, ejaan dan sumber referensi yang kamu gunakan.

Sekian pembahasan mengenai cara membuat makalah yang baik dan benar. Jangan lupa share artikel ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat.

Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa mengerti bagaimana cara menulis makalah yang baik dan benar. Terimakasih telah berkunjung.