Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rata Rata Nilai Rapor untuk Masuk UMRAH Jalur SNBP 2024

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Halo pejuang kampus, pada artikel ini kami akan memberikan data rata-rata nilai rapor untuk masuk UMRAH atau Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah sebuah jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia yang didasarkan pada prestasi akademik siswa selama di sekolah menengah atas. Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik tinggi untuk memasuki perguruan tinggi negeri di Indonesia tanpa harus mengikuti ujian masuk. SNBP biasanya dilakukan setiap tahun sekali dan menawarkan kuota khusus bagi siswa yang memenuhi syarat.

rata-rata-nilai-raport-snbp-umrah

Rata Rata Nilai Rapor SNBP Umrah

Berikut ini adalah daftar rata-rata nilai rapor SNBP Umrah. Data ini diambil dari perhitungan statistik berdasarkan daya tampung, peminat, dan survei nilai rapor mahasiswa yang diterima pada tahun sebelumnya.

Data ini bisa kamu jadikan sebagai patokan nilai minimum atau passing grade untuk memprediksi peluang kelulusan kamu pada jurusan tertentu.

Namun perlu kamu catat, SNBP bukan hanya mengandalkan nilai rapor saja sebagai indikator untuk meloloskan siswa ke perguruan tinggi negeri. Ada sejumlah faktor lain yang mempengaruhi kelulusan kamu di SNBP seperti: indeks prestasi sekolah, persebaran alumni, ranking nasional sekolah dan prestasi lomba yang dibuktikan dengan sertifikat.

Rata-Rata Nilai Rapor SNBP Umrah Saintek

Prodi Nilai Rapor
TEKNIK ELEKTRO 83.71
TEKNIK INFORMATIKA 86.21
ILMU KELAUTAN 89.50
MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN 82.71
PENDIDIKAN MATEMATIKA 84.53
PENDIDIKAN BIOLOGI 84.24
PENDIDIKAN KIMIA 82.83
BUDI DAYA PERAIRAN 80.95
TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN 85.10
SOSIAL EKONOMI PERIKANAN 82.13
TEKNIK PERKAPALAN 81.78

Rata-Rata Nilai Rapor SNBP Umrah Soshum

Jurusan Rata Rata Nilai Rapor
PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA 81.76
AKUNTANSI 81.97
ILMU ADMINISTRASI NEGARA 81.73
ILMU PEMERINTAHAN 80.53
SOSIOLOGI 79.52
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS 80.43
MANAJEMEN 87.20
ILMU HUKUM 86.71
ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL 85.34

Tentang Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah)

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), sebuah perguruan tinggi negeri yang didirikan pada 8 September 2011, bertujuan menjadi universitas maritim terbaik di Indonesia yang akan menjadi pusat penelitian kemaritiman di Indonesia, menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi di bidang maritim, dan menciptakan inovasi sumber energi terbarukan untuk mendukung blue economy.

Untuk mencapai visi tersebut, UMRAH mengembangkan infrastruktur ketenagalistrikan yang berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT), termasuk Solar Cell dan Biomassa, serta melakukan penelitian untuk menggunakan ombak laut sebagai sumber energi listrik yang murah dan efisien.

UMRAH juga mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta sering melakukan kerja sama proyek dan penelitian dengan kampus di dalam dan di luar negeri.

Lokasi strategis Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) sangat bermanfaat bagi perkembangan penelitian kemaritiman khususnya bagi mahasiswa dan dosen di Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Hal ini karena kedua fakultas tersebut dapat melakukan penelitian dan praktik perkuliahan langsung di laboratorium alam dengan fasilitas pendukung yang tersedia.

Salah satu contoh hasil penelitian yang dilakukan di UMRAH adalah alat pendeteksi batas wilayah laut bagi nelayan yang diciptakan oleh mahasiswa Fakultas Teknik. Alat ini diberi nama GPS alarm over limit dan berguna untuk membantu nelayan mengetahui batas keamanan berlayar di wilayah perbatasan. Cara kerja alat ini adalah dengan menunjukkan lampu hijau jika nelayan masih berada di wilayah perairan Indonesia, lampu kuning jika sudah berada di perbatasan, dan lampu merah jika sudah keluar dari perbatasan laut Indonesia. Dengan alat ini, nelayan dapat mengetahui posisinya dan mempertahankan keamanan dengan tetap berada di wilayah perairan Indonesia, sehingga tidak terkena tangkap oleh pasukan keamanan dari negara tetangga.

Tips Lolos SNBP Umrah 2023

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu lolos SNBP Umrah:

  1. Fokus pada prestasi akademik: Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk lolos SNBP adalah dengan memperbaiki prestasi akademik kamu selama di sekolah menengah atas. Ini termasuk mendapatkan nilai yang tinggi pada setiap mata pelajaran yang dianggap penting oleh jurusan perguruan tinggi yang kamu inginkan.
  2. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati: Kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati dapat membantu meningkatkan kualifikasi kamu dan menunjukkan minat yang serius terhadap bidang tersebut.
  3. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya: Selain kegiatan yang terkait dengan bidang yang kamu minati, ikuti juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang dapat membantu meningkatkan kepribadian dan kemampuan kamu, seperti organisasi kepemudaan atau kegiatan olahraga.
  4. Mulai mempersiapkan dokumen yang diperlukan: Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan benar dan tepat waktu, seperti foto, transkrip nilai, dan surat keterangan dari sekolah.
  5. Jangan mengabaikan jalur lain: Meskipun kamu bergantung pada SNBP, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga jalur lain, seperti SNBT atau Ujian Mandiri, sebagai cadangan jika ternyata kamu tidak lolos SNBP.

Demikianlah data rata rata nilai rapor SNBP Umrah yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data rata-rata nilai rapor SNBP Umrah ini dapat membantu kamu ya. 

Disclaimer:

Perlu kamu catat bahwa PTN tidak pernah mempublish rata-rata nilai rapor dari para calon mahasiswa yang diterima lewat jalur SNBP. Data rata-rata nilai rapor SNBP Umrah ini hanya berupa prediksi dari perhitungan statiska yang dapat kamu gunakan sebagai gambaran peluang di SNBP.

Artikel Terkait