Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rata Rata Nilai Raport UNUD (Universitas Udayana) SNBP 2023

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Halo pejuang kampus, pada artikel ini kami akan memberikan data rata-rata nilai raport Unud SNBP 2023.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah sebuah jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia yang didasarkan pada prestasi akademik siswa selama di sekolah menengah atas. Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi untuk memasuki perguruan tinggi negeri di Indonesia tanpa harus mengikuti ujian masuk. SNBP biasanya dilakukan setiap tahun sekali dan menawarkan kuota khusus bagi siswa yang memenuhi syarat.

Tentang UNUD

Universitas Udayana adalah kampus tertua di Bali yang kini makin dikenal banget karena prestasinya yang keren dan kualitas pendidikan yang super bagus. Berdasarkan data resmi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2015 tentang peringkat perguruan tinggi di Indonesia, Udayana nge-rank di posisi ke-57.

Baca Juga: Akreditasi Jurusan di UNUD

Peringkat dari Kemenristekdikti didasarkan dari empat indikator, yaitu kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen dan kegiatan mahasiswa, kualitas penelitian dan publikasi.

Walaupun begitu, kalau liat dari data peringkat perguruan tinggi internasional dari Webometris edisi Juli 2016, Udayana naik tiga peringkat. Sebelumnya Udayana di posisi ke-14 universitas terbaik di Indonesia, kemudian naik jadi posisi ke-11, dan dari peringkat 2541 naik jadi peringkat 2005 di dunia.

Bali emang tujuan wisata nomor satu di Indonesia. Jadi gak heran kalau banyak banget bule dari berbagai negara datang ke Bali buat nikmatin panorama dan keindahan pulau ini. Banyaknya wisatawan asing yang datang ke Bali bikin suasana di Bali jadi internasional banget.

Baca Juga: Biaya Kuliah di UNUD

Kalau kamu kuliah di Udayana, ini jadi kesempatan emas buat kamu buat nge-practice bahasa Inggris sama turis. Kamu bisa praktikin kemampuan bahasa Inggrismu di sana. Atmosfer internasional di kampus dan luar kampus bakal bikin kamu belajar bahasa asing lebih baik lagi.

Enggak cuma itu, kamu juga dapet pengalaman langsung, merasakan cross-cultural exchange sama orang asing, yang pasti bermanfaat banget buat kamu.

Tips Lolos SNBP Unud 2023

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu lolos SNBP Unud:

  1. Fokus pada prestasi akademik: Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk lolos SNBP adalah dengan memperbaiki prestasi akademik kamu selama di sekolah menengah atas. Ini termasuk mendapatkan nilai yang tinggi pada setiap mata pelajaran yang dianggap penting oleh jurusan perguruan tinggi yang kamu inginkan.
  2. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati: Kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati dapat membantu meningkatkan kualifikasi kamu dan menunjukkan minat yang serius terhadap bidang tersebut.
  3. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya: Selain kegiatan yang terkait dengan bidang yang kamu minati, ikuti juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang dapat membantu meningkatkan kepribadian dan kemampuan kamu, seperti organisasi kepemudaan atau kegiatan olahraga.
  4. Mulai mempersiapkan dokumen yang diperlukan: Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan benar dan tepat waktu, seperti foto, transkrip nilai, dan surat keterangan dari sekolah.
  5. Jangan mengabaikan jalur lain: Meskipun kamu bergantung pada SNBP, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga jalur lain, seperti SNBT atau Ujian Mandiri, sebagai cadangan jika ternyata kamu tidak lolos SNBP.
rata-rata-nilai-raport-unud-universitas-udayana

Nilai Raport Untuk Masuk Unud

Berikut ini adalah daftar rata-rata nilai raport Unud SNBP. Data ini diambil dari perhitungan statistik berdasarkan daya tampung, peminat, dan survei nilai raport mahasiswa yang diterima pada tahun sebelumnya.

Data ini bisa kamu jadikan sebagai patokan nilai minimum atau passing grade untuk memprediksi peluang kelulusan kamu pada jurusan tertentu.

Namun perlu kamu catat, SNBP bukan hanya mengandalkan nilai raport saja sebagai indikator untuk meloloskan siswa ke perguruan tinggi negeri. Ada sejumlah faktor lain yang mempengaruhi kelulusan kamu di SNBP seperti: indeks prestasi sekolah, persebaran alumni, ranking nasional sekolah dan prestasi lomba yang dibuktikan dengan sertifikat.

Rata Rata Nilai Raport Unud SNBP Saintek

Prodi/Jurusan Nilai Raport
Agribisnis 87.65
Agroekoteknologi 85.80
Arsitektur 87.66
Arsitektur Lanskap 81.49
Biologi 82.96
Farmasi 90.04
Fisika 80.57
Fisioterapi 86.86
Ilmu Kelautan 85.43
Ilmu Kesehatan Masyarakat 89.23
Informatika 89.91
Kedokteran 90.84
Kedokteran Gigi 87.87
Kedokteran Hewan 87.44
Keperawatan 89.05
Kimia 81.84
Manajemen Sumber Daya Perairan 81.30
Matematika 85.75
Peternakan 84.14
Teknik Elektro 87.00
Teknik Industri 83.99
Teknik Lingkungan 82.62
Teknik Mesin 86.62
Teknik Pertanian Dan Biosistem 81.46
Teknik Sipil 88.05
Teknologi Industri Pertanian 83.78
Teknologi Informasi 88.47
Teknologi Pangan 85.91

Rata Rata Nilai Raport Unud SNBP SOSHUM

Prodi/Jurusan Nilai Raport
Administrasi Negara 84.41
Akuntansi 81.94
Antropologi Budaya 82.54
Arkeologi 85.34
Ekonomi 85.35
Hubungan Internasional 86.86
Ilmu Hukum 88.77
Ilmu Komunikasi 88.32
Ilmu Politik 81.68
Ilmu Sejarah 88.16
Industri Perjalanan Wisata 88.67
Manajemen 80.04
Pariwisata 80.17
Pengelolaan Perhotelan 88.36
Psikologi 81.96
Sastra Bali 84.56
Sastra Indonesia 84.51
Sastra Inggris 88.70
Sastra Jawa Kuno 84.73
Sastra Jepang 85.98
Sosiologi 87.71

Baca Juga:

Demikianlah data rata rata nilai raport Unud yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data rata-rata nilai raport Unud ini dapat membantu kamu ya.

Disclaimer:

Perlu kamu catat bahwa PTN tidak pernah mempublish rata-rata nilai raport dari para mahasiswa yang diterima lewat jalur SNBP. Data rata-rata nilai raport Unud ini hanya berupa prediksi dari perhitungan statiska yang dapat kamu gunakan sebagai gambaran peluang di SNBP.