Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Kuliah UKT Unsil 2023 (Universitas Siliwangi)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan dibahas mengenai besaran biaya kuliah UKT UNSIL 2023.  Besaran biaya di kuliah UNSIL sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) untuk jalur masuk mahasiswa baru SNBP dan SNBT.

UKT merupkan biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain.

Dengan adanya sistem UKT UNSIL 2023, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

Dengan sistem UKT UNSIL 2023, mahasiswa tidak akan lagi dibebankan dengan pungutan selama menempuh pendidikan kuliah di Universitas Riau dengan dalih apapun.

biaya kuliah unsil 2023

Biaya Kuliah UKT UNSIL 2023

Sejak tahun 2014, status Unsil resmi berubah menjadi perguruan tinggi negeri berdasarkan Perpres Nomor 24 Tahun 2014.

Sebagai akibatnya, semua pembiayaan atau pengadaan biaya yang diperlukan bagi keberlangsungan aktivitas pendidikan di Unsil dibebankan pada APBN.

Setelah resmi menjadi PTN, kemudian Unsil menerapkan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) untuk mekanisme pembiayaan kuliah.

UKT adalah biaya kuliah yang mencakup uang almamater, uang praktikum, dan biaya penunjang-penunjang perkuliahan yang lain. Dengan adanya sistem UKT UNSIL, diharapkan tidak ada pungutan biaya lain lagi pada mahasiswa selama 8 semester masa perkuliahan.

UKT Unsil 2023 juga bisa didefinisikan sebagai sistem pembayaran subsidi silang. Artinya, pembayaran uang kuliah didasarkan pada taraf ekonomi dan jumlah aset yang dimiliki oleh orang tua atau wali yang menanggung mahasiswa yang bersangkutan.

Dengan adanya sistem UKT diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

UKT UNSIL 2023 - Jalur SNBP dan SNBT

Biaya kuliah untuk jalur reguler (SNBT dan SNBP) Unsil hanya membebankan UKT tanpa unag pangkal. UKT di Unsil sendiri terbagi menjadi VIII golongan dengan level tertinggi berada pada kisaran Rp. 5.000.000 - Rp. 8.000.000.

Pengelempokkan golongan UKT UNSIL ini didasarkan pada dokumen pendukung yang diberikan oleh pihak calon mahasiswa yang bersangkutan. Dokumen itu antara lain:

Surat Keterangan penghasilan kedua orang tua / wali / orang lain yang membiayai

  • Foto rumah tampak depan
  • Foto rumah tampak belakang
  • Foto rumah ruang keluarga
  • Foto MCK (Kamar mandi / WC).
Berikut rincian golongan UKT Unsil 2023:
tabel ukt unsil 2023

Biaya Kuliah UNSIL Jalur Mandiri 2023

Berbeda dengan jalur reguler, biaya kuliah Unsil jalur mandiri juga membebankan biaya uang pangkal atau SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi).

SPI ini juga dibedakan menjadi beberapa klaster diantaranya adalah:

  • Klaster 1 = Rp. 0 (nol rupiah);
  • Klaster 2 = Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah);
  • Klaster 3 = Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah);
  • Klaster 4 = Rp. 15.000.000,00 (lima belas juta rupiah);

Untuk mahasiswa Sarjana atau Diploma Hafidz Qur'an, mahasiswa tidak dibebankan SPI dan hanya dikenakan UKT golongan I (Rp. 500.000).

Sekian pembahasan mengenai besaran UKT UNSIL 2023 yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Disclaimer:

Kami sebisa mungkin untuk memberikan data biaya kuliah Unsil ter-update. Namun biaya kuliah atau UKT UNSIL dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan PTN tersebut. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.unsyiah.ac.id!

Mari Dibaca Juga: