Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rata Rata Nilai Raport SNBP Institut Teknologi Sumatera (Itera) 2024

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Halo pejuang kampus, pada artikel ini kami akan memberikan data rata-rata nilai raport SNBP Institut Teknologi Sumatera (Itera) 2024.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah sebuah jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia yang didasarkan pada prestasi akademik siswa selama di sekolah menengah atas. Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi untuk memasuki perguruan tinggi negeri di Indonesia tanpa harus mengikuti ujian masuk. SNBP biasanya dilakukan setiap tahun sekali dan menawarkan kuota khusus bagi siswa yang memenuhi syarat.

Tentang Itera

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) merupakan salah satu universitas yang terbilang baru di Indonesia. Namun demikian ITERA tidak boleh dianggap remeh karena kualitasnya tidak kalah bersaing dengan universitas lain seperti ITB.

ITERA adalah institut teknologi di Sumatera dan menawarkan peluang bagi mahasiswa yang berasal dari Sumatera maupun dari luar pulau. Jika kamu tertarik untuk belajar di bidang teknologi di Sumatera, ITERA adalah pilihan yang tepat.

Saat ini, kampus ini sudah membuka beberapa program studi di bidang teknologi dan teknik, dengan kurikulum yang baik yang mengajarkan teori dan praktik langsung. Tenaga pengajar di ITERA terdiri dari para ahli dalam berbagai bidang ilmu teknologi dan teknik dengan latar belakang pendidikan S2, S3, dan Profesor.

Fasilitas yang ada di kampus saat ini meliputi gedung perkuliahan, lab, dan fasilitas olahraga, dengan rencana pembangunan fasilitas lainnya yang akan datang. Biaya kuliah di ITERA relatif terjangkau dengan UKT yang cenderung lebih murah daripada di kampus di Pulau Jawa. Kamu juga tidak perlu khawatir soal biaya hidup, karena biaya kos di ITERA berkisar antara Rp. 1,7 juta hingga Rp. 7 juta per tahun, sementara biaya hidup sehari-hari juga tidak terlalu mahal.

Tips Lolos SNBP ITERA 2024

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu lolos SNBP ITERA:

  1. Fokus pada prestasi akademik: Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk lolos SNBP adalah dengan memperbaiki prestasi akademik kamu selama di sekolah menengah atas. Ini termasuk mendapatkan nilai yang tinggi pada setiap mata pelajaran yang dianggap penting oleh jurusan perguruan tinggi yang kamu inginkan.
  2. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati: Kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati dapat membantu meningkatkan kualifikasi kamu dan menunjukkan minat yang serius terhadap bidang tersebut.
  3. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya: Selain kegiatan yang terkait dengan bidang yang kamu minati, ikuti juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang dapat membantu meningkatkan kepribadian dan kemampuan kamu, seperti organisasi kepemudaan atau kegiatan olahraga.
  4. Mulai mempersiapkan dokumen yang diperlukan: Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan benar dan tepat waktu, seperti foto, transkrip nilai, dan surat keterangan dari sekolah.
  5. Jangan mengabaikan jalur lain: Meskipun kamu bergantung pada SNBP, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga jalur lain, seperti SNBT atau Ujian Mandiri, sebagai cadangan jika ternyata kamu tidak lolos SNBP.
rata-rata-nilai-raport-snbp-institut-teknologi-sumatera-itera

Rata Rata Nilai Raport SNBP ITERA

Berikut ini adalah daftar rata-rata nilai raport SNBP ITERA. Data ini diambil dari perhitungan statistik berdasarkan daya tampung, peminat, dan survei nilai raport mahasiswa yang diterima pada tahun sebelumnya.

Data ini bisa kamu jadikan sebagai patokan nilai minimum atau passing grade untuk memprediksi peluang kelulusan kamu pada jurusan tertentu.

Namun perlu kamu catat, SNBP bukan hanya mengandalkan nilai raport saja sebagai indikator untuk meloloskan siswa ke perguruan tinggi negeri. Ada sejumlah faktor lain yang mempengaruhi kelulusan kamu di SNBP seperti: indeks prestasi sekolah, persebaran alumni, ranking nasional sekolah dan prestasi lomba yang dibuktikan dengan sertifikat.

Nilai Raport SNBP ITERA

Jurusan Rata Rata Nilai Rapor
Farmasi 91.33
Teknik Informatika 90.93
Teknik Pertambangan 90.92
Teknik Sipil 90.56
Teknik Perkeretaapian 90.52
Perencanaan Wilayah Dan Kota 90.31
Teknologi Pangan 90.16
Teknik Industri 89.87
Teknik Biomedis 89.70
Teknik Mesin 89.38
Teknologi Industri Pertanian 89.25
Teknik Elektro 88.51
Teknik Lingkungan 87.48
Teknik Telekomunikasi 86.67
Teknik Kimia 86.07
Sains Aktuaria 85.93
Teknik Geomatika 85.08
Teknik Geofisika 85.02
Arsitektur Lanskap 84.83
Desain Komunikasi Visual 84.81
Sains Data 84.53
Arsitektur 84.49
Rekayasa Kehutanan 84.26
Matematika 83.67
Biologi 83.58
Teknik Kelautan 83.47
Teknik Geologi 83.21
Teknik Sistem Energi 82.52
Kimia 81.99
Sains Atmosfir Dan Keplanetan 81.88
Teknik Fisika 81.41
Teknik Biosistem 80.54
Teknik Material 80.52
Fisika 80.08
Sains Lingkungan Kelautan 79.96
Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu 79.89

Demikianlah data rata rata nilai raport SNBP ITERA yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data rata-rata nilai raport SNBP ITERA ini dapat membantu kamu ya. 

Disclaimer:

Perlu kamu catat bahwa PTN tidak pernah mempublish rata-rata nilai raport dari para mahasiswa yang diterima lewat jalur SNBP. Data rata-rata nilai raport SNBP ITERA ini hanya berupa prediksi dari perhitungan statiska yang dapat kamu gunakan sebagai gambaran peluang di SNBP.

Baca Juga: