Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rata Rata Skor UTBK PENS Minimal untuk Lolos SNBT 2024

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Halo sobat pejuang kampus! Pada artikel ini kami akan membagikan skor UTBK  PENS untuk lolos SNBT 2024.

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu tes yang wajib diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Memahami skor UTBK PENS menjadi sangat penting bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke PTN vokasi ini.

Skor UTBK PENS Terbaru

Sejarah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Awal mula PENS dimulai pada tahun 1984 dengan hibah dari JICA untuk pembangunan politeknik di Indonesia. ITS terpilih sebagai penerima hibah dan menyediakan lahan.

Setelah melalui proses perencanaan dan pembangunan yang matang, Politeknik Elektro (PET) diresmikan pada tahun 1988. Dukungan JICA dalam bentuk hibah dan tenaga ahli sangatlah instrumental dalam perkembangan awal politeknik ini.

JICA tidak hanya membantu dalam pembangunan fisik, tetapi juga dalam pembentukan budaya akademik dan peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa.

Standar kualitas tinggi yang diterapkan JICA menjadi fondasi kuat bagi PET. Dosen-dosen PET, baik yang berasal dari ITS maupun rekrutan baru, memainkan peran penting dalam mengawal proses pembangunan dan menyiapkan kurikulum yang sesuai.

Seiring perkembangannya, PET bertransformasi menjadi Politeknik Elektronika Surabaya (PES) pada tahun 1992 dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada tahun 1996.

PENS terus berkembang sebagai pusat unggulan pendidikan teknologi rekayasa dengan visi dan misi yang kuat untuk menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi dan berperan aktif dalam pengembangan sistem pendidikan politeknik di Indonesia.

Dukungan JICA dan kemandiriannya sebagai institusi pendidikan mandiri menjadi pijakan kokoh bagi PENS untuk terus maju dan berinovasi dalam mendidik generasi penerus bangsa yang berkualitas.

PENS menjadi bukti nyata komitmen JICA dalam mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Dari hibah awal hingga transformasi menjadi institusi pendidikan mandiri yang terdepan di bidang teknologi rekayasa, PENS telah menorehkan sejarah gemilang dan siap untuk terus berkontribusi dalam membangun bangsa.

Daftar Skor UTBK Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Nah berikut ini adalah daftar skor UTBK Politeknik Elektronika Negeri Surabaya:

PRODI JENJANG SKOR UTBK
TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI D3 513,31
TEKNIK ELEKTRONIKA D3 506,28
TEKNIK INFORMATIKA D3 530,33
TEKNIK INFORMATIKA (KAMPUS KAB LAMONGAN) D3 492,58
TEKNIK INFORMATIKA (KAMPUS KAB SUMENEP) D3 487,90
TEKNIK TELEKOMUNIKASI D3 493,99
TEKNOLOGI MULTIMEDIA BROADCASTING (KAMPUS KAB LAMONGAN) D3 492,11
TEKNOLOGI MULTIMEDIA BROADCASTING (KAMPUS KAB. SUMENEP) D3 491,21
TEKNOLOGI MULTIMEDIA DAN BROADCASTING D3 521,15
SAINS DATA TERAPAN D4 565,10
SISTEM PEMBANGKIT ENERGI D4 512,10
TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI D4 578,62
TEKNIK ELEKTRONIKA D4 559,98
TEKNIK INFORMATIKA D4 581,82
TEKNIK KOMPUTER D4 549,78
TEKNIK MEKATRONIKA D4 547,57
TEKNIK TELEKOMUNIKASI D4 518,08
TEKNOLOGI GAME D4 548,63
TEKNOLOGI REKAYASA INTERNET D4 530,03
TEKNOLOGI REKAYASA MULTIMEDIA D4 525,78

Memahami Penilaian UTBK

UTBK terdiri dari tiga tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Literasi Bahasa Indonesia (TLBI), dan Tes Matematika Dasar (TMD). Setiap tes memiliki nilai minimum dan maksimum, serta dihitung dalam skala persentil.

Skor TPS menunjukkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Skor TLBI menunjukkan kemampuan memahami dan menganalisis bacaan Bahasa Indonesia. Skor TMD menunjukkan kemampuan dasar matematika.

Strategi Meningkatkan Skor UTBK PENS

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan skor UTBK agar lolos di SNBT:

  • Pahami format dan materi tes UTBK.
  • Gunakan sumber belajar dan latihan soal yang berkualitas.
  • Latih soal secara rutin dan terukur.
  • Pahami cara menjawab soal UTBK dengan efektif.
  • Jaga kesehatan dan stamina selama persiapan UTBK.
Disclaimer:

  • Data skor UTBK PENS ini merupakan data perhitungan statistik survey, sehingga validasi dari data ini dikembalikan lagi kepada para penginput data. Jika ada data jurusan yang tidak dijumpai pada data diatas berarti belum ada responden yang bersedia untuk mengisinya.