Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah USK 2024 (UKT + SPI)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini kami akan membahas mengenai biaya kuliah USK 2024. Dibandingkan dengan perguruan tinggi lain di Indonesia, USK termasuk salah satu perguruan tinggi paling terjangkau.

Sebut saja program studi terpopuler, seperti pendidikan kedokteran dan kedokteran gigi. Melalui jalur reguler, biaya per semester untuk program studi ini sekitar 14 juta rupiah, dua kali lebih murah dari kebanyakan perguruan tinggi lain.

Biaya Kuliah USK 2024

Layaknya PTN pada umunya, untuk masuk USK kamu bisa mengikuti jalur SNBP, SNBT atau jalur mandiri.

USK kini telah menggunakan sistem UKT Berkeadilan atau UKTB. UKT atau kependekan dari "uang kuliah tunggal", adalah sistem pembayaran yang saat ini berlaku untuk semua perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Ketentuan ini diberlakukan berdasarkan Permendikbud No. 55 Tahun 2013 pasal 1 ayat 3, yakni setiap mahasiswa hanya membayar satu komponen pembayaran saja per semester (jadi tidak ada uang bangunan, spp, biaya praktikum, dll).

UKT USK ini dibagi menjadi beberapa golongan dan secara umum biaya kuliah ini akan menyesuaikan dengan kondisi dan latar belakang ekonomi calon mahasiswa (subsidi silang). Sehingga biaya kuliah USK 2024 diharapkan bisa terjangkau untuk segala golongan.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi orang yang memasuki jalur USM (Ujian Seleksi Mandiri).

biaya kuliah unsyiah 2023

Biaya Kuliah USK 2024 - Jalur SNBP dan SNBT

Berikut ini adalah tabel biaya kuliah USK 2024 pada masing-masing program studi yang ada di USK yang dapat kalian lihat di bawah ini:

Biaya Kuliah USK 2024 - Jalur Mandiri

Sepertid dikutip dari laman usk.ac.id, besaran biaya kuliah jalur mandiri di USK bisa mencapai angka Rp 30 juta. 

Biaya kuliah USK paling rendah untuk jenjang S1 jalur mandiri ada di Fakultas Hukum dan FISIP, yaitu sebesar Rp 4,5 juta. Sementara untuk jenjang D3 jalur mandiri, biaya yang paling rendah adalah Program Studi D3 Kedokteran Hewan yang hanya membebankan uang kuliah sebesar Rp1,8 juta tiap semester.

Berikut rincian biaya kuliah USK 2024 jalur mandiri:

Sumber: www.usk.ac.id

Sekian pembahasan mengenai besaran UKT USK 2024 yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Disclaimer:

Kami sebisa mungkin untuk memberikan data biaya kuliah USK ter-update. Namun biaya kuliah atau UKT USK dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan PTN tersebut. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.usk.ac.id!