Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daya Tampung ITB dan Peminatnya pada SNBT 2024 (Update!)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini kamia akan membagikan data daya tampung ITB dan peminatnya pada SNBT 2024. SNBT merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan tes yang dilakukan serentak se-Indonesia.

Dulunya SNBT merupakan SBMPTN yang menggunakan skor UTBK untuk menentukan kelolosan calon mahasiswa pada jurusan yang dipilih. Berbeda dengan SBMPTN, SNBT hanya menggunakan test skolastik, penalaran matematika dan literasi bahasa.

Hal ini tentunya memudahkan calon mahasiswa untuk memilih program studi berdasarkan minat bakatnya. Namun hal ini juga menambahkan beberapa kemungkinan seperti kamu harus berjuang melawan lebih banyak saingan karena peserta SNBT bisa memilih jurusan lintas rumpun.

Daya Tampung ITB dan Peminatnya pada SNBT 2024

Daya Tampung ITB dan Peminatnya pada SNBT 2024

Berikut kami sajikan data daya tampung ITB dan peminatnya pada SNBT 2024. Dengan melihat data ini, diharapkan akan membantu kamu untuk mengukur peluang kamu lolos SNBT tahun 2024:

PRODI JENJANG DAYA TAMPUNG 2024 PEMINAT 2023 JENIS PORTOFOLIO
FAKULTAS ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN - KAMPUS CIREBON (FITB-C) S1 18 206 -
FAKULTAS ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN (FITB) S1 150 1.111 -
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM - IPA (FMIPA-IPA) S1 112 637 -
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM - MATEMATIKA (FMIPA-M) S1 53 644 -
FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN - KAMPUS CIREBON (FSRD-C) S1 53 158 Seni Rupa, Desain, dan Kriya
FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN (FSRD) S1 134 1.878 Seni Rupa, Desain, dan Kriya
FAKULTAS TEKNIK MESIN DAN DIRGANTARA (FTMD) S1 100 1.429 -
FAKULTAS TEKNIK PERTAMBANGAN DAN PERMINYAKAN - KAMPUS CIREBON (FTTM-C) S1 45 781 -
FAKULTAS TEKNIK PERTAMBANGAN DAN PERMINYAKAN (FTTM) S1 127 2.757 -
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN - INFRASTRUKTUR SIPIL DAN KELAUTAN (FTSL-SI) S1 100 (Prodi Baru) -
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN - TEKNOLOGI LINGKUNGAN (FTSL-L) S1 58 (Prodi Baru) -
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI - KAMPUS CIREBON (FTI-C) S1 20 320 -
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI - REKAYASA INDUSTRI (FTI-RI) S1 61 (Prodi Baru) -
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI - SISTEM DAN PROSES (FTI-SP) S1 118 (Prodi Baru) -
SEKOLAH ARSITEKTUR, PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KEBIJAKAN - KAMPUS CIREBON (SAPPK-C) S1 20 271 -
SEKOLAH ARSITEKTUR, PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KEBIJAKAN (SAPPK) S1 59 1.277 -
SEKOLAH BISNIS DAN MANAJEMEN - KAMPUS CIREBON (SBM-C) S1 15 (Prodi Baru) -
SEKOLAH BISNIS DAN MANAJEMEN (SBM) S1 66 2.644 -
SEKOLAH FARMASI (SF) S1 58 1.124 -
SEKOLAH ILMU DAN TEKNOLOGI HAYATI - KAMPUS CIREBON (SITH-C) S1 15 (Prodi Baru) -
SEKOLAH ILMU DAN TEKNOLOGI HAYATI - REKAYASA (SITH-R) S1 77 653 -
SEKOLAH ILMU DAN TEKNOLOGI HAYATI - SAINS (SITH-S) S1 56 427 -
SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA - KOMPUTASI (STEI-K) S1 90 3.848 -
SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA - REKAYASA (STEI-R) S1 95 1.174 -

Tentang Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat. ITB didirikan pada tahun 1959 dan telah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Beberapa program studi di ITB juga telah terakreditasi unggul. ITB terkenal dengan program studi teknik atau sains, tetapi juga menawarkan berbagai jurusan lain seperti seni rupa, desain komunikasi visual, dan manajemen.

Saat ini, ITB menawarkan 50 pilihan program studi sarjana yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Mahasiswa yang masih bingung tentang jurusan apa yang akan dipilih di ITB disarankan untuk mempertimbangkan minat dan bakat mereka serta mencari tahu peluang lolos di setiap program studi yang tersedia.

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu dari 100 kampus terbaik di Asia menurut QS Asia University Rankings 2021. ITB adalah institut terbaik di Indonesia, disusul oleh Institut Pertanian Bogor dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Penilaian ini didasarkan pada beberapa indikator seperti reputasi akademik, penilaian pimpinan, kutipan dalam jurnal, jumlah akademisi dengan gelar doktor, dan jumlah mahasiswa per fakultas. Selain nama kampusnya, beberapa jurusan di ITB juga masuk dalam daftar "10 Besar Jurusan Terbaik di ASEAN", termasuk seni dan desain, teknik perminyakan, sistem informasi, teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, matematika, astronomi, dan arsitektur.

Biaya kuliah di ITB cukup tinggi, namun ITB menawarkan banyak program beasiswa bagi mahasiswanya. Beasiswa biaya hidup, Biaya Implementasi Pendidikan Prabayar (BPPM), dan Biaya Pendidikan Semester (BPPS) tersedia untuk membantu mahasiswa yang mengalami kendala keuangan. Calon mahasiswa baru juga dapat mendaftar KIP Kuliah atau Bidikmisi.

Selain itu, terdapat banyak pilihan beasiswa lain yang dapat diambil oleh mahasiswa saat kuliah di ITB. Informasi mengenai beasiswa tersebut biasanya diberikan oleh Direktorat Kemahasiswaan ITB dan dapat dengan mudah diakses melalui situs web mereka. Keunggulan seperti ini menjadi salah satu alasan memilih kuliah di ITB.

Tips Belajar SNBT

  1. Belajar smart, bukan cuma keras. Fokus pada materi penting pada UTBK SNBT dan pastikan kamu paham sebelum belajar hal yang lebih rumit.
  2. Latih diri kamu. Coba jawab soal-soal latihan SNBT dan evaluasi hasil belajarmu secara rutin.
  3. Manfaatkan waktu luangmu. Belajar tidak selalu harus dilakukan dalam kelas atau dalam waktu yang terbatas. Manfaatkan setiap kesempatan untuk mempelajari dan mengasah kemampuanmu.
  4. Jangan stres dan jangan terlalu memikirkan hasil akhir UTBK. Fokus pada proses dan usahakan untuk menikmati setiap langkah yang kamu lakukan.
  5. Ingat, yang paling penting adalah mempersiapkan diri dengan baik dan berusaha dengan sebaik-baiknya. Sukses pasti akan datang dengan sendirinya!

Demikianlah data daya tampung ITB dan peminatnya pada SNBT 2024 yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data daya tampung dan peminat SNBT ITB terbaru ini dapat membantu kamu ya.