Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Passing Garde ITB 2024 (Institut Teknologi Bandung)

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Pada artikel ini akan disajikan data prediksi passing grade ITB 2024. Passing grade merupakan sebuah persentase nilai, yang biasanya dijadikan sebuah PTN sebagai dasar untuk meloloskan calon mahasiswa baru yang mendaftar pada suatu program studi.

Tidak hanya itu, passing grade dalam SNBT juga dapat diartikan sebagi nilai ambang batas minimum yang harus didapatkan siswa agar dapat lolos di suatu PTN.

Tentang Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat. ITB didirikan pada tahun 1959 dan telah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Beberapa program studi di ITB juga telah terakreditasi unggul. ITB terkenal dengan program studi teknik atau sains, tetapi juga menawarkan berbagai jurusan lain seperti seni rupa, desain komunikasi visual, dan manajemen.

Saat ini, ITB menawarkan 50 pilihan program studi sarjana yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Mahasiswa yang masih bingung tentang jurusan apa yang akan dipilih di ITB disarankan untuk mempertimbangkan minat dan bakat mereka serta mencari tahu peluang lolos di setiap program studi yang tersedia.

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu dari 100 kampus terbaik di Asia menurut QS Asia University Rankings 2021. ITB adalah institut terbaik di Indonesia, disusul oleh Institut Pertanian Bogor dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Penilaian ini didasarkan pada beberapa indikator seperti reputasi akademik, penilaian pimpinan, kutipan dalam jurnal, jumlah akademisi dengan gelar doktor, dan jumlah mahasiswa per fakultas. Selain nama kampusnya, beberapa jurusan di ITB juga masuk dalam daftar "10 Besar Jurusan Terbaik di ASEAN", termasuk seni dan desain, teknik perminyakan, sistem informasi, teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, matematika, astronomi, dan arsitektur.

Biaya kuliah di ITB cukup tinggi, namun ITB menawarkan banyak program beasiswa bagi mahasiswanya. Beasiswa biaya hidup, Biaya Implementasi Pendidikan Prabayar (BPPM), dan Biaya Pendidikan Semester (BPPS) tersedia untuk membantu mahasiswa yang mengalami kendala keuangan. Calon mahasiswa baru juga dapat mendaftar KIP Kuliah atau Bidikmisi.

Selain itu, terdapat banyak pilihan beasiswa lain yang dapat diambil oleh mahasiswa saat kuliah di ITB. Informasi mengenai beasiswa tersebut biasanya diberikan oleh Direktorat Kemahasiswaan ITB dan dapat dengan mudah diakses melalui situs web mereka. Keunggulan seperti ini menjadi salah satu alasan memilih kuliah di ITB.

passing grade ITB

Passing Grade ITB 2024

Secara umum, nilai presentase passing grade sebuah PTN akan berubah-ubah setiap tahunnya, dan PTN tidak pernah mempublish passing grade mereka. Passing grade bisa mengalami kenaikan atau penurunan.

Nilai presentase passing grade bergantung pada nilai UTBK seluruh peserta pada tahun tersebut dalam tiap program studinya. Passing grade inilah yang umum dipakai sebagai tolak ukur lolos SNBT. Tapi perlu kamu garis bawahi dan diingat, passing grade bukan menjadi tolak ukur pasti, ya.

Nah berikut ini adalah prediksi passing grade ITB 2024:

Prediksi Passing Grade ITB 2024

JURUSAN JENJANG PASSING GRADE
FAKULTAS ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN - KAMPUS CIREBON (FITB-C) S1 35,29%
FAKULTAS ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN (FITB) S1 49,79%
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM - IPA (FMIPA-IPA) S1 42,22%
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM - MATEMATIKA (FMIPA-M) S1 43,71%
FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN - KAMPUS CIREBON (FSRD-C) S1 34,37%
FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN (FSRD) S1 56,84%
FAKULTAS TEKNIK MESIN DAN DIRGANTARA (FTMD) S1 55,18%
FAKULTAS TEKNIK PERTAMBANGAN DAN PERMINYAKAN - KAMPUS CIREBON (FTTM-C) S1 45,98%
FAKULTAS TEKNIK PERTAMBANGAN DAN PERMINYAKAN (FTTM) S1 58,53%
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN - INFRASTRUKTUR SIPIL DAN KELAUTAN (FTSL-SI) S1 -
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN - TEKNOLOGI LINGKUNGAN (FTSL-L) S1 -
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI - KAMPUS CIREBON (FTI-C) S1 36,47%
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI - REKAYASA INDUSTRI (FTI-RI) S1 -
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI - SISTEM DAN PROSES (FTI-SP) S1 -
SEKOLAH ARSITEKTUR, PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KEBIJAKAN - KAMPUS CIREBON (SAPPK-C) S1 36,06%
SEKOLAH ARSITEKTUR, PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KEBIJAKAN (SAPPK) S1 54,80%
SEKOLAH BISNIS DAN MANAJEMEN - KAMPUS CIREBON (SBM-C) S1 -
SEKOLAH BISNIS DAN MANAJEMEN (SBM) S1 57,24%
SEKOLAH FARMASI (SF) S1 54,56%
SEKOLAH ILMU DAN TEKNOLOGI HAYATI - KAMPUS CIREBON (SITH-C) S1 -
SEKOLAH ILMU DAN TEKNOLOGI HAYATI - REKAYASA (SITH-R) S1 44,70%
SEKOLAH ILMU DAN TEKNOLOGI HAYATI - SAINS (SITH-S) S1 41,94%
SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA - KOMPUTASI (STEI-K) S1 59,65%
SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA - REKAYASA (STEI-R) S1 54,57%

Sekian informasi yang dapat kami sajikan mengenai passing grade ITB 2024. Semoga data passing grade ITB 2024 ini bermanfaat bagi kamu. Terimakasih sudah berkunjung.


Disclaimer:

Data passing grade ITB 2024 di atas merupakan prediksi yang didapat dari perhitungan statiska. PTN tidak pernah mengeluarkan secara resmi data passing grade mereka. Ini dapat kamu gunakan untuk mengukur peluang kamu di SNBT 2024.

Baca Juga: