Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daya Tampung dan Peminat SNBP UMRAH 2024 Terbaru

Daftar Isi [Tampil]

Marikuliah.com - Hai pejuang kampus! Pada artikel ini kami akan menyajikan informasi tentang daya tampung dan peminat SNBP UMRAH 2024. Informasi ini dapat membantu kamu untuk memprediksi peluang kamu kuliah di UMRAH lewat jalur SNBP.

SNBP (dulunya SNMPTN) merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan secara nasional berdasarkan prestasi akademik dan tanpa test.

Bisa masuk UMRAH jalur ini merupakan sebuah previlege yang luar biasa, karena kamu tidak perlu repot-repot untuk belajar lebih rajin untuk menghadapi jalur SNBT (seleksi nasional berdasarkan test) atau jalur mandiri yang terkadang jauh lebih mahal.

Dengan melihat data daya tampung dan peminat SNBP UMRAH tahun lalu, tentu ini akan membantu kamu untuk memilih jurusan dan memprediksi peluang kelulusan kamu pada jurusan tersebut.

Daya Tampung dan Peminat SNBP UMRAH 2022

Daya Tampung dan Peminat SNBP UMRAH 2024

Daya Tampung adalah jumlah maksimal mahasiswa yang dapat diterima oleh sebuah program studi pada suatu PTN. Peminat adalah jumlah calon mahasiswa yang mendaftar program studi atau universitas tersebut sebagai pilihan mereka dalam proses penerimaan. Jika jumlah peminat melebihi daya tampung, maka akan terjadi seleksi atau tes seleksi untuk menentukan siapa yang akan diterima sebagai mahasiswa.

Berikut ini adalah data daya tampung dan peminat SNBP UMRAH terbaru yang kami sadur dari sumber resmi LTMPT:
JURUSAN JENJANG DAYA TAMPUNG 2023 PEMINAT 2022 JENIS PORTOFOLIO
TEKNIK ELEKTRO S1 100 82 -
TEKNIK INFORMATIKA S1 68 240 -
ILMU KELAUTAN S1 45 61 -
MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN S1 40 53 -
PENDIDIKAN MATEMATIKA S1 68 71 -
PENDIDIKAN BIOLOGI S1 68 85 -
PENDIDIKAN KIMIA S1 68 31 -
BUDI DAYA PERAIRAN S1 20 23 -
TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN S1 50 22 -
SOSIAL EKONOMI PERIKANAN S1 40 10 -
TEKNIK PERKAPALAN S1 100 65 -
PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA S1 84 134 -
AKUNTANSI S1 125 256 -
ILMU ADMINISTRASI NEGARA S1 90 223 -
ILMU PEMERINTAHAN S1 68 185 -
SOSIOLOGI S1 68 138 -
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS S1 84 95 -
MANAJEMEN S1 125 450 -
ILMU HUKUM S1 90 184 -
ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL S1 45 75 -
Sumber: sidata-ptn.ltmpt.ac.id

Tips Lolos SNBP

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu lolos SNBP UMRAH:

  1. Fokus pada prestasi akademik: Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk lolos SNBP adalah dengan memperbaiki prestasi akademik kamu selama di sekolah menengah atas. Ini termasuk mendapatkan nilai yang tinggi pada setiap mata pelajaran yang dianggap penting oleh jurusan perguruan tinggi yang kamu inginkan.
  2. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati: Kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bidang yang kamu minati dapat membantu meningkatkan kualifikasi kamu dan menunjukkan minat yang serius terhadap bidang tersebut.
  3. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya: Selain kegiatan yang terkait dengan bidang yang kamu minati, ikuti juga kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang dapat membantu meningkatkan kepribadian dan kemampuan kamu, seperti organisasi kepemudaan atau kegiatan olahraga.
  4. Mulai mempersiapkan dokumen yang diperlukan: Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan benar dan tepat waktu, seperti foto, transkrip nilai, dan surat keterangan dari sekolah.
  5. Jangan mengabaikan jalur lain: Meskipun kamu bergantung pada SNBP, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga jalur lain, seperti SNBT atau Ujian Mandiri, sebagai cadangan jika ternyata kamu tidak lolos SNBP.

Tentang UMRAH

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), sebuah perguruan tinggi negeri yang didirikan pada 8 September 2011, bertujuan menjadi universitas maritim terbaik di Indonesia yang akan menjadi pusat penelitian kemaritiman di Indonesia, menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi di bidang maritim, dan menciptakan inovasi sumber energi terbarukan untuk mendukung blue economy.

Untuk mencapai visi tersebut, UMRAH mengembangkan infrastruktur ketenagalistrikan yang berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT), termasuk Solar Cell dan Biomassa, serta melakukan penelitian untuk menggunakan ombak laut sebagai sumber energi listrik yang murah dan efisien.

UMRAH juga mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta sering melakukan kerja sama proyek dan penelitian dengan kampus di dalam dan di luar negeri.

Lokasi strategis Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) sangat bermanfaat bagi perkembangan penelitian kemaritiman khususnya bagi mahasiswa dan dosen di Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Hal ini karena kedua fakultas tersebut dapat melakukan penelitian dan praktik perkuliahan langsung di laboratorium alam dengan fasilitas pendukung yang tersedia.

Salah satu contoh hasil penelitian yang dilakukan di UMRAH adalah alat pendeteksi batas wilayah laut bagi nelayan yang diciptakan oleh mahasiswa Fakultas Teknik. Alat ini diberi nama GPS alarm over limit dan berguna untuk membantu nelayan mengetahui batas keamanan berlayar di wilayah perbatasan. Cara kerja alat ini adalah dengan menunjukkan lampu hijau jika nelayan masih berada di wilayah perairan Indonesia, lampu kuning jika sudah berada di perbatasan, dan lampu merah jika sudah keluar dari perbatasan laut Indonesia. Dengan alat ini, nelayan dapat mengetahui posisinya dan mempertahankan keamanan dengan tetap berada di wilayah perairan Indonesia, sehingga tidak terkena tangkap oleh pasukan keamanan dari negara tetangga.

Demikianlah ddaya tampung dan peminat SNBP UMRAH 2024 yang dapat marikuliah.com sajikan. Semoga data daya tampung dan peminat SNBP UMRAH terbaru ini dapat membantu kamu ya.

Baca Juga: