Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) 2022

Daftar Isi [Tampil]

cara-daftar-beasiswa-ppa-peningkatan-prestasi-akademik

Cara Daftar Beasiswa PPA 2022 -
 Beasiswa PPA atau secara lengkap Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik  merupakan beasiswa yang di keluarkan dan di biayai oleh Kemendikbud Republik Indonesia yang ditujukan untuk para mahasiswa berprestasi pada bidang  akademik di tingkat sarjana dan diploma secara perorangan.

Beasiswa PPA telah ada sejak tahun 2012 melalui Undang-Undang No.12 tahun 2012 sebagai dasar hukumnya. Beasiswa PPA tersedia hampir di seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dan dibuka untuk mahasiswa tingkat semester 2 hingga semester 6.

Kuota yang disediakan untuk tiap perguruan tinggi memiliki nilai yang berbeda-beda dan uang yang diberikan juga berbeda-beda tergantung pada jenis perguruan tinggi yang kamu masuki. Namun pada umumnya kuota yang disediakan lebih dari 1000 beasiswa di tiap perguruan tinggi dengan jumlah uang total Rp.2.400.000,- per semester yang akan di keluarkan tiap bulan senilai Rp.400.000,-.

Kriteria dan Prasyarat Pendaftaran Beasiswa PPA 2022

Kemendikbud pada tahun 2020 memberikan beasiswa kepada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di tingkat sarjana dan diploma sebanyak 130 ribu beasiswa. Oleh karena itu kamu yang ingin daftar Beasiswa PPA tetap semangat ya. Terdapat beberapa hal yang menjadi Kriteria dan Prasyarat Beasiswa PPA 2022 seperti yang dijelaskan dibawah ini:

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa PTS di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) dengan ketentuan:
    • Program DIII: minimal semester II maksimal semester IV.
    • Program DIV/ S1: minimal semester II maksimal semester VI dan masih menjadi mahasiswa aktif sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan tahun anggaran belanja.
  2. Pada akhir bulan Desember tahun berjalan:
    • umur mahasiswa untuk D3: 18 – 23 tahun.
    • umur mahasiswa untuk D4/S1: 18 – 24 tahun.

(Sumber:lldikti6.kemendikbud.go.id)

Sekarang kamu sudah tau kan apa aja Kriteria dan Prasyarat Beasiswa PPA 2022, jika kamu memenuhi bagian dari Kriteria dan Prasyarat diatas maka kamu dapat melanjutkan ke pendaftaran Beasiswa PPA 2022. Bagaimana sih cara mendaftar  Beasiswa PPA 2022? Simak langkah-langkahnya sebagai berikut ya.

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa PPA 2022

Untuk Tata Cara Pendaftaran Beasiswa PPA memiliki mekanisme yang berbeda-beda di tiap perguruan tinggi. Mulai dari jadwal, pelaksanaan dan tata cara pendaftaran ditentukan oleh perguruan tinggi yang kamu masuki ya teman-teman. Untuk itu kamu dapat cek sendiri informasi tentang mekanisme pendaftaran melalui fakultas kamu. 

Penetapan Beasiswa PPA 2022

Berdasarkan Pedoman Beasiswa PPA dan BBM oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang di tetapkan di Jakarta pada agustus 2010. Beasiswa PPA ditetapkan melalui beberapa hal sebagai berikut:

  1. Di urutkan berdasarkan mahasiswa yang Indeks Prestasi Kumulatif(IPK) nya paling tinggi;
  2. Mahasiswa yang memiliki SKS paling banyak(semester akhir);
  3. Mahasiswa yang mempunya prestasi dibidang ekstra kurikuler;
  4. Mahasiswa yang orang tuanya paling tidak mampu secara finansial.

Waah cukup menarik ya! Marikuliah.com berharap agar kamu juga dapat ikut masuk ke beasiswa yang kamu impikan ya. Selanjutnya yuk bahas tentang Berkas dan Dokumen Beasiswa PPA 2022 dibawah ini.

Berkas dan Dokumen Beasiswa PPA 2022

Seorang Presiden Afrika Selatan yang bernama Nelson Mandela pernah berkata “Gunakanlah waktu secara bijaksana dan sadari bahwasannya waktu selalu siap untuk bertindak benar” karena itu kita harus lebih siap daripada kompetitor kita yang lain agar siap bersaing di Beasiswa PPA 2022. Untuk itu mari simak Berkas dan Dokumen yang harus disiapkan untuk pendaftaran Beasiswa PPA 2022.

  1. Scan Surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,- yang menyatakan bahwa yang bersangkutan:
    • Tidak   menerima   beasiswa/   bantuan   biaya   pendidikan   lain   dari   sumber   APBN/APBD (Bidikmisi,Beasiswa Pemprov Jateng dsb),
    • Tidak sedang/ akan mengambil cuti kuliah sampai dengan akhir Desember 2019 dan
    • Tidak sedang/ berstatus sebagai pegawai (swasta/negeri) sampai dengan akhir Desember 2019;
  2. Mengisi laporan IPK mahasiswa dengan IPK minimal 3,00;
  3. Scan Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan/Departemen;
  4. Scan Kartu  Tanda  Mahasiswa (KTM);
  5. Scan Kartu Rencana Studi (KRS) Semester Genap TA 2018/2019 sebagai bukti mahasiswa aktif;
  6. Scan Kartu  Hasil  Studi (KHS)/ transkip nilai sampai Semester Gasal TA 2018/2019 yang  disahkan  oleh  pihak perguruan  tinggi dengan IPK minimal 3,00;
  7. Scan KTP dan Kartu Keluarga (KK) mahasiswa;
  8. Scan piagam atau bukti prestasi lainnya pada bidang ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler (jika memiliki);
  9. Scan Buku tabungan/rek koran bank (seusai ketentuan) atas nama mahasiswa yang data rekeningya terlihat jelas/bisa terbaca;
(Sumber:lldikti6.kemendikbud.go.id)

Demikianlah informasi tentang Beasiswa PPA 2022. Jika kamu menemukan bahwa informasi yang kamu dapatkan bermanfaat silahkan share ke kerabat, adik-adik dan teman-teman kamu ya guys!. Ciao!