Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daya Tampung dan Peminat SNBT ITB 2023 Terbaru

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini kamia akan membagikan data daya tampung dan peminat SNBT ITB 2023. SNBT merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan tes yang dilakukan serentak se-Indonesia.

Dulunya SNBT merupakan SBMPTN yang menggunakan skor UTBK untuk menentukan kelolosan calon mahasiswa pada jurusan yang dipilih. Berbeda dengan SBMPTN, SNBT hanya menggunakan test skolastik, penalaran matematika dan literasi bahasa.

Hal ini tentunya memudahkan calon mahasiswa untuk memilih program studi berdasarkan minat bakatnya. Namun hal ini juga menambahkan beberapa kemungkinan seperti kamu harus berjuang melawan lebih banyak saingan karena peserta SNBT bisa memilih jurusan lintas rumpun.

Tentang Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat. ITB didirikan pada tahun 1959 dan telah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Beberapa program studi di ITB juga telah terakreditasi unggul. ITB terkenal dengan program studi teknik atau sains, tetapi juga menawarkan berbagai jurusan lain seperti seni rupa, desain komunikasi visual, dan manajemen.

Saat ini, ITB menawarkan 50 pilihan program studi sarjana yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Mahasiswa yang masih bingung tentang jurusan apa yang akan dipilih di ITB disarankan untuk mempertimbangkan minat dan bakat mereka serta mencari tahu peluang lolos di setiap program studi yang tersedia.

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu dari 100 kampus terbaik di Asia menurut QS Asia University Rankings 2021. ITB adalah institut terbaik di Indonesia, disusul oleh Institut Pertanian Bogor dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Penilaian ini didasarkan pada beberapa indikator seperti reputasi akademik, penilaian pimpinan, kutipan dalam jurnal, jumlah akademisi dengan gelar doktor, dan jumlah mahasiswa per fakultas. Selain nama kampusnya, beberapa jurusan di ITB juga masuk dalam daftar "10 Besar Jurusan Terbaik di ASEAN", termasuk seni dan desain, teknik perminyakan, sistem informasi, teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, matematika, astronomi, dan arsitektur.

Biaya kuliah di ITB cukup tinggi, namun ITB menawarkan banyak program beasiswa bagi mahasiswanya. Beasiswa biaya hidup, Biaya Implementasi Pendidikan Prabayar (BPPM), dan Biaya Pendidikan Semester (BPPS) tersedia untuk membantu mahasiswa yang mengalami kendala keuangan. Calon mahasiswa baru juga dapat mendaftar KIP Kuliah atau Bidikmisi.

Selain itu, terdapat banyak pilihan beasiswa lain yang dapat diambil oleh mahasiswa saat kuliah di ITB. Informasi mengenai beasiswa tersebut biasanya diberikan oleh Direktorat Kemahasiswaan ITB dan dapat dengan mudah diakses melalui situs web mereka. Keunggulan seperti ini menjadi salah satu alasan memilih kuliah di ITB.

Daya Tampung dan Peminat SNBT ITB 2023

Daya Tampung dan Peminat SNBT ITB 2023

Berikut kami sajikan data daya tampung dan peminat SNBT ITB 2023. Dengan melihat data ini, diharapkan akan membantu kamu untuk mengukur peluang kamu lolos SNBT tahun 2023:
PRODI JENJANG DAYA TAMPUNG 2023 PEMINAT 2022 JENIS PORTOFOLIO
FAK. ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN (FITB) S1 150 1.059 Tidak Ada
FAK. TEKNIK PERTAMB. & PERMINYAKAN (FTTM) S1 125 2.009 Tidak Ada
FAK. TEKNIK PERTAMB. & PERMINYAKAN (FTTM) - KAMPUS CIREBON S1 48 657 Tidak Ada
FAKULTAS ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN (FITB) - KAMPUS CIREBON S1 20 198 Tidak Ada
FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN (FSRD) S1 171 1.793 Seni Rupa, Desain, dan Kriya
FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN (FSRD) - KAMPUS CIREBON S1 28 185 Seni Rupa, Desain, dan Kriya
FAKULTAS TEKNIK MESIN & DIRGANTARA (FTMD) S1 107 1.202 Tidak Ada
FAKULTAS TEKNIK SIPIL & LINGKUNGAN (FTSL) - KAMPUS GANESA S1 134 1.171 Tidak Ada
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN (FTSL) - KAMPUS JATINANGOR S1 40 439 Tidak Ada
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI (FTI) - KAMPUS CIREBON S1 20 353 Tidak Ada
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI (FTI) - KAMPUS GANESA S1 122 1.317 Tidak Ada
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI (FTI) - KAMPUS JATINANGOR S1 40 547 Tidak Ada
FMIPA-ILMU PENGETAHUAN ALAM S1 91 468 Tidak Ada
FMIPA-MATEMATIKA S1 56 692 Tidak Ada
SEK. ARSITEKTUR, PERENC & PENGEMB KEBIJAKAN S1 64 1.242 Tidak Ada
SEK. ARSITEKTUR, PERENC & PENGEMB KEBIJAKAN (SAPPK) - KAMPUS CIREBON S1 20 298 Tidak Ada
SEKOLAH BISNIS DAN MANAJEMEN (SBM) S1 84 1.974 Tidak Ada
SEKOLAH FARMASI (SF) S1 56 906 Tidak Ada
SEKOLAH ILMU & TEKNO HAYATI - PROG REKAYASA S1 101 517 Tidak Ada
SEKOLAH ILMU & TEKNO. HAYATI - PROG. SAINS S1 69 427 Tidak Ada
SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) - KOMPUTASI S1 110 3.43 Tidak Ada
SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA (STEI) - REKAYASA S1 99 1.058 Tidak Ada

Tips Belajar SNBT 2023

  1. Belajar smart, bukan cuma keras. Fokus pada materi penting pada UTBK SNBT dan pastikan kamu paham sebelum belajar hal yang lebih rumit.
  2. Latih diri kamu. Coba jawab soal-soal latihan SNBT dan evaluasi hasil belajarmu secara rutin.
  3. Manfaatkan waktu luangmu. Belajar tidak selalu harus dilakukan dalam kelas atau dalam waktu yang terbatas. Manfaatkan setiap kesempatan untuk mempelajari dan mengasah kemampuanmu.
  4. Jangan stres dan jangan terlalu memikirkan hasil akhir UTBK. Fokus pada proses dan usahakan untuk menikmati setiap langkah yang kamu lakukan.
  5. Ingat, yang paling penting adalah mempersiapkan diri dengan baik dan berusaha dengan sebaik-baiknya. Sukses pasti akan datang dengan sendirinya!

Demikianlah data daya tampung dan peminat SNBT ITB 2023 yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data daya tampung dan peminat SNBT ITB terbaru ini dapat membantu kamu ya.